Posted by: jsofian | July 21, 2006

Perspektif Dalam Balanced Scorecard – Generasi Pertama


Balanced scoredcard telah mengalami tiga generasi yaitu: Generasi pertama yang memperkenalkan 4 pespektif, generasi kedua Bsc dengan strategy maps dan linkage diagram dan yang terakhir generasi ketiga intangible asset readiness.

Sedikit mengulas BSC generasi pertama dengan didefinikan 4 persepktif dalam perusahaan yang harus diukur kinerjanya. Dengan adanya Empat perspektif ini dimungkinkan terjadinya keseimbangan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang, keseimbangan antara sisi keuangan dan non keuangan dan antara outcome yang diinginkan dan kinerja yang memicu outcome tersebut. Empat perspektif tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perspektif Keuangan ( Financial Perspective)

Balanced scorecard memakai perspektif keuangan sebagai perspektif yang terjadi akibat dari perspektif yang lain (customer, proses bisnis internal dan pembelajaran & pertumbuhan) atau dengan katanya lain perspektif ini secara otomatis akan terwujud dari baik buruknya kinerja 3 perspektif dibawahnya. Pengukuran kinerja keuangan mengindikasikan apakah strategi perusahaan, penerapannya, dan pelaksanaannya memberikan kontribusi pada peningkatan yang mendasar. Oleh karena itu persepektif keuangan tidak memilki initiative stratetegik untuk mencapai sasaran strategic. Sasaran strategic dari perspektif keuangan adalah shareholder value seperti meningkatnya ROI (Return on Investment), pertumbuhan pendapatan perusahaan, dan berkuranganya biaya produksi.

2. Perspektif Kustomer (Costumer Perspective)

Pada perspektif ini, perusahaan mengidentifikasikan dan mendefinisikan pelanggan dan segmen pasarnya. Perspektif ini memiliki beberapa pengukuran utama dari outcome yang sukses dengan formulasi dan penerapan strategi yang baik. Sasaran strategic dari perspektif customer ini adalah Firm equity diantaranya adalah meningkatnya kepercayaan customer atas produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan, kecepatan layanan yang diberikan dan kualitas hubungan perusahaan dengan kustomernya.

3. Perspektif Proses bisnis /internal ( Internal Process Perspective)

Fokus dalam perspektif ini adalah proses internal dari manajemen perusahaan yang harus dilakukan. Proses internal yang harus dilakukan adalah proses yang berhubungan dengan penciptaan barang dan jasa sehingga dapat  menarik dan mempertahankan pelanggan di pasar yang akhirnya dapat memuaskan ekspektasi pemegang saham. Perbedaan fundamental antara pendekatan tradisional dan Balanced scorecard sebagai berikutp pendekatan tradisional bertujuan untuk memantau dan meningkatkan proses bisnis yang telah ada. Sementara pendekatan Balanced scorecard akan selalu mengindentifikasi keseluruhan proses yang BARU dimana perusahaan harus memenuhi tujuan keuangan dan pelanggannya. Sasaran strategic dari perspektif proses bisnis ini adalah organizational capital seperti meningkatnya kualitas proses layanan kepada customer, komputerisasi proses layanan kepada customer, dan penerapan insfrastruktur teknologi yang memudahkan pelayanan kepada customer.

4. Perspektif Pembelajaran dan pertumbuhan ( learning and Growth perspective)

 

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan ini mengindentifikasi infrastruktur yang harus dibangun perusahaan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan di jangka panjang. Sasaran strategic dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah human Capital. Sebagai contoh  peningkatan kompetensi dan komitmen dari staff perusahaan.

 

Gambaran mengenai 4 perspektif dalam Balance scorecard terlihat dalam diagram yang dinamakan cause and effect diagram atau diagram hubungan sebab akibat. Dalam diagram tersebut tergambar antara hubungan sasaran strategic dengan dalam perspektif yang berbeda. Balanced scorecard mengidentifikasi dan membuat secara eksplisit hipotesis tentang hubungan sebab akibat antara pengukuran outcome dan pemicu kinerja dari outcome tersebut.

 

Proses pembuatan Balance scorecard secara manual memang diakui memerlukan energi yang besar dan diperlukan ketekunan yang tinggi, dimulai pada saat pendefinisian visi dan misi perusahaan, sasaran strategic perusahaan, pengukuran hasil (outcome measure) dan pemicu kinerja berdasarkan perspektif Balance scorecard yang disesuaikan dengan setiap unit bisnis dalam perusahaan. Dapat dipastikan bahwa penerapan Balance scorecard secara manual mempunyai tingkat kegagalan yang besar terutama dalam konsistensi dan komunikasi antara top, middle, lower management.

 

 

 

About these ads

Responses

  1. BAGAMANA MENYUSUN BALANCE SCORE CARD SECARA SEDERHANA DAN PRAKTIS BISA DIGUNAKAN PERUSAHAN SAYA YANG EKONOMI LEMAH. KARENA KAMI SANGAT TERTARIK AGAR USAHA SAYA YG KECIL INI BISA LEBIH EFFISIEN DAN BAIK

  2. @ Pak Bambang
    Pengertian sederhana ini relatif Pak, kalo mau cepat sebaiknya cari best practice sesuai dengan perusahaan Bpk. Stelah dimodifikasi dan diterpakan. slam

  3. pa, saya mengalami kesulitan dengan materi yang berhubungan dengan balanced scorecard. menurut bapak variabel apa yang berkaitan dengan balanced scorecard untuk pengambilan skripsi.. karena judul saya mengenai peranan balance scorecard terhadap pengukuran kinerja dianggap satu variabel..mohon bantuannya terima kasih..

  4. Pak, saya mahasiswa pariwisata. saya ingin menanyakan apakah penerapan balanced scorecard pada tour and travel sudah ada.. bagaimana cara penerapannya khususnya pada perspektif pelanggan.. mohon bantuanny, terima kasih.

  5. Pak, sy mahasiswa yg sedang menyusun skripsi ttg BSC. Skrg kan perspektif dlm BSC ada 8, tetapi sumbernya msh terbatas. Kalo boleh sy mau minta tolong dikirimkan info ttg 4 perspektif terbaru dlm BSC ke email sy : williamghalim@yahoo.com secepatnya. Thanks a/ bantuannya…

  6. pak, apakah sudah ada softwarenya?
    dan yang sudah opensource dan dimana saya bisa cari link nya….

    terimakasih


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: