Posted by: jsofian | June 16, 2008

Pilkada Pemkot Pangkalpinang


Pesta demokrasi memperebutkan kursi nomer satu di pemkot Pangkalpinang kembali digelar. Persiapan menjelang tanggal pencoblosan 24 Juni 2008, sudah nampak dimana2. Hampir disetiap sudut kota dipenuhi dengan baleho, spanduk, dan poster wajah-wajah kandidat yang membawa berbagai janji untuk menarik simpatik dari masyarakat. Tidak ketinggalan juga media station radio saban hari dalam satuan jam2an diisi dengan janji dan program kerja dari masing2 kandidat. Siapa saja yang bertarung dalam perebutan kursi walikota Pangkalpinang kali ini?

Kandidat Walikota kali ini berjumlah 5 pasangan, jumlah yang tergolong cukup banyak dibandingkan dengan biasanya yang hanya berjumlah 3-4 kandidat. Sesuai urutan inilah kandidat walikota pangkalpinang:

  1. Drs Ridwan Thalib dan Iswandi
  2. Drs.H.A.Huzarni Rani,M.Si dan Yohanes Yudistira (akhian)
  3. Fifi Lety T.Purnama SH.,MH dan Yugo Saldian
  4. Hidayat Arsani dan Drs.H.Djailani.AB
  5. Drs.H.Zulkarnain Karim,MM dan Drs.H.Malikul Amjad

Menarik untuk dicermati, pertama adalah 2 kandidat walikota dan wakil walikota berasal dari WNI keturunan, yaitu Fifi yang merupakan adik kandung dari Basuki T Purnama ( ahok) calon gubernur dan Yohanes Akhian, pengusaha sekaligus berkecimpung di radio Sonora. kabarnya, fifi yng diusung PDI-P langsung ditunjuk oleh Megawati untuk menjadi kandidat walikota. Ini angin segar bagi politik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi seluruh warga untuk maju sebagai pemimpin daerah tanpa memandang SARA. Makanya semboyan fan ngin-thong ngin jit chong sering terdengar dimana2. Kedua, walikota incummbent Drs Zulkarnain Karim MM kembali mencalonkan diri sebagai walikota periode 2008-2012, dengan membawa misi bahwa pembangunan daerah adalah pembangunan yang berkala dan berkesinambungan, tidak bisa sekaligus terealisasi dalam kurun waktu 5 tahun saja.

Kita doakan, pilkata kota Pangkalpinang dapat berjalan damai dan tentram, setiap kandidat tidak hanya siap untuk jadi pemenang tetapi harus siap juga kalo kalah dalam pertarungan. Pilkada Jateng yang baru saja selesai diselenggarakan dapat dijadikan contoh positif untuk pembelajaran politik di Indonesia.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: