About Me


Salam Kenal, Syallom… Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Nama lengkapku Jonathan Sofian Lusa, lahir di Pangkalpinang, Bangka .  Saat ini sedang menempuh pendidikan Doktoral di Fasilkom Universitas Indonesia. Menyelesaikan pendidikan master di bidang Computer Science dengan konsentrasi E-commerce (M.Com) , dan  di bidang Ekonomi Akuntansi (S.E.). Memiliki sertifikasi sebagai trainer profesional; Accredited Training Professional (ATP) dari SMR Malaysia, sertifikasi di bidang SDM:  Certified Human Resouce Profesional (CHRP), Certified Behavioral Analyst (CBA) dan Certified Behavior Consultant (CBC). Mengikuti program intensif setingkat  Diploma di bidang Computer Hardware dan Information System Management  (DSIM). Ikutan program pelatihan Leadership John C Max Well . Menghabiskan masa kecil sampai remaja di kota tercinta Pangkalpinang Bangka yaitu TK Trisula  -SD Budi Mulia -SMP Budi Mulia -SMA St. Yosef dan mengikuti berbagai seminar dan workshop ICT dan manajemen. Bidang yang diminati dan dikuasai adalah yang berhubungan dengan perkembangan ICT, Socio Technology, knowledge management, e-government, Academic Management system, E-Learning, Balanced Scorecard, Project Management, E-Commerce, Human Resource management, Leadership, dan Business Analysts. Hobi membaca buku yang berhubungan dengan ICT, Strategic Management, Psychology, badminton, terakhir lagi mencoba jepret ..jepret jadi photograper dan pukul memukul bola golf sebagai pemula.

Profesi saat ini yang dijalani adalah sebagai konsultan di Sisfo Strategic Learing & Consulting. Perusahaan yang berfokus di bidang konsultasi Strategic management, Human Resource, dan TIK. Terlibat aktif dalam pengembangan software SIM perguruan tinggi berbasis Open source, dengan produk Smart SisfoKampus . Di organisasi terlibat  di dalam Laboratorium E-Gov Fasilkom Universitas Indonesia, terlibat dalam pengembangan Open Source Software yaitu di IGOS Business Center Bandung dan Crayonpedia Initiative sebuah ensiklopedia pendidikan sekolah pertama di Indonesia. Aktivitas lainnya berkenaan dengan dunia pendidikan sebagai aktif sebagai dosen di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, Program Magister Komputer di Universitas BUdi Luhur, Program Magister Manajemen di LPPM school of Management, STMIK Atma Luhur dan dosen tamu diberbagai perguruan tinggi, tutor, dan trainer.

Blog ini saya dedikasikan sebagai wadah untuk menangkap dan berbagi pengalaman, ide, dan ilmu pengetahuan atau menjadi bentuk e-Knowledge bagi para pembaca. Mimpinya sih..mengambil peran dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia khususnya Kota Kelahiran tercinta Pangkalpinang “pinkong” Bangka.

Mari berbagai pengetahuan ..

Responses

  1. Sofian, senang dapat berkunjung di blokmu. Merupakan Rahmat juga nich bisa ngintip-ngintip dan berkenalan dengan anda. Kebetulan saya lagi ngambil S2-MM di STIE Nusantara dengan Konsentrasi Manajemen Pemasaran, dan sekarang lagi mau nulis Tesis mengenai Penerapan Balanced Scorecard di Advertising Agency. Saya akan baca-baca dulu pengalaman di blok kamu, ntar kalo saya butuh bantuan dan konsultasi boleh dong kita berbagi ilmu. Thanks sebelumnya. By the way saya lagi memperbanyak bacaan dulu, dan lagi ngumpulin buku2. Kalo ada informasi buku yang bagus kasih tau saya ya.
    Nama saya : Indra Cahyono, kelahiran Tanjung Pinang (bukan Pangkal ya), he he he. Umur, ntar aja ya kalo udah saling kenal, yang jelas lebih tua dari Sofian. Oke segitu aja dulu, ntar kita sambung lagi. (Oh ya, saya tinggal di Kemanggisan, Jakarta Barat)

  2. senang berkenalan dengan Pak Indra. Saya masih hijau juga di bidang BSC. saya punya 200 artikel bsc. Saya akan bantu semampu saya. Good Luch

  3. Walaupun ,masih hijau tapi kan udah mulai duluan. Artikel

    Walaupun masih hijau tapi kan udah mulai duluan. Ntar saya minta artikelnya ya. Saya lagi memperbanyak teori (Bab III), kira2 artikel apa dulu ya perlu saya dapatkan?

    +-

    ++-+—+

  4. Jonathan,
    Salam kenal. Tadi saya jalan-jalan di WordPress dan ketemu blog Anda. Awalnya saya pikir ini mungkin Jonathan lain yang sengaja merubah namanya sedikit, tapi rupanya memang lain :)
    Oke deh, semoga Anda selalu sukses dan Tetap Semangat!

  5. Hi Minarwan, salam kenal juga, trims utk berkunjung, sukses buat Anda juga.

  6. punya info panti jompo kristen/ katolik didaerah caringin bogor, lido, cibadak?

    terima kasih

  7. Maaf pak. saya tidak punya. trims

  8. Salam Kenal Jo, Saya Heri, saya baca blog anda saat mampir di wordpress, saat ini saya mengelola blog thematic (Ide Bisnis) http://www.budea.com , blog berbahasa Indonesia yang berisikan info-info yg saya update tentang updated business trend & business innovation dengan harapan, sedikit banyak, dapat menjadi sumber insprasi para entrepreneur muda indonesia untuk segera take action berwirausaha. annnnd, Keep blogging!!!

    Regards
    Heri

  9. salam kenal juga Heri, semoga blog budea nya bermanfaat bagi masyarakat. sukses

  10. Salam kenal pak Jo. saya lagi nyari-nyari materi bsc, trus ketemu blog Anda. saya ngajar mk manajemen di perguruan tinggi. saat ini saya lagi mau nulis tentang balance scorecard di perguruan tinggi. bisa dibantu? thank’s a lot.

    Salam,
    Ima

  11. kalo boleh lebih spesific, apa yang bisa dibantu BU?

  12. Hallo paksofian, saya mahasiswi feui sedang ingin mengetahui tentang perusahaan2 mana saja di Indonesia yg tlh mengimplementasikan BSC, bgmn implementasinya scr lbh detail dan dampaknya pada perusahaan2 tsb?selain tuk tgs kuliah jg tuk menambah pengetahuan saya pribadi. Terima kasih banyak yach..

  13. hallo evi, saat ini sudah banyak perusahaan yang sudah implementasi BSC cuma tdk dipublish, pls visit http://ririsatria.wordpress.com/ utk implementasi BSC di indonesia

  14. Hi Sof, apa kabar? Sukses nih … Selamat ya buat career yg bagus & send my regards to you family

  15. Yth. Pak Jonathan, perkenalkan nama saya Titis Mahanani Drajad, mahasiswi program pasca di PPs. MAPD Bandung, dan saya juga bekerja di salah satu instansi pemerintah (PNS). Saya tertarik dengan konsep ttg BSC, dan saya jadikan sebagai penelitian utk penyusunan tugas akhir (tesis) saya. Dlm tesis saya memakai konsep Human Resources Scorecard (HRSC) yg merupakan turunan dari konsep BSC (judul: Analisis Kinerja Sumber Daya Pegawai di Sekretariat Daerah dengan Pendekatan Human Resources Scorecard). Terus terang, saya masih sangat bingung dgn konsep tsb, terutama setelah saya coba aplikasikan utk organisasi pemerintah (Sekretariat Daerah). Adapun point2 yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apa feedback dari konsep HRSC ini?
    2. 7 langkah implementasi HRSC, bagaimana?
    3. Saya pernah mendengar program komputer yg dapat menganalisis BSC, yaitu Spider Diagram. Hanya saja sy kesulitam utk mencarinya di pasaran. Yg ingin sy tanykan, seberapa pentingkah penggunaan program komputer ini utk menganalisis BSC pd umumnya, dan HRSC pd khususnya? Dan dimanakah sy bisa memperoleh softwarenya?
    4. LAKIP, DP3 (pemerintah) dan HRSC, apa perbedaan yg paling mendasar dari ke-3 sistem pengukuran kinerja tsb?
    5. Dapatkah Bapak memberikan kerangka yg lebih aplikatif ttg HRSC utk organisasi pemerintah?
    6. Utk metode penelitian dari tesis saya, metode apakah yg paling tepat utk meneliti HRSC ini? (saya membuat proposal utk penelitian ini dg menggunakan deskriptif eksploratori)
    Mohon agar Bapak menjawab pertanyaan2 ini, dan atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Titis Mahanani Drajad

  16. Kepada yth: Pak Jonathan. Nama saya Erna, mahasiswa pascasarja Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Gajah Mada Jogyakarta. Saya ingin belajar benyak tentang Konsep Balanced Scoredcard karena saya sedang penyusunan tesis tentang Evaluasi kinerja petugas kesehatan dengan menggunakan BSC yang diterapkan di tempat saya tugas (dinas Kesehatan Kab. Bekasi) tetapi pengetahuan saya ttg BCS masih sangat minim, untuk itu bagaimana saya bisa kursus singkat ttg BCS / bisa mendapatkan informasi banyak ttg BSC dengan para ahli BSC, sehingga BSC ini tidak hanya bermanfaat untuk kami pada saat penyususnan tesis saja tetapi bermanfaat selamanya bagi Instansi dimana saya kerja. Mohon balasan dan informasi selanjutnya. Diucapkan banyak terimakasih.

  17. Yth: Pak Jonathan. Saya mahasiswa FEUI, saat ini saya sedang skripsi, saya tertarik mengenai BSC. saya ingin mengukur kinerja perusahaan dgn metode BSC , perusahaan bergerak di expor impor, cocok ga pak? data2 apa yang di perlukan utk pengukuran tsb. keterkaitan BSC dgn AHP, & EVA apa yah pak? untuk mencakup ketiga hal ini, data2 apa yg di butuhkan?
    Thanks in advance.

  18. haaiii nama saya mega cantik calon miss universe

  19. Hai Sofian, salut deh dengan seabreg kebanggan, tapi apa anda merasa bahagia ? saya sarankan untuk mengikuti pencarian diri sehingga dengan kemampuan Sofian yang hebat itu dapat membawa banyak manfaat untuk Indonesia tercinta.

  20. Hi Sofian ternyata kita sama Alummi dari SD-SMP Budi Mulia SMA Di St. Yoseph Lulus tahun 1986, Skrg saya bekerja di SAP Internal Consultant disatu perusahan swasta. Sudah 5 Tahun kami melakukan pengembangan ERP di perusahaan kami. Saya mau mempelajari balanced scorecard lebih mendalam. Kira2 Sofian bisa bantu saya harus mulai darimana ? atau ada semacam artikel yang bisa saya baca. oh ya sofian gak pulang bangka buat merayakan Imlek.
    KIONG HIE SIN NGIN
    KIONG HIE FAT CHOY.

  21. @titis@erna @bintang@mege@triturawan
    terima kasih atas komentarnya. Mhn maaf karena keterbaratas waktu, saya tidak bisa membahas satu persatu. Sebaiknya teman2 buat terlebih dahulu konsepnya setelah itu baru kita disukusikan.

  22. Hi Sofian.. Saya akan berkunjung ke babel minggu depan untuk melihat Pilkada di sana dan akan menjadi kunjungan kedua ke Pulau Bangka khususnya
    Sangat tertarik kalau seandainya anda berada di Pangkal Pinang untuk bisa berdiskusi dengan anda tentang situasi yang berkembang, mungkin soal kandidat2 Gubernur untuk Babel dithn 2007? Mungkin kita bisa bertemu?
    Please contact my email. Salam.

  23. @endy
    Senang berkenalan dengan senior, artikel BSC sekarang banyak sekali. Kalo mau mulai belajar sebaiknya baca buku kaplan saja. Iya kebetulan ada pekerjaan di Bangka, jadi sekalian implek, trims GOng Xi Fat Cai

  24. @RAJ
    welcome to bangka for second trip. dengan senang hati jika dapat berdiskusi dengan anda. Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian dengan Babel.Sayang, saya kembali ke jakarta pada senin minggu depan, walaupun sebenarya ingin tepat tinggal sampai pilkada selesai. salam

  25. Thank you for the article on Ir. Basuki.

  26. Salam perkenalan pak Sofian, saya juga berasal dari Pangkalpinang. Saya bekerja di BPKP sejak tahun 1979. Sekarang saya menangani jasa konsultasi (non audit) membantu BUMN dalam Performance enchancement dengan menggunakan BSC agar program yang dijalankan in line dengan strategi dan visi/ misi perusahaan. Di samping itu kami juga membantu dalam penyusunan Key Performance Indicators (KPI) juga dengan BSC untuk kontrak manajemen antara direksi BUMN dengan Meneg BUMN. Mungkin kapan2 kita bisa sharing pengalaman. Kami tentu sangat senang bisa ketemu dengan orang sekaliber anda. pendidikan saya SMP dan SMA Negeri I Pangkapinang angkatan tahun 1972 (seangkatan dengan Hongsuan = Suwandi yang rumahnya dengan sungai yang gak jauh dari BudiMulia), DIII saya dari STAN dan S1 dari UI dan S2 (MBA in Accounting) dari Cleveland State University USA. tahun 1993-2000 saya juga mengajar di Univ Trisakti.
    Kebetulan saya buka blog anda ketika saya sedang nyari informasi ttg pilkada gub bangka belitung. terus terang saya berkeinginan untuk kembali ke bangka untuk mengabdi di kampung halaman, cuma jalan untuk kesana belum ada.

  27. Salam perkenalan pak Sofian, saya juga berasal dari Pangkalpinang. Saya bekerja di BPKP sejak tahun 1979. Sekarang saya menangani jasa konsultasi (non audit) membantu BUMN dalam Performance enchancement dengan menggunakan BSC agar program yang dijalankan in line dengan strategi dan visi/ misi perusahaan. Di samping itu kami juga membantu dalam penyusunan Key Performance Indicators (KPI) juga dengan BSC untuk kontrak manajemen antara direksi BUMN dengan Meneg BUMN. Mungkin kapan2 kita bisa sharing pengalaman. Kami tentu sangat senang bisa ketemu dengan orang sekaliber anda. pendidikan saya SD,SMP dan SMA Negeri I Pangkapinang angkatan tahun 1972 (seangkatan dengan Hongsuan = Suwandi yang rumahnya dengan sungai yang gak jauh dari BudiMulia), DIII saya dari STAN dan S1 dari UI dan S2 (MBA in Accounting) dari Cleveland State University USA. tahun 1993-2000 saya juga mengajar di Univ Trisakti.
    Kebetulan saya buka blog anda ketika saya sedang nyari informasi ttg pilkada gub bangka belitung. terus terang saya berkeinginan untuk kembali ke bangka untuk mengabdi di kampung halaman, cuma jalan untuk kesana belum ada.

  28. Jadi yang Cagub kek Cawagub yang dapet score terbaik ape sesuai kek kenyataan (yang terpileh ne, umong-umong siape wo je orang?). Sempet buet simulasi a dak Pak?

    Maaf cumen baru pacak mampir sedenget (ade keperluan lain), tapi sekilas, blog a sangat menarik kek informatif.

  29. @Pak Fatdjeri Razi
    woww..Senang bisa kenalan yang senior yang sudah berskala internasional. silakan pak, jika ada kesempatan atau ada yang dapat dibantu, akan saya lakukan. Via japri aza Pak..salam

  30. Salam kenal pak, saya Tulus santoso mahasiswa akhir STIA LAN mau nyusun skripsi tentang BSC. Bagaimana kiat praktis dalam penyusunan BSC ? Terima kasih

  31. salam kenal pak,saya alumni sma st yoseph angk 82jebolan fakultas hukum dan sekarang ngelakoni bidang sdm diperusahaan asing.kapan reuni sma yoseph?

  32. salam kenal pak rosidi

  33. Salam, Kenal Pak, saya Afra mahasiswa Pascasimkes UGM smtr 2 . rencana mau nyusun proposal tesis tentang Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit, karena pada saat sekarng sedang dalam proses penerapan SIRS, tetapi saya tidak terlibat dalam proses ini karena sy sdng kuliah. Menurut Bapak, apa yang harus saya teliti disini. atas sumbang saran bapak banyak terima kasih

  34. @afra
    eehm..gimana kalo meneliti kepuasan user RS dalam pengguankan SIMRS? atao peranan SIMRS terhadap tingkat efisiensi dan efektivitas RS.

  35. Bpk Sofian, perkenalkan saya adalah mahasiswa Computer Science UI. Kebetulan saya mendapat tugas makalah dari dosen saya untuk mencari tahu tentang balanced scorecard sebagai tugas kuliah Prinsip-Prinsip Manajemen. Dan saya menemukan website ini yang isinya sangat menarik. Makalah saya ini nantinya akan fokus kepada manajemen strategi. Bahan-bahan di website ini sangat membantu saya, terima kasih. Btw, saya juga kelahiran Pangkalpinang :). Salam.

  36. salam kenal…saya novia mahasiswi yang sedang mengambil tugas akhir mengenai Performance management system dengan menggunakan BSC, sama seperti nurul saya kesulitan mengenai analisis hasil perhitungan balanced scorecard pada bagian menentukan apakah kinerja masing-masing perspektif seimbang atau tidak..saya belum dapat menentukan penilaian objektif untuk perhitungan BSC memenuhi kriteria seimbang atau tidaknya.tugas akhir saya membuat program yang inputnya nilai-nilai indikator dari setiap perspektif berupa bobot,target,realisasi dan output program nantinya berupa solusi/feedback untuk masing2perspektif dan menentukan kinerja perusahaan dalam posisi baik/cukup/buruk dengan menentukan posisi keseimbangan dari ke-4 perspektif..mohon bantuan untuk penilaian yang objektif menentukan ke-4 perspektif seimbang atau tidak (mungkin berupa range nilai atau mungkin referensi yang bisa saya acu..). terima kasih sebelumnya..

  37. hi jonathan, salam kenal. Saya anis mahasiswi yg sedang mengambil tesis mengenai evaluasi pelaksanaan sistem informasi kesehatan (SIK) dengan menggunakan BSC.kesulitan saya memasukkan indikator kinerja SIK yang merupakan program pemerintah ke dalam 4 perspektif BSC, sulit nge-linknya. Ada saran atau referensi yang bisa saya pakai?tq sebelumnya.

