Posted by: jsofian | May 6, 2010

Cerita Rakyat Bangka Belitung


sejarah-babel1Berdasarkan sejarah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah dihuni sejak abad 7 Masehi, yang didominasi dengan kebudayaan dan agama Hindu. Karena letaknya yang strategis sebagai jalur lintasan antar samudra dan  perdagangan ditambah lagi dengan melimpahnya kekayaan alam dan tambang  di Babel , tidak mengherankan jika banyak kerajaan yang silih berganti menguasi kepulauan ini sebut saja Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Johor, Mataram, Banten, kesultanan Palembang, sampai pada kepada banga asing yaitu Belanda dan Inggris.   Sejarah juga menunjukkan bahwa Babel menjadi tempat persinggahan favorit bagi para bajak laut dan perompak, oleh karenanya tidak mengherankan banyak rumor yang beredar secara turun temurun bahwa di Selat Bangka banyak terdapat harta karun.  Sebutan lain dari  Kepulauan Bangka Belitung oleh penjajah Inggris adalah  Duke of island ( 20 mei 1812 M). Sedangkan Bangsa Jepang menyebut Kepulauan Babel sebagai Bangka Beliton Ginseibu. Cerita lengkap mengenai sejarah Kepulauan Bangka belitung dapat di baca di sini.

Selain kekayaan hasil bumi dan tambang, ternyata Babel memiliki kekayaan budaya, seni, dan sastra yang mengangumkan.  Kebudayaan Babel banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu, ini terlihat dari adanya bahasa melayu dialek Bangka yang  sangat kental di masyarakat asli seperti tergambar di  Film Laskar Pelangi . Hal yang menarik perhatian saya ternyata Babel juga banyak memiliki cerita rakyat, sama halnya dengan daerah2 lain. Namun sayang tidak banyak yang mengetahuinya karena memang tidak diperkenalkan di sekolah-sekolah saat ini.  Ada beberapa cerita rakyat yang  pernah saya dengar ketika semasa kanak2 dulu. Beberapa cerita  itu sekarang dapat dengan mudah ditemukan melalui dengan googling diantaranya adalah Legenda Batu Balai, Si Peyumpit, Legenda Panglima Angin, Putri Pinang Gading, Si kelingking, Bujang Katak, Asal Usul Pulau Belitung. Sayang., cerita si pahit lidah yang tidak bisa saya temukan.

Sebenarnya dari setiap cerita rakyat Babel mengajari kita untuk lebih bijak karena dalam setiap cerita terkandung nilai-nilai kehidupan seperti saling menghormati, bekerja keras, rendah hati, sabar dan tidak sombong. Entah sejauh mana kebenaran dari masing-masing cerita, namun saya bangga dari tanah kelahiran saya ternyata memiliki cerita rakyat sendiri.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: