Posted by: jsofian | November 4, 2006

Pesona Pulau Bangka


tamanlaut-bangka.JPG parai1.JPG

 

 parai5.JPG

 

Pesona taman laut ini bukanlah terletak di Bali, Lombok atau Bunaken. Tetapi pemandangan taman laut ini terletak di pulau Bangka. Pulau Bangka adalah pulau yang dulunya termasuk propinsi sumatera selatan, dan baru resmi berdiri sebagai propinsi tahun 2000. Apa yang menarik dari pulau yang berbentuk seperti kuda laut ini? Pulau Bangka terkenal sebagai penghasil Timah. Kekayaan tambang timah ini yang sudah dikenal dari sejak jaman Belanda dulu, diperkirakan pasokan timah dunia sebagian berasal dari pulau Bangka. Dalam 5 tahun terakhir ini, Sejak masyarakat diizinkan untuk mengekplorasi timah secara konvensional atau yang biasa disebut TI, pertambahan timah semakin marak dan cendrung tidak terkendali. Akibatnya banyak lahan yang rusak berlobang dibiarkan saja tanpa ada reboisasi atau pembenahan hutan. Coba lihat dari pesawat saat akan landing di Lapangan Udara Dipati Amir, sungguh menyedihkan banyak lobang dengan genangan air dimana-mana. Semoga pemda tanggap untuk mengatasi permasalahan ini. Bagaiman dengan kekayaan hasil bumi ? Lada yang menjadi andalan petani dan sebagai besar penduduk bangka. Petani lada sempet merasakan menjadi jutawan pada saat lada dihargai sekitar 100-150 rb/kg. Ini terjadi pada tahun 1980an dimana Amerika Latin dan Brasil sebagai pemasok Lada dunia dilanda bencana sehingga gagal panen. Impas positifnya adalah pesokan lada dunia “terpaksa” dipenuhi dari pulau Bangka. Saya sempat menyaksikan petani lada yang memiliki parabola, TV besar, kulkas, mesin cuci, dan mobil mewah walaupun listrik saat itu belum masuk desa. Benda2 mewah itu digunakan sebagai lambang dari kemakmuran di kampung. Lucunya ketika harga lada merosot tajam, barang2 mewah itupun ikut merosot alias di obral. Miris memang tetapi kejadian ini adalah kenyataan yang penah terjadi di Bangka. Bagaimana dengan kondisi saat ini? tentu saja sudah tidak akan terjadi lagi, petani lada sudah terdidik dan mempercayakan hartanya di bank dalam bentuk deposito ataupun tabungan.

Selain lada, bisnis sarang burung walet menjamur dimana2, lihat saja di kota pangkalpinang, sungailiat, mentok, belinyu, tempilang dan toboali dibangun rumah burung yang harganya sama dengan rumah manusia bahkan ada yang lebih mahal weleh..welehhh. Sebenarnya ada satu lagi yang belum maksimal di garap yaitu pesona pantai yang luar biasa elok dan eksotis. Tumpukan batu yang tersusun rapi seolah2 mempercantik pemandangan di setiap pantai. Sebut saja panti Parai Tenggiri, Panti Tanjung Pesona, Pantai Pasir Padi, dan banyak lagi yang tesebar disekitar pulau Bangka. Beberapa sahabat dan kolega yang berkunjung ke Bangka semuanya mengakui bahwa pantai di Bangka memang sangat indah bahkan keindahannya melebihi Bali. Mr Kylnn Tan ( CEO Qnap IT BV Holland) ketika pertama kali berkunjung ke Panti Parai, tidak menduga ada pantai seindah ini karena para turis hanya mengetahui Bali. Wahh…potential di bidang tourism harus betul2 mendapatkan perhatian dari pemda setempat agar menjadi pendapatan daerah yang menopang pembangunan daerah.