  38. Salam kenal pak

  39. salam kenal pak sofian,
    senang sekali berkenalan dengan anda. Saya sangat awam dalam teknologi informasi, mudah – mudahan saya pak Sofian bisa berbagi informasi dengan saya tentang IT khususnya Sistem Informasi Rumah Sakit.

    terima kasih

  40. @ reza lesmana,
    terima kasih kembali

    @ novia
    komentar dikirim via japri yah..silakan buka emailnya

    @Anis
    ada baiknya baca buku quality pelayanan RS karya DR dr H Boy sabarguna,MARS.

    @ leeloos@Rahmad
    Salam kenal juga

  41. dear pak Sofian,
    saya punya kerinduan untuk melayani di panti jompo, tapi saya belum punya referensi apa2, saya juga tidak tau harus buat apa karena hanya saya pribadi. apa bpk bisa bantu saya?

  42. @ Lasma
    salam kenal Bu Lasma, sebenarnya pelayanan ngak perlu reference mulai lah dari pelayanan yang kecil dulu dan sudah pasti sesuai dengan kemampuan kita.Banyak sekali yang bisa diperbuat walaupun hanya seorang. kalo mau sharing dengan senang hari krm email ke sofian@sisfokampus.net. GBU

  43. Salam kenal Pak Sofian. Sy mhsw kedokteran yg juga doyan ma hal2 yg berbau IT, sptnya menarik klo membahas manajemen RS, terutama penerapan IT nya. moga2 kapan2 bisa sharing :)

  44. @dr huda
    Salam kenal juga pak dokter,wah..TOP deh..saya barusan berkunjung di blognya, jarang2 banget dokter ngeblog. kita di IMRS PERSI tiap hari membahas manajemen RS dan saya setuju topik RS dan ICT menjadi tantangan tersendiri bagi praktisi medis di Indonesia.

  45. Salam kenal Pak Sofian, senang sekali menemukan blog yang membahas ilmu manajemen, terutama masalah balance scorecard. Bagi saya, isi blog pak Sofyan bisa menyegarkan lagi ilmu manajemen dan akuntansi saya yang sudah luntur. Sukses selalu buat Anda.

  46. @Doeytea
    salam kenal pak, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

  47. ku org bangka tapi dilampung,ngajar disalah satu sma swasta terfavorit dilampung kukangen kek kawan2 ku disma setiabudi bangka pacak dak ku dilink ken kesape bae yg dapet memberi informasi ttg sma ku dulu maka sih ok

  48. @armanto
    salam kenal Pak, silakan saja di link… semoga temen2nya ketemu semua.

  49. salam kenal pak jsofian, saya fatie. di FKMU,saya sedang ambil tesis ( aplikasi BSC dlm mengukur kinerja IRNA di RS )saya sudah menyusun proposalnya. saya mohon bantuannya karena saya masih rada bingung ttg BSC.
    kalau bpk punya artikel BSC saya mau dong pak..? kirimin ke email saya. (fatie_manizz@yahoo.com)saya juga ingin banyak belajar nie dari bpk, kira-kira masukan bpk buat saya ttg lebih mudah untuk memahami BSC dan mengaplikasikannya.
    mohon bantuannya yach pak, kalau saya mengalami kesulitan saya boleh sharingkan. senang bkenalan dgn bpk.
    tq….

  50. @fatie
    silakan buka emailnya. Ukurangnya 2mb semoga bermanfaat

  51. pak sofian, bisa minta info panti asuhan or werdha,karena setiap bulannya saya ada transfer untuk mereka. thanks ya

  52. Hi… Salam kenal

    Nama saya ZULDES…. Saya berminat dan interested in your experience… Hope you always success in your live

    Best regard

    Zuldes

  53. Halo Pak jsofian,
    salam kenal nama saya Widi Kuworo bekerja di IT Consultant di semarang. Saya tertarik di bidang IT terutama web development.
    Semoga kita bisa saling share…

    Salam

    Widi

  54. halo mr. sofian,

    salam kenal, salut sekali dengan Anda (intinya sih ngiri..hehehe) bisa jadi profesional di bidang IT dan implementasinya. semoga saya bisa segera mengikuti jejak Anda menjadi profesional IT, amin amin amin. sukses selalu buat kita…

    regards,
    rommy

  55. Bang Sofian,

    Mantap nih BSC nya
    yang lainnya juga OK

  56. Halo Jon,
    Saya Marufin, baru 6 bulan di Pangkalpinang.

    Kalo sempat dan berkenan, kita kontak2 via email aja.
    Semoga semakin banyak yang bisa kita buat ke depan..

    Tx.

