Posted by: jsofian | July 27, 2006

Tips Memahami Balanced Scorecard


idea1.gif Banyak dari temen2 dan mahasiswa yang bertanya bagaimana memahami Bsc secara mudah dan cepat. Pertanyaan yang agak sulit dijawab. eehmm.. mungkin Tips ini bisa membantu. Tips ini muncul dari pengalamaan pribadi dan sudah dilakukan sendiri dan hasilnya tidak mengecewakan. Karena pengalaman pribadi jadi dilarang keras kalo ada yang komplain dengan tips ini🙂 . Kalo ada cara yang lebih efektif belajar BSC tolong bagi2 ..


1. Baca, baca, baca buku BSC untuk generasi pertama yaitu Translating Strategy into action – BSC. Jika tidak ngerti baca lagi..tidak ngerti juga baca lagi. Dianjurkan jangan membaca yang terjemahan tetapi yang original (english version). Biasanya orang terpancing untuk mengetahui Bsc dalam penerapan langsung misalkan Bsc untuk private company, bsc untuk sekolah, bsc untuk government dll. asumsinya biar cepat memahami. Cara ini ada bisa berhasil untuk orang2 yang memang mendalami management strategic sebelumnya.

2. Catat bagian yang benar2 tidak dimengerti misalkan terminologi, skema, langkah2 dsb.Tidak mungkin semuanya tidak dimengerti pastilah  ada yang dimengerti walaupun sedikit. Jika tidak masih tidak mengerti lihat point 1 .  Mulailah dari bagian2 yang dimengerti untuk belajar secara bertahap. Misalkan dimulai dengan belajar management strategic seperti penyusunan visi dan misi perusahaan yang benar.

3. Tanyakan hal2 yang tidak dimengerti tadi kepada orang2 yang kompeten misalkan dosen, praktisi bisnis, dan internet🙂. Saya beruntung dulu ( sekitar tahun 1998) sewaktu di consulting firm, saya banyak diberikan kesempatan untuk mengikuti seminar dan workshop skala nasional dan internasional. Hal2 yang tidak saya pahami akan ditanyakan pada saat event tersebut. Pokoknya sampai mudeng..deng..deng pake muka tembok aza🙂
4. Jika mau ikut seminar dan workshop, cari tahu metode pengajarannya. Banyak sekali iklan di koran yang menawarkan seminar dan workshop Bsc tetapi setelah selesai diikuti banyak yang berkomentar hasilnya nihil. Metode pengajarannya pun hanya one way. Tips untuk mengikuti workshop misalkan:

  • Pilihlah workshop (bukan sekedar seminar) dengan metode teori dan praktek seimbang misalkan pagi – pengenalan konsep bsc dan siang – praktek pembuatan linkage diagram bsc.
  • Objektif dari workshop harus jelas misalkan setelah mengikuti workshop maka para peserta MAMPU membuat DRAFT bsc.
  • Carilah pembicara yang memiliki kompentesi sebagai praktisi (konsultan) dan dosen. JIka hanya sebagai dosen biasanya banyak bicara tentang konsep doang. Minta alamat email dan telpon (kalo dizinkan) untuk diskusi setelah event selesai.
  • Jangan tergiur dengan tempat workshop di Hotel berbintang bintang, yang sudah pasti mahal. Biasanya (apalagi dibayar kantor) tempat yang dipilih adalah tempat yang wah..
  • Idealnya waktu workshop menurut saya maksimal 2 hari. Jika hanya 1 hari mungkin cukup untuk fundamental bsc saja. Jika > 2 hari biasanya serangan rasa bosan dan jenuh menyerang para peserta.

5. Praktek, praktek, praktek konsep bsc sesuai dengan bidang masing2. Coba buat bsc sederhana setiap perspektif dengan 2 objektif = 1 ukuran. Sharing ke temen2 atau kolega atau kepada orang2 yang punya interest sama. Kesalahan yang terjadi akan memicu untuk belajar lebih mendalam dan detail.

6. Konsisten untuk belajar terus.


Responses

  1. Yth. Pak Jonathan, perkenalkan nama saya Titis Mahanani Drajad, mahasiswi program pasca di PPs. MAPD Bandung, dan saya juga bekerja di salah satu instansi pemerintah (PNS). Saya tertarik dengan konsep ttg BSC, dan saya jadikan sebagai penelitian utk penyusunan tesis saya. Dlm tesis saya memakai konsep Human Resources Scorecard (HRSC) yg merupakan turunan dari konsep BSC (judul: Analisis Kinerja Sumber Daya Pegawai di Sekretariat Daerah dengan Pendekatan Human Resources Scorecard). Terus terang, saya masih sangat bingung dgn konsep tsb, terutama setelah saya coba aplikasikan utk organisasi pemerintah (Sekretariat Daerah). Adapun point2 yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apa feedback dari konsep HRSC ini?
    2. 7 langkah implementasi HRSC, bagaimana?
    3. Saya pernah mendengar program komputer yg dapat menganalisis BSC, yaitu Spider Diagram. Hanya saja sy kesulitam utk mencarinya di pasaran. Yg ingin sy tanykan, seberapa pentingkah penggunaan program komputer ini utk menganalisis BSC pd umumnya, dan HRSC pd khususnya? Dan dimanakah sy bisa memperoleh softwarenya?
    3. LAKIP, DP3 (pemerintah) dan HRSC, apa perbedaan yg paling mendasar dari ke-3 sistem pengukuran kinerja tsb?
    4. Dapatkah Bapak memberikan kerangka yg lebih aplikatif ttg HRSC utk organisasi pemerintah?
    5. Utk metode penelitian dari tesis saya, metode apakah yg paling tepat utk meneliti HRSC ini? (saya membuat proposal utk penelitian ini dg menggunakan deskriptif eksploratori)
    6. Sedikit keluar dari topik, bgmn cara belajar yg efektif dan agar lebih fokus dalam belajar?
    Mohon agar Bapak menjawab pertanyaan2 ini, dan atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Titis Mahanani Drajad

  2. Yth. Pak Jonathan
    perkenalkan nama saya Indri,mahasiswa tingkat akhir salah satu perguruan tinngi swasta di jakarta. Saya berniat untuk mengangkat tema BSC dalam skripsi saya. Namun saya masih bingung untuk mengambil data dari perusahaan yang menggunakan BSC. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Perusahaan apa saja yang telah menggunakn BSC di Indonesia? Dan apakah saya bisa mendapatkan data yg saya cari?
    2. Judul apa yang paling menarik dari BSC untuk dijadikan Skripsi?
    Mohon bantuan dari Bapak, karena saat ini saya masih bingung, namun saya tertarik untuk mengetahui BSC lebih dalam.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  3. YTh Bapak Jonathan..
    Saya mahasiswa FE jurusan akuntansi. saya sangat etrtari dengan BSC dan berrencana menulis skripsi seputar/tentang BSC.

    Apa kira2 rekomendasi judul dari bapak..?

    trimaksih

  4. YTH. bapak Jonathan. . .
    Perkenalkan nama saya Yoga, mahasiswa FE Akuntansi. Saat ini saya sedang menyusun skripsi mengenai BSC pada organisasi sektor publik. Yang ingin saya tanyakan :

    1. Apakah kemungkinan judul yang dapat dipakai? Saat ini saya menyiapkan 3 judul :
    a. “Analisis Metode Balanced Scorecard Sebagai Alat untuk Mengukur Kinerja yang Komprehensif Pada Perusahaan Jasa” b. “Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada Perusahaan Jasa”
    c. “Evaluasi Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada Perusahaan Jasa”

    Perlu diketahui, perusahaan yang saya teliti merupakan perusahaan jasa sektor publik (BUMN).
    Perusahaan tsb belum menggunakan BSC dalam pengukuran kinerjanya, dan saya ingin melihat kemungkinan penerapan BSC pada perusahaan tsb.

    2. Apakah BSC pada sektor publik berbeda dengan BSC pada perusahaan? Saya pernah mendengar adanya perubahan nama dan posisi masing2 perspektif (saya agak lupa perubahan nama dan posisinya, namun seingat saya perspektif customer menjadi yang utama, sementara yang berubah namanya adalah perspektif customer dan perspektif learning & growth.

    Demikian pertanyaan dr saya, saya mohon bantuannya.
    Saya masih sedikit bingung dengan konsep balanced scorecard dan langkah2 penerapannya.

    Atas segala bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    Salam.

  5. YTH. Bapak Jonathan…
    Perkenalkan nama saya Dhani, mahasiswi Pendidikan Akuntansi. Saya tertarik untuk menulis skripsi mengenai BSC untuk sekolah. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Kiranya data-data apa saja yang diperlukan untuk menerapkan metode BSC tersebut?
    2. Apa beda perspektif yang diukur antara BSC untuk sekolah dengan BSC untuk perusahaan?

    Demikian pertanyaan dari saya, dan jujur saya masih bingung dengan konsep balance scorecard,namun saya tertarik dan ingin memperlajarinya lebih dalam lagi.
    Atas bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih.

  6. YTH. Bapak Jonathan…
    nama saya Estu C. Partooetomo mahasiswa universitas atmajaya jakarta. sya saat ini sedang memakai HRSC dalam tesis saya.
    saya masih sedikit membingungkan dengan langkah 1 dan 2 dalam langkah – langkah merancang HRSC…konsep HRSC masih secara umum saja….
    oh iya pak satu hal lagi, saya membahas di departemen HRD, strategi HRD atau visi dan misi HRD yang diterjemahkan dalam 4 perspektif?
    Tolong bantuan nya pak….
    thx.

  7. YTH, bpk Jonathan…
    perkenalkan sy aulia mahasiswa akuntansi univ.neg.makassar. sy tertarik mnyusun skripsi mengenai BSC pada sebuah rumah sakit. kiranya bapak bisa merekomendasikan judul untuk sy.
    mohon bantuannya …
    terima kasih

  8. salam kenal Sdri Uli,..banyaksekali topik BSC yang bisa dijadikan skripsi, “Analisia kinerja SDM RS/ keuangan / layanan Rawat jalan/ apotek/ dll berbasis BSC”. atau ditekankan perancangannya. GOod luck, wslm


Leave a Reply

Categories