Menurut saya beberapa hal yang harus diperhatikan oleh semua pihak stakeholder untuk meningkatkan pariwisata di pulau bangka diantaranya adalah

  • Infrastruktur transportasi, walaupun penerbangan ke Jakarta-Bangka sudah 6x sehari tetapi transportasi lokal belum begitu memadai. Sebagian tamu mengakui transportasi lokal agak sulit ditemui. Syukurlah, baru2 ini muncul taxi profesional walaupun jumlahnya masih terbatas.
  • Masyarakat Bangka memiliki karateristik yang berbeda dibandingkan dengan masyarakat pulau Jawa sehingga dalam bisnis hospitality seperti kurang pas. Lihat saja pelayanan di hotel dan restorant yang terkesan agak tidak profesional dan ramah. Untuk saya yang berasal dari bangka mungkin sudah terbiasa tetapi pendatang mungkin merasakan kok..orang bangka kurang ramah. Mungkin solusinya adalah dengan program pelatihan khususnya bagi industri yang bergerak di pariwisata misalkan dengan menjalankan 3S misalnya Senyum..Salam..dan Sapa.
  • Bali terkenal karena budayanya yang sangat kuat dan kental. Bangka pun sebenarnya ada tarian, upacara adat, pakaian adat tetapi sayang tidak dikembangkan dan dipublish ke luar sehingga tidak banyak orang yang mengetahui budaya bangka termasuk orang bangka sendiri.

Saya baru mengetahui bahwa Bangka mempunyai visi menjadi cybercity, walaupun belum terkonsep secara tepat tetapi yang patut diancungi jempol adalah objektif secara strategik sudah dipikirkan oleh pemda tinggal bagaimana konsep cybercity ini dituangkan secara kongkret. Kita tunggu dan dukung Bangka menjadi cybercity di Indonesia.

About these ads

Responses

  1. Pulau Bangka… tunggulah kedatanganku.
    (** ceilee… **)

  2. beautyful island!!!

  3. everybody is invited…

  4. menarik juga nih … kapan kita ke sana nih JSL ? … wah Dewo sudah duluan kayaknya …

  5. […] Selasa kemarin (14/11/2006) aku mengomentari blog Pak Sofian yang menulis tentang “Pesona Pulau Bangka” dengan komentar: Pulau Bangka, tunggulah kedatanganku. […]

  6. Dengar / baca cerita “Pesona Pulau Bangka” jadi pingin kesana deh….duhhh..kapan ya….??
    Dad…ajakin kesana dong…..sekalian traktir cap cay Bangka atau semua makanan yang terkenal di Bangka…..:-)).

  7. ayukkk…..kapan mau pergi

  8. Jangan lupa, kalau mo ke Bangka contact saya….
    Saya tunggu di Bangka..

  9. oke…deh kakak

  10. Waahhh….kalau bapak bilang “ayukkk…..kapan pergi” saya sih bisa sewaktu-waktu berangkat…
    Tapi kalau perginya nunggu diajak pak jsofian atau daddy,mimpi kali yeeee….sepuluh tahun yang akan datang juga belum tentu kesampaian….:-)
    Salam kenal pak….
    Tuhan Yesus memberkati.
    Amien.

  11. terjadilah menurut apa yang diyakini dan diaminkan :)

  12. Greate photography!

  13. cuba lihat pulau belitung nya …. saya rasa … indah juga .. malah lebih

  14. setuju pak, dalam waktu dekat saya akan berkunjung ke sana

  15. asek juga tuhh kesana pak :D btw disana udah ramai belum ya pariwisatanya… klo da rame kan rada males juga ..

  16. menjadi anak bangka, bangga banget, walau udah kuli…ah di luar, tetep cinta negeri sendiri, neg serumpun sebalai.

  17. cayooooo babel
    jgn ad nov kelabu lagi yyyy………..

  18. jadi pengen cepat-cepat pulang neeh..baca blog pak sofian…tulisannya sangat menarik..:), btw salam kenal aja..

  19. salam kenal juga..semua

  20. membaca artikel tentang banka belitung tourism di kompas kemarin minggu, 24 dec. Sepertinya indah sekali. Semoga ada kesempatan dan berkat melihat indahnya negeri sendiri.

  21. salam kenal…..
    saya anak belitung island yang indahhhh banget loh

  22. bagi teman-teman yang mau liburan, ini nih tempat dimana kamu bisa merasakan keindahan alam yang bener-bener alami….dan kamu juga bisa merasakan ketenangan.saya sekarang kuliah di IPB,,,,,,

  23. hi mei, senang kenalan dgn anda.

  24. pulau bangka_toboali_adalah tempat kelahiran saya_sedih bgt melihat pulau yang indah kini hancur akibat TI. mari kita bangun pulau Bangka.

  25. […] Lihat juga di blog teman saya, Sofian (klik di sini …) […]

  26. Saya juga bangga menjadi Putra Putri Bangka. Chayo Bangka!! Semoga terus maju dan jadi kota Wisata yang dikenal di seluruh dunia. Dan semoga cita2 Abang Reza untuk membangun ASP.Net di Bangka dapat segera terwujud dan menjadikan bangka sebagai cybercity.

  27. mudah2an semuanya terjadi amin.
    setuju bgt kalo bangka itu fantustic island jika minus TI (lobang dmn2)

    mau ngomentarin pernyataan, bahwa harga lada pernah mahal bgt sekitar tahun 1980an, itu salah!. tp tahun 1997an gitulah. berhubang saya anak petani lada jadi taulah seluk beluk lada. ampe kalo ga’ ada lada, saya ga’ bakalan bisa kuliah seperti sekarang.
    mengenai petani lada skrg sudah terdidik???saya rasa belum. pemikiran2 lama masih sangat kental dgn petani2 lada. jika mereka bisa mengatur (manajemen) dalam bertani lada bgs, saya yakin lada sekaligus petaninya merupakan makmur.tp kenyataan manajemen dalam bertani, mengatur keuangan, dll. masih sangat kurang.

    lam kenal smue
    wass

  28. Saya bangga menjadi anak Bangka!
    Saya setuju sekali bahwa Pulau Bangka adalah pulau yang sangat potensial sekali di bidang pariwisata, asal dikelola dengan benar dan penamnbang liar yang mulai merusak pantai-pantai bisa ditertibkan.

  29. […] Lihat juga tulisan sejenis di blog teman saya, Sofian … (klik di sini …) […]

  30. Percaya dech………,kalau udah datang ke Pulau Bangka pasti mo datang lagi. Dijamin!!!!!!!
    Thanks bgt buat pak jsofian.

  31. Ayah saya lahir di Bangka, ibu saya papa-mama-nya juga dari Bangka, walau lahir di Jakarta, saya akan dengan bangga berkata bahwa saya orang Bangka! :) Yg paling saya banggakan dari Bangka itu adalah makanan-nya yg benar2 enak! Tentang keindahan Bangka, saya hanya pernah pergi sekali sewaktu kecil, akan tetapi saya masih ingat kalau disana pantai-nya begitu indah dan selalu ingin kembali walau belum kesampaian juga! hehehe… Salam buat teman2 sekalian!

    Charlie

  32. Salam kenal semua buat kawan2 ku khususnya anak bangka,
    Semoga Bangka tetap Jaya sepanjang masa. chauw….w

  33. gw lahir di bangka.Pokoknya Bangka is the BEST dech.walaupun saya sekarang di Jakarta tetapi hatiku tetap di Pulau bangka.HIDUP PULAU BANGKA!!!!

  34. Pulau bangka memang beatiful island……. saya ajag betah tinggal disana…. kalau ada yang mau ksana.jangan lupa mampir dirumah saya

  35. Iya..harus diakui BANGKA is beauty island. sapa aja yg pernah ke sana pasti mendapat kesan yang tak terlupakan. Laut, serta pasir di pinggir pantai masih putih bersih… sangat serasi dengan keindahan di sekelilingnya. Masih banyak batu karang yang berdiri megah. Sungguh sangat menakjubkan!
    Walau sekarang saya tinggal di JKT .. tapi kenangan saya terhadap BANGKA tak akan hilang dalam ingatanku.

  36. banyak pantai yg indah di sepanjang pulau bangka dan belitung, tetapi penanganannya oleh [pemerintah kurang, sedangkan investor blm ada yg masuk, terkecuali pantai2 tertentu saja, seperti parai, selebihnya masih alami sedia kala. kalo infrastuktur dibangun, fasilitas publik dikembangkan, segala sesuatu yg berkaitan public service ditikngkatkan saya yakin babel akan bisa lebih banyak menarik turis, baik lokal maupun mancanegra. bangka bisa dijadikan daerah refreshing ato melepas stress org2 kota, seperti jakarta dll, asalkan fasilitas tersedia dgn baik. pemerintah daerah seabiknya memperhatikan ini kalo mau mewujudkan ekonomi berbasiskan turisme…………………..thx

  37. thanx yah dah ngulas daerah tercinta…bagi yang berminat datang ke pulau bangka dan belitung kami sebagai putra dan putri daerah pastinya akan menerima teman-teman semua dengan senang hatii dijamin teman-teman semua akan merasa puas dengan keindahan panorama pulau bangka belitung yang masih alami ditambah dengan penduduknya yang ramah tamah……….penasarannn???????
    “please welcome dibumi serumpun sebalai”

  38. @ semua bangkamate dan non bangkamate
    trims sudah berkunjung ke blog saya… jangan lupa datang dan kunjungi bangka. ajak temen2 untuk berkunjung dan mengenal bangka.

  39. Hy……………
    aku ngefans bgt nie ma pulau bangka,kapan ya aku bisa ksana????
    t4 na bgus bgt.

  40. Wisata di Pulau Bangka sangat menarik, terutama wisata pantai dan makanan lautnya itu lho?
    Cuma sayangnya transportasinya kurang, terutama untuk menjaring wisatawan asing yang datang melalui pulau Batam.
    Saat ini tidak ada yang langsung ke Bangka, melainkan harus transit ke Jakarta atau Palembang.
    Terus terang saja Saya asli Bangka sendiri mau pulang kampung jadi susah dan harus banyak keluar biaya karena transit tersebut.
    Arus barang dari Batam lama sampai ke Bangka.
    Saran saya kalau bisa pemerintah daerah Bangka bisa membuka jalur penerbangan Batam – Bangka dan Bangka – Batam tiap hari atau 3 x seminggu. Tks.

  41. Saya adalah putra bangka asli, saya lahir di desa Puding Besar kec. Puding Besar Kab. Bangka, saya bangga sekali jadi orang bangka dan lahir disana, cuma yang sangat merisaukan sekali adalah eks penambangan timah yang begitu mengkhawatirkan sehingga di takutkan kedepannya pulau bangka adalah sebuah pulau di mana masyarakatnya miskin akan tanah untuk bercocok tanam, maka saya mengaharapkan sekali kepada Bapak Gubrnur sekarang Eko Maulana Ali untuk betul-betul memeperhatikan kondisi rakyatnya dan ekonomi rakyatnya karena mayoritas penduduk pulau bangka adalah petani, dulu masyarakat bangka makmur dengan penghsilan lada putihnya kini semuanya tinggal kenagan. hutan-hutan dibangka sudah habis disita oleh pihak swasta unuk perkebunan sawit, tanah kosong habis untuk dijadikan lahan penambangan timah yang berkeliaran sehingga kalau bapak eko hanya mementingkan diri sendiri dan memperkaya diri maka nasib masayarakat bangka akan memprihatinkan. “harapan dan tumpuan satu-satunya nasib baik masyarakat bangka ada di tangan mu”. saya juga bangga dengan pesona alam pulau bangka yang dianugerahi Tuhan dengan pesona pantai yang indah dan tanah yang subur, semoga itu menjadi simbol kemakmuran msyarakat bangka. amiien

  42. wah… bangga bener ku jadi urang bangka… ternyata mash ade urang kyk sdr. J.Sofian… yang mempromosikan p.bangka yg indah… tapi sayang seribu sayang… sekarang bangka dak secantik dan seindah duluk agik… lah ancur akibat TI…. :-(

  43. wuiihhh… emank bangka itu pantainya bagus… klo mnurut ak c… Bali kalah.. (bener ga pak sofian??) tapi.. memang sangat disayangkan… infrastruktur yg ada blum ckup mendukung. pengrusakan lingkungan dibangka saat ini juga sangat cukup hebat.. lobang semua.. gara2 TI tuch… klo pulang kampung saya ga bisa mandi di sungai blkg rmh ne2k lagi… kangen loch sama sungai itu..bersih..jernih.. (sekarang c udh jd kolam tanah..BUtek..kotor…)

    Nanti klo saya udh jadi pejabat di bangka (amin… mudah2an tercapai…) insya4WI saya akan bangun pariwisata bangka lebih hebat lg… Eh…ga sekedar pariwisatanya aja denk…hehehe… semua sektor… sehingga bangka bisa jadi provinsi dg tingkat pendapatan daerah yang tertinggi di Indonesia (Amin…)
    jadi kangen pengen pulang k Bangka nieh… ke tempat nenek..