  57. @mimi
    sy kirimkan via japri yah, trims

    @ Zuldes
    trims telah berkunjung di blog saya, sukses buat Anda juga

    @widi
    Hallo juga pak widi, senang berkenalan dengan ANda, silakan sharing Pak.

    @Ioommy
    TRims atas kunjungan dan doanya. Sukses buat Anda juga.

    @Afadillah
    Trims atas kunjungannya. Pak

    @ Maruffin
    Mantap pak, silakan via japri, kebetulan saya ada di bangka sekarang. Trims atas kunjungannya.

  58. malem pak sofian…
    saya mahasiswi S2 Ui sedang mengajukan proposal tesis mengenai aplikasi BSC dalam pengukuran kinerja di instansi pemerintah…mohon bantuannya jika ada artikel tentang BSC.terima kasih.

  59. @denina
    trims atas kunjungannya. silakan buka emailnya.sukses untuk tesisnya. Siapa tuh dosen pembimbingnya?

  60. Salam … saya senang boleh berkenalan dengan Om Jonathan, sebagai info saja bahwa saya seorang karyawan yang sedang menyusun SK Tata Cara Penilaian Kinerja Pegawai yang berbasis kompetensi dengan memakai metode BSC dalam penerapan KPI, saya kekurangan referensi tentang hal-hal tersebut dan di tempat saya (Jayapura) susah mencari buku2 mengenai BSC.
    Maaf Om… kalau boleh saya minta tolong kalau-kalau Om punya contoh atau referensi yang bisa saya pakai sebagai acuan.
    Trima kasih sebelumnya. Salut buat Om Jonathan dan suskes.

  61. Salam kenal n sukses pak sofian…
    saat ini saya bekerja outsourcing IT di suatu BUMN yang sedang mengambil kuliah S2 MM di kota buaya…saya sekarang lagi mo nyari judul-judul thesis utk semester depan…kira-kira pak sofian..bisa membantu saya, kira-kira thesis yang ada korelasi antara S2-MM dengan background S1 saya IT itu apa aja yah pak biar mudah untuk dipelajari…
    BSC itu apakah ada korelasinya nggak pak ? ato mungkin pak sofian ada saran/referensi yg lain atau ada judul buku-buku yg tepat sebagai acuan saya ? Software BSC namanya apa pak ? soalnya di surabaya sepertinya saya belom menemukannya..
    mohon sharing bimbingannya…kan sesama orang IT :D
    thx pak sofian

  62. Numpang singgah di blognya Mas Sofian,
    Blog yang bagus, edukatif, sarat pengetahuan bisnis, dan sosial. Media yang bagus to share knowleage. Boleh di link ke blog saya?
    makasih:)

  63. Salam kenal Pak, sy mahasiswi S1 teknik industri itb. sy sedang menyusun tugas akhir ttg aplikasi BSC di bank sentral. dari informasi yang saya peroleh, kebanyakan organisasi pengguna BSC di indonesia kesulitan untuk mengcascade strategi divisi ke daily job para karyawannya. karena itu saya ingin mencoba untuk merancang personal BSC di salah satu divisinya. boleh sy minta artikel yg berhubungan dgn langkah2 penyusunan personal BSC pak?
    saat ini saya masih dalam tahap pendahuluan, dasar teori dan metodologi. banyak hal yg saya masih belum mengerti ttg BSC, terutama mengenai bagaimana mewujudkan kesinergisan antara karyawan dgn strategi organisasi itu. ke depannya kalo boleh saya pgn diskusi lebih lanjut dgn Bapak.
    itu saja, terima kasih. sukses terus buat Bapak.

  64. Blog yang bagus, banyak idea yang bisa disharing disini, mungkin tip dan trick implementasi SIMRS bisa juga dilihat di blog saya

    http://www.boedblog.blogspot.com/

    Banyak permasalahan yang bisa dibahas disono, semoga bisa membantu implemtasi SIMRS yang ada di Indonesia

  65. @echa
    trims atas kunjungannya, maaf yah referensinya ngak ada tuh. salamkenal

    @ Rifgi
    trims atas kunjungannya. Topik BSC banyak sekali yang bisa diekpor dalam thesis. umumnya perancangan BSC untuk suatu bagian tertentu di BUMN. Korelerasnya dgn software jelas ada krn dgn adanya software proses preancangan dan implementasi jauh lebih mudah, apalagi yang remote area. software BSC sudah banyak skg masalahnya yang gratis yang sedikit.; saya pernah pake renaisance BSC, Dialog Strategy, atau ketik di http://www.sourgeforce.netuntuk bsc software open source.

    @Idrianita
    Halo bu dosen, silakan saja bu. trims

    @Puti
    salam kenal, membuat personal scorecard memang membutuhkan perhatian ekstra karena sulit merancang secara tepat. sebaiknya yang dirancang corporate scorecard terlebih dahulu kemudian departemen, divisi, dan terakhir baru personal. saya krm bbrp referensi.

    @Budy
    Trims atas kunjungannya. Blog anda juga menarik, Boleh saya link yah

  66. bung jsofian,
    senang membaca isi blog anda. bravo and stay in touch.
    salam

  67. @Budy
    salam kenal bung Sjafri, trims atas kunjungannya

  68. Salam Sejahtera,
    Sy juga kepengen kenal nih.. dengan yang sudah banyak pengalaman seperti anda, mungkin anda bisa jadi konsultan saya dalam penerapan Teknologi di Kantor saya. TKs

  69. @ Edi
    trims, dengan senang hati pak. :)

  70. Salam kenal,
    whuah senang baca bloknya…. rame dan saya pernah dapat tugas di pemprov dki untuk review kinerja berbasis BSC… tetapi kenyataannya… BUMD DKI boro boro pakai BSC… yang gampang aja ( kaya rasio keuangan)… masih berantakan. apa memang susah menerapkan bsc di lingkungan BUMN/D? gimana penerapan BSC di swasta? ada yang sudah menjalankannya dengan benar? tolong dikasih nama perusahaannya… aku mo benchmarking untuk pengembangan KPI di salah satu BUMN di jakarta.
    Jo… kamek orang seberang, tanjung pandan, belitung, kelahiran tahun 60…, cuman smanya di jakarta, D4- STAN dan S2nya disebrang. Sekarang jadi out sourcing consultan, focusing di internal control framework COSO dan COSO risk management. segini dulu perkenalan kita.
    Met malam.
    Ciaooo

  71. @Ujang
    salam kenal pak Ujang. Senang kenalan dgn Bpk. masih sering pulang belitung ? sukses selalu

  72. Makasih atas perkenalannya. Jarang pulang ke belitung, paling paling lebaran aja, sambil liat ortu di tanjung pandan.
    Nanya dikit pak, implementasi balance scorecard, enaknya mulai dari holding? atau bagian dari holding? atau darimana? hambatan apa yang sering dijumpai dalam tahap pengembangan BSC? gimana cara pemecahannya? makasih sebelumnya.

  73. @Ujang
    pak Ujang, sebaiknya corporate merancang scorecard holding terlebih dahulu. setelah diimplementasikan di tingkat holding barulah turun ke bagian divisi atau akhirnya personal scorecard. Kendalanya, karena scoring dilakukan berdasarkan konsensus bersama maka penyamaan presepsi menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, penentuan objektif-target-initiatif-dan program memang sebaiknya melibatkan konsultan. Solusinya pertama, cari best practice sesuai dengan perusahaan kita, kedua minta bantuan consultan, ketiga, guna IT sebagai enabler. Sukses buat Bapak. wasallam

  74. salam kenal……….saya salut juga dengan seabreg kegiatan anda…sukses ya…

  75. Pak Jonathan, terimakasih sudah berkunjung. Salam kenal ya..

  76. Salam kenal, saya butuh masukan – masukan niey Pak?

    lagi bingung???

    pekerjaan saya saat ini memberikan kesempatan pada untuk bekerja secara independent dan pimpinan memberikan kebebasan penuh untuk mengembangkan sistem yang ada.

    saya mempunyai target dalam pekerjaan ini dan saat ini target untuk tahun 2007 ini sudah terpenuhi…kelihatan sudah puas tapi saya sedang mikir2 bahwa saya masih belum punya alat ukur kinerja tersebut selain bahwa jumlah proyek sudah tercukupi…

    kira2 apa dengan BSC hal tersebut bisa di ukur Pak?

    Thanks

  77. Malam pak.
    Makasih atas masukan dan replynya. saya akan coba implementasikan masukannya. N kalau clien saya mencari konsultan, saya akan kontak bapak.
    makasih dan sukses aja

  78. @fuddin @ jaF
    Salam kenal juga Pak. trims atas kunjungannya. sukses slalu buat Anda.

    @Agung
    Slam Kenal Pak Agung,BSC hanyalah sebuah framework (tool) yang dirancang secara komprehensif, koheren, seimbang, dan terintragrasi untuk menjelaskan segala sesuatu yang terjadi di perushaan. Dalam cause effect diagram manajemen dapat mengetahui mengapa perusahaan berhasil atau mengapa gagal. Nah..dalam kasus Bapak, target yang ditetapkan apakah layak dan wajar? apakah pencapaian target tsb dapat mencapai visi dan tujuan dari perusahaan. Menjawab pertanyaan terakhir, BSC mampu untuk mengukur baik secara korporat, divisi, personal, project. Hanya perancangannya yang berbeda sesuai dengan core business masing2. Semoga menjawab. sukses buat Anda.

    @ Ujang
    Trims Pak, sukses buat Anda

  79. halo salam kenal pak jonathan. blog nya bagus dan informatif. kebetulan istri saya juga dari bangka pak, sukses buat pak jonathan dan prov. babel :)

  80. salam kenal p jonathan, saya kiki, mahasiswi program Mkom UPI. saya mo beranjak ke thesis nih. saat ini saya butuh ide kreatif bapak untuk subject penelitian saya…terimakasih.

  81. mas sofyan boleh ngikut training diqnap gak..

  82. salam kenal,
    saya mau nanya pengertian mengenai .. sistem manajemen kinerja perusahaan dikaitkan dengan kontrak manajemen?

    pemahaman saya bahwa: awalnya perusahaan harus memiliki sistem manajemen kinerjanya dulu berikut kpi2nya hasil dari pengembangan bsc yang mestinya disertai sistem penilaiannya juga.
    adapun kontrak manajemen mrpk bagian dari kpi2 tsb yang diperjanjikan oleh direksi kpd pemegang saham setiap tahunnya.

    benarkah demikian??? trims.

  83. Salam Kenal
    Saya sangat tertarik dengan tulisan bapak mengenai BSC,kebetulan pada mata kuliah metopel ada tugas akhir bikin proposal dan rencananya saya ingin mengangkat masalah BSC tapi saya ingin mengaitkannya dengan tenaga kerja.Untuk itu saya mohon bantuan bapak untuk memberikan beberapa judul dan beberapa referensi yang berkaitan dengan masalah ini.Saya mohon bantuannya ya pak

  84. salam kenal, saya mungkin agak melenceng dg segala jenis kegiatan pak sofyan.saya lahir dipangkalpinang dan dibesarkan di jakarta.sekarang ini saya berada di amerika.yg mau saya tanyakan apa syarat2nya kalau saya mau mengadopsi anak dari panti asuhan.terima kasih pak.

  85. halo irene, salam kenal. setahu saya jalur resminya agak berbelit-belit karena harus melalui birokrasi. Tetapi kalo kekeluargaan lebih mudah, artinya latar belakang anak dan calon ortu angkat diketahui. Temen saya ada yang mengadopsi sejak sang bayi berumur 1 hari, skrg sudah 2 thn. Prosesnya langsung menemui orangtua sang bayi. Pernah pulang pin kong ngak ?

  86. salam kenal, luar biasa blog nya menarik dan informatif maaf saat ini saya tidak urun rembuk masalah ilmu dan keilmuan di rimba kehidupan ini, namun yang ingin saya sampaikan adalah anda telah membuat kami putra putri asal bangka yang sekarang ada dan berserakan diseluruh belahan dunia menjadi sangat bangga kepada anda, sebab kami ber-aksi, ber-intraksi dan ber-piiker selalu berorientasi prived business … wah malu kew rasae.
    kew maaf ok, soal e ko geh urang bangkek, lahir di bangke, sd, smp, smea di bangke, s-sikok di malang, s-due di philipine …… bravo sukses buat sofian

  87. Salam kenal,
    Saya mau mengucapkan terima kasih buat informasi BSC yang disajikan. Namun, saya ingin menanyakan seputar BSC apakah saya bisa menganalisis kinerja Bank dengan perspektif keuangan (kepuasan shareholders) saja dengan menggunakan ROA dan ROE?

  88. [……mengambil peran dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia khususnya Kota Kelahiran Pangkalpinang Bangka….]

    Yep, Pangkalpinang pasti akan maju kalau ada orang-orang seperti Anda. Bravo Josh…!!

  89. Hi Jonathan, thanks for your comment – I’m curious about your views, unfortunately I can’t read your blog. Seems like there’s a lot of interest here though!
    Louise

    • Hi again Louise..sory, like I mentioned before. my blog in bahasa. maybe we chat sometime just sharing opinion regarding trend in IT. I’ve send u e-book. cheers

  90. berkunjung lagi nih apa kabar. kunjung balik ya blogsite kita

  91. Maaf saya berkunjung agak kepagian. sehabis sahur saya buka PC. ini saya kirimkan juga alamat blogsite saya yang baru

    http://syaiful64.wordpress.com

  92. Pak sofian, boleh dipanggil gitu dak? ape dipanggil abang, tapi ku rase kurang sopan, dedikasiku untuk putra daerah macem bapak ni agake dipertanyakan kalo manggil gitu,hehhe..
    Salam kenal Pak sofian, sangat teratrik dengan blog ni, mudah2an ke depane pacak sharing banyak dengen bapak..ku tertarik dengan human engineering pak..Mudah2an bisa jadi salahsatu dari ekian banyak jalan..^__^


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: