Posted by: jsofian | July 26, 2006

Balanced scorecard Books


Sejak balanced scorecard diperkenalkan, banyak sekali buku yang diterbitkan oleh para penulis yang sebenarnya pengembangan dari Bukunya Kaplan dan Norton. Pengen tau kumpulan buku Bsc karangan Kaplan dan Norton. Informasi ini mungkin bisa membantu .

1. The Balanced Scorecard – Translating Strategy into Action. translating-strategy-into-action.jpg

Buku ini yang pertama dibaca ketika berkenalan dengan Balanced scorecard. Isi dari buku ini sebenarnya menjelaskan arsitektur balanced scorecard generasi pertama. Diantaranya berisi bagaimana para manajer BSC untuk menterjemahkan strategi perusahan kedalam tindakan nyata. Pengenalan 4 perspektif yang disertai dengan beberapa contoh.

 

2. The Strategy Focus – Organization.the-strategy-focused-org.jpg

Buku wajib ini perlu dibaca oleh perusahaan yang ingin membangun Strategy berfokus pada perusahaan. Kaplan dan Norton berbagi ilmu dan pengalaman dari hasil dari penerapan Bsc selama 10 thn di lebih 200 perusahaan. Dijelaskan juga tentang bagaimana Bsc digunakan secara step by step yang disertai pemahaman membuat linkage diagram (cause and effect). Buku ini menjelaskan bsc generasi kedua.

3. Strategy Maps- Converting Intangible Asset into tangible Outcomes. stragy-maps.JPG

Buku ini menjelaskan betapa pentingnya Strategy Mapping dan sekaligus menjelaskan proses pembuatannya. Contoh yang terdapat dalam buku ini meliputi perusahaan public, private, dan pemerintah. Tersedia juga 40 strategy maps dari real world organizations. Jika ingin belajar bagaimana membuat bsc untuk intagible asset diperusahaan. Silakan baca buku.

4. Alignment alignment.jpg

 

Sebagian perusahaan memiliki multiple bisnis dan support unit, dimana setiap unit memiliki “kerajaannya” masing2. Permasalahannya unit secara individu sering tidak terorganisasi sehingga menghasilkan konflik, hilangnya kesempatan, dan penurunan kinerja. Kaplan dan Norton beragumentasi bahwa critical alignment ini bergantung kepada perusahaan induk. Dalam buku ini, Bsc diterapkan pada corporate level strategy dan juga pengungkapan keberhasilan perusahaan dengan mensinergikan corporate headquarters’ dalam setting, coordinating, dan overseeing organizational strategy. Sedikit kutipan dari referensi buku alignment : Based on extensive field research in organizations worldwide, Alignment shows how companies can build an enterprise-level Strategy Map and Balanced Scorecard that clearly articulate the “enterprise value proposition”: how the enterprise creates value above that achieved by individual business units operating alone. The book provides case studies, actionable frameworks, and sample scorecards that show how to align business and support units, boards of directors, and external partners with the corporate strategy and create a governance process that will ensure that alignment is sustained.

FYI, Semua buku ini sudah tersedia di Gramedia. Selamat membaca


Responses

  1. Saya sudah punya 2 buku tsb di atas, Translating Strategy into action (terjemahan) dan Strategy Maps.

  2. wah..udah bisa bikin perusahaan consulting pak🙂

  3. Cita-citanya memang kesana, udah capek kerja ikut orang. Maunya gawe sendiri aja, pengen ngajar juga. Memang kalo udah ikut MM, rasanya beda ya.

  4. all the best, kalo ada waktu saya bisa menimba ilmu dari bapak. tq

  5. yoi. gue juga pening paan tuh balanced scorecard,,mo copy paste ja akh….thx bro ud nagsih in put to me…

  6. pa kiki, kalo sdh dimulai dengan pening berati bapak sdh memasuki tahap pertama belajar. Justru kalo ngak pening perlu dipertanyakan. Anytime pak..saya akan sharing yang saya tahu ttg BSC

  7. wah pusing juga ya.. gw coba baca di gramed, Translating Strategy into Action, belum mau beli soalnya masih blm ngerti bgt, ada masukan yg lain ga pak? utk yg benar2 pemula..thanks.

  8. opp sori.. maksud saya, masukan —> referensi buku BSC yg lain utk pemula..

  9. hallo alfin, mulai saja baca buku di edisi pertama . translataing strategy into action. terjemahan bahasa Indonesia ada kok..oleh pak mulyadi UGM. selamat belajar

  10. Karna masih penasaran td malam saya beli translataing strategy into action, terimakasih pak.

  11. Saya mahasiswi S2 Mpd, tertarik sekali untuk buat tesis Balanced Scorecard untuk dunia pendidikan. Awalnya saya ‘keder’ karena lihat penampilan bukuk ‘translating strategy into action’, tetapi setelah baca-baca tips dari bapak, wah timbul ‘PeDe’ saya. Wah, bapak sudah menjadi berkat nih. Ada inputan pak, bahan apa yang saya harus baca dan tips2 untuk mempersiapkan tesis saya. Thank You

  12. oke. trims.bu nursari. kita sama2 belajar aza. saya coba akan bantu, kbetulan pernah belajar BSC untuk perguruan tinggi🙂. coba nanti saya kirim via email. Good Luck

  13. pak, saya pemula yang benar2 ga tau mengenai BSC, tapi setelah beberapa kali saya baca ttg BSC, saya muli tertarik. mungkinkah saya mengambil topik untuk skripsi saya? tapi saya bingung mulai dari mana. saya mohon bimbingannya………

  14. Skripsi BSC sudah banyak yang ambil skg. silakan saja untuk mengambil topik BSC sesuai dengan minat industri yang akan diteliti. misalkan BSC untuk perusahan dagang, rumah sakit, sekolah. dll. good luck

  15. smoga tulisan ini bs mnjadi inspirasi saya dalam mengerjakan skripsi. saya bnar-bnar tertarik metode balanced scorecard ini dan moga” kelak bisa menulis sripsi dengan judul balanced scorecard, mohon bimbingannya…


Leave a Reply

Categories