  44. bangka

  45. aduh,, sya jdi pngen neh k pulau bangka!!
    wktu t prnh seh,,
    tpi g’ sempet k pantai ny,hehe….
    thx y bwt p’ Jsofian…

  46. Setiap mendengar atau membaca kata “Bangka” dan “Belitung”, imaginasi saya pasti melayang ke sebuah novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Personally saya kenal Andrea (kami masih satu company dan pernah di unit yang sama). Maka dari tulisan dan profilnya (si Andrea itu…), jadi bisa lah saya bayangkan keindahan Bangka – Belitung.
    Sejak pertama saya membaca novelnya, saya jadi rajin browsing informasi tentang Bangka – Belitung (sampai akhirnya ketemu blog spot ini). Sejak itu pula saya memendam asa suatu saat akan berlibur ke sana. Tentunya info yg lebih detail sangat diharapkan. Salam kenal semua.

  47. bangka,kota kecilku dimana aku dibesarkan.hari ini aku rindukan kampung tegal rejoku di mentok!!!!walau hari ini aku ada ditanah kawa namun hati ini slalu untk mentok terindahku!!!!aku akan pulang!!!!!!!!!tunggulah aku disana.(anak manusia yang merindukan tanah kebesarannya)

  48. buat bang AMCA:

    MAAF SEBELUME BANG,sebenarnya bangka bisa lebih indah karna TI!kenapa tidak?coba liat dari atas berlubang2 kayak nyeni!!orang bangka tu kreatif!!pemerintah gak terlalu ngurusin karena:”itu salah satu mata pencaharian orang2 bangka”.so,please jangan spnuhnya nyalahin TI!!!”.karna aku anak bangka yang merantau dan aku pernah hidup susah disana aku bisa makan hanya karna kerja keras ayahku dari hasil TI!!!!!!!!!!!!!!

  49. […] you our friend, J. Sofian Lusa and family, thank you for everything during our vocation there. I knew this resort from Sofian for the first time, and after that he promoted this resort and Bangka island to everyone (I guess). […]

  50. Dah 10 tahun gak pulang ke Bangka… Kayak apa ya sekarang??? pasti tambah bagus… terutama pantainya ….

  51. aku pengen pulang!!!!!!!!!!!!!

  52. Saya lahir dan besar di pangkalpinang…..tapi sempat menetap di Toboali karena ortu pindah tugas….masih teringat masa kecil sering mengaji di mesjid al Furqon Bukit Baru….sudah lama nih gak plg ke Bangka..terakhir mei 1996 (ya sktr 11 thn yg lalu)…masih bnyk saudara disana….adik jg msh sering pp ke bangka krn ada suatu urusan…..insya Alloh mau pulang euy…suami jg pengen hunting foto di P.Bangka juga P.Belitung yg katanya indah2 pemandangannya (tanjung kelayang dll)…i miss you bangka serta makanannya….disini (kyoto) saya masih bikin sambel dari blacan Bangka lho…hi..hi..wassalam

  53. @ lena
    wah..di kyoto masih bisa bikin sambel belacan …asyik banget tuh.. bangka masih tetap menawan dari dulu sampai skg..Ditunggu kepulangannya. wslm

  54. oh ya pak sofian mungkin kenal dgn yg namanya lenny chandra krn mgkn sesama penganut agama budha yg di jakarta dan berasal dari Bangka(rumahnya dulu di pangkalpinang yg jual furniture, sofa dsbnya di perempatan yg ada BCA kalau gak berubah)..salam saja dari sobat lamanya Lena anak SMAN 2 pangkalpinang

  55. saya bukan orang Bangka, tapi saya pernah tinggal di pulau Bangka tepatnya di Pantai Parai Tengiri ( +/- 1th) th.1963/64 waktu itu aku kelas 1 SMP Persiapan Negeri (tapi aku pernah sekolah di SMP Negeri 1 kelas 1 selama 3bulan) kemudian karena satu lain hal aku pindah ke Sungailiat tepatnya di Jl.Kramat (nama dulu gak tau nama sekarang tepatnya di samping Pegadaian) keluarga kami kontrak di rumahnya pak Agus (peg.PU/ kalau gak salah), aku di Sungailiat selama 3th yaitu di SMP dari kelas 1 s/d 3 temen2ku yang masih ketemu yaitu Nehri (Fachriana Duri) kakaknya Rafika Duri…..
    karena 1 tahun kami tinggal di Parai Tengiri (dulu Bokap ku Kep.DIKLAT Perikanan Laut se Prop.SUMSEL berpusat di Parai Tengiri……….aku sich rindu pengin kembali liat Pantai Parai Tengiri dimana aku dan adik2 kakakku sering berbail air dan pernah hampir tenggelam dilaut..tapi gimana caranya ya…..
    lain waktu disambung lagi….kalau sempat

  56. @lena
    saya mungkin kenal dari kakak nya lenny chandra :)

    @bambang
    Pak bambang, penuh kenangan maniz dong pak di sana…. reuni lagi dong, banyak yg berubah dari tahun 60an pak…senang berkenalan dengan bapak. Ada dimana skg pak

  57. pulau bangka belitung bagi saya merupakan pulau yang banyak memberikan saya berbagai inspirasi,memberikan makna pelajaran hidup yang berharga nilainya…. disaat saya senang,sedih,susah dan suasana waktu kecil yang tak kan pernah terlupakan…saya dibesarkan dikepulauan ini tepatnya pulau belitung, desa buluhtumbang….namun demi menuntut ilmu dinegri seberang nan jauh disna…ingin rasanya cepatnya pulang…..tunggu aku pulau ku….ingin sgera hati berjumpa sanak keluarga dan teman2 yang trcinta….( smga pulau babel menjadi surganya pulau kehidupan,yg sjhtera n makmur )I LOVE N MIZ..MY ISLANDS

  58. Tmen2 semua..sy mw tnya ni ad yg tw gk website mengenai Pulau Babel? Cuz sy mw rekomen tmen dr Jerman. Dy mnta sy tuk cari website nya spya ada kejelasan. Mgkin kl tmn sya ini jadi brkunjung stdknya qta bangga ada turis Eropa yg mnmbah kdtgan ny k Pulau Bangka Belitung qta yg tercinta ini. O ya, tp website nya kl bs yg ada bhasa inggris ny y? krna dy gk ngrti indo. Kl ad yg tau email saya di memetpinarto@yahoo.com.. Thx tmen2 Babel semua. N jgn lp trus brdoa n berusaha tuk mbgun Babel. Sukseskan Babel Archi 2010. Bwt ko jonathan lam knal y?thx smua ..GBU n our beloved Island..…

  59. Halo salam kenal, saya ada rencana ke bangka nih pas sincia ini, ada yang bisa bantuin informasi soal hotel di parai, rate, restoran dan transportasinya nga ya? jujur aja info soal bangka sedikit banget, tidak seperti di bali

  60. @kiki
    thanks

    @memet
    salam kenal..juga, sayang memang belum ada, justru belitungisland.com sudah memulai.

    @Leni
    Hi leni, telp saja di 071795555 atau 0717-94888 PARAI beach Hotel.

  61. guys..semuanya khusunya yg ikut merayakan Kongien..i just wnna say “Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Khuai Le, Wan Se Ru Yi”.. smoga smua nya mdptkan berkah melimpah n jgn lp jg bnyk berbuat baik..
    yang lg plg Bangka, wah enaknya..gk bs plg ni, bnyk krjaan..
    anyway dmna aj kita yg pntig qt merayakan kongien dg makna dan hati yg penuh suka cita..

  62. Good Luck for Bangka Island, bangga banget bisa jadi salah satu dari Putra Putri Babel, walau saya berkuliah diluar, tpi mendengar babel udah maju seperti sekarang ini rasanya bangga banget n jngan lupa tuh pra pemerintahnya semangat terus dalam pengenalan babel ke luar supaya babel suatu saat dapat di sejajarkan dengan daerah2 yang sudah maju. Sebelumnya thanks banget sama para2 orang yang mau ikut serta dalam pengembang dan pengenalan Babel keluar smga usahanya ngak sia2, jngan sampai masa lalu babel yang penuh dengan kejayaan hilang begitu saja dari para2 orang yang kurang bertanggung jwab n thanks buat pak jsofian yang mau memperknalkan Babel kemasyrakat luar, smoga program2 yg dihrapkan dalm kemajuan daerah Babel dpat berjlan dengan sukses.Chayoooooooo trus untk Babel smoga jaya sellu. LOVE BABEL ISLAND

  63. halo..papintoz, boleh dong kenalan sekaligus promosi tentang Bangka. Babel menghadapi masalah serius karena timah bukan menjadi favorit lagi. Tugas anak2 bangka untuk berkontribusi kepada Bangka.

  64. Salut untuk pak Jsofian yang coba mengenalkan babel kepada dunia luar..Ku ade usul nih pak..Cemane klo kite buat program “Gerakan cinta babel” dimane setiap masyarakat babel baik yang khusus maupun diluar coba memperkenalkan babel kedunia luar kepada kwan2/tetangga/kenalan terutama potensi pariwisatae khan lumayan nih klo setiap anak-anak /masyarakat babel yang merantau diluar (katee mencapai ribuan) coba untuk mempromosikan daerah tercinta kepada para sahabat2/kenalane. Untuk sementara itu kontribusi terkecil yang bise ku dan temen2 SAHANG ITB lakukan mumpung lagi menimba ilmu didunia luar selain dengan pameran2 yang diselengarakan kampus..

  65. SUKSES DAN MAU TRUS BANGKA,,BERKAT TIMAH KAMI DI DI TOBOALI , KAPOSANG MAKIN MAJU , BANYAK RUMAH BARU MINIMAL ,, MOBIL BARU ,,PENDIDIK BAGUS,, BISNIS MAKIN BAGUS,,TANAH LAH MAHAL DISANA.. MAJU TRUSSSSSSSSSSSS,, TAMBAH MAKMURR.

  66. otak2, theufukok, lakso, songsui, wuaahhhh!! slurp slurp..kangeen q kek gale a. kwan2 Babel qt jd tuan rumah Volly ok, tgl 19 ni. 15 negara yg ikt a, lmyan lah utk promosi. smga Bangka trs maju.

  67. […] acara liburan bulan November 2007 yang lalu, inilah kedua kalinya kami sekeluarga liburan ke Parai Beach and Resort, di Pantai Parai Tenggiri, Sungai Liat, Bangka. Bedanya, kali ini kami sekeluarga saja yang ke […]

  68. […] Ini ada beberapa pantai di tanah air yang pernah saya kunjungi dan berkesan, yaitu Parai di Bangka, Kuta di Bali, Air Manis di Padang, serta Losari di Makassar …. Masih banyak pantai eksotik lainnya yang belum saya kunjungi, seperti Senggigi – Lombok, Lovina – Bali, dan sebagainya … suatu saat mudah-mudahan saja berkunjung ke sana … Nah, berikut ini ada 4 set foto tentang ke-4 pantai yang sebut di atas, please have a nice look Pertama, pantai Parai Tenggiri di Sungai Liat – Bangka. Suasananya masih asri, tidak crowded, tenang, dan merupakan tempat yang pas untuk liburan. Saya sendiri sudah dua kali liburan ke sini bersama keluarga. Persoalannya adalah, untuk liburan ke sini memang harus terencana betul, karena masalah terbesar adalah transportasi. Pastikan anda mendapatkan mobil, apakah dari hotel atau rental, supaya bisa menikmati suasana lingkungan sekitarnya juga, tidak hanya berdiam di hotel. Walaupun sepi, tetapi di sini ada Parai Resort Hotel yang berbintang lima dengan fasilitas yang oke. Informasi tentang Parai juga bisa dilihat di sini. […]

  69. hallo semua

    ku anak mentok..ape kabar ekak semue

  70. makin ga sabar untuk pergi ke pulau bangka ini…… :)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: