Posted by: jsofian | October 6, 2006

Manajemen yang “aneh” di Carefour


Siapa yang tidak kenal dengan Carefour. Sejak kehadirannya di Jakarta banyak supermarket yang dulunya berjaya dibikin keok dan akhirnya tutup. Promosi dan program diskon yang spektakuler dengan kartu belanja dan beberapa kartu kredit yang menjadi rekaan Carefour, membuat para ibu2 menjadi gregetan untuk antri berpanjang2 ria. Taukah dibalik semua keunggulan itu ada yang “aneh” menurut saya. kejadiannya baru saja saya alami tadi sore di Carefour Puri Indah.

Saya membeli air mineral merek SAP (sama sekali tidak ada hubungannya dengan ERP) botol sedang (600ml) dengan harga Rp 2.250 di counter pintu masuk Carefour. Saya sempet curiga masak harga air mineral bisa begitu mahal. Kalo Air mineral dengan merk terkenal saja berkisar antara Rp 750 – Rp 1.150. Karena buru2 saya beri Rp 2.500 dan dikembalikan Rp 250 perak. Karena iseng saya cek merk air mineral SAP Mocca di dalam carefour beberapa menit kemudian.
Ternyata merk tersebut tidak ada, yang ada adalah merk SAP Mocca untuk minuman lain yang berbentuk botol seperti kopi susu. Berdasarkan informasi dari petugas carefour yang berada di dalam, saya komplain karena merasa dirugikan bukan masalah uangnya tetapi karena pelayanan dan jawaban yang tidak profesional. Kasir di counter depan mengaku bahwa di depan tidak memiliki barcode sehingga harga ditulis secara manual. Harga yang tertera sebenarnya adalah Rp 2.000 bukan Rp 2.250. Sampai disini masih bisa dimaklumi, oleh staff counter yang lain saya diminta untuk menunggu katanya supervisor akan menjelaskan. Setalah menunggu 15 menit ternyata supervisornya tidak muncul, yang muncul staff counter tadi ditemui. Tanpa merasa bersalah alasan kenapa berharga berbeda adalah perbedaan counter di dalam dan diluar memang harganya dibedakan. Saya mulai sedikit gerah dengan jawaban yang asal bunyi banget ..jelas2 kesalahan pertama harga yang seharusnya Rp 2000 di masukan menjadi Rp 2250 dan kesalahan kedua jelas2 jika produk yang sama dibandingkan dengan produk sejenis atau dengan yang bermerk sekalipun harganya jauh lebih mahal 2-3x lipat.

Manajemen yang Aneh bin ajaib bukan ? Jarak antara counter di depan dengan counter yang didalam HANYA 7 langkah kaki saja tetapi harga produknya bisa mencapai 100% lebih mahal. Produk lain yang dipajang di depan counter harganya sama persis dengan yang didalam, hanya air mineral yang saya beli yang kebetulan berbeda.

Sebenarnya 100% ini adalah human error semata, salah memberikan informasi harga ! karena tidak terintegrasi kasir yang digunakan di luar carefour. Entah mengapa pihak carefour tidak mau mengakui kesalahan ini. Saya jelas tidak akan ngotot karena harga, saya berharap minimal mereka mengakui bahwa ada kesalahan dalam pemberian harga dan syukur2 mau minta maaf.
Yah sudah lah…Dari pengalaman ini saya belajar minimal 2 hal pertama SEBAIKNYA ajaklah kaum wanita untuk urusan belanja dijamin tidak akan 1 sen rupiah pun akan hilang🙂 . Kedua, teliti sebelum membeli produk. Perusahaan raksasa se kaliber Carefour pun tidak luput dari kesalahan terutama dalam hal harga ditambah SDM yang kurang trampil.

oh..ya, bukan bermaksud mendiskriminasikan Carefour Puri tetapi faktanya kesalahan fatal pernah terjadi juga di tempat ini. Kasusnya struk belanja yang dicetak tidak bisa menghitung discount 10% untuk produk2 tertentu sehingga para pembeli yang komplain. Akhirnya diputuskan untuk membypass semua produk dengan 10% discount.

HANYA Satu hal yang saya suka dari Carefour Puri yaiitu parkir gratis forever.


Responses

  1. Hihihi… pengalaman yg gak enak ya? Ya sudah, yang penting parkir gratis.

    Salam

  2. Kalo Anda perhatikan harga satuan per doos (per paket) kadang lebih mahal dari satuannya. contoh: 1 doos/12 rp.12300 = 1025/satuan. Untuk satuannya dijual rp.1000,-.. Berarti harga doos lebih mahal rp.300.

    Sedangkan untuk diskon (bukan di puri saja), kiranya hal tsb benar, pihak carefour hanya bisa menyalahkan sistem komputer. Kalo memang sistem komputer belum siap seharusnya tidak perlu mengumumkan ada diskon belanja, yang jujur saja, ini trik curang. Sampai berapa lama sistem komputer siap? sebulan, dua bulan, setahun? dan selama itu sudah berapa ratus juta bahkan milyar yang diraup atas kecurangan tersebut dengan memanfaatkan costumer yang tidak teliti atau tidak menginginkan urusan menjadi panjang.

  3. betul, terkadang IT sering dijadikan kambing hitam jika terjadi kesalahan di supermarket.

  4. hmm ga tau yah tp prasaan beberapa barang di carefour itu lebih mahal deh dr supermarket biasa… walo ada beberapa barang mang lebih murah.

    gue ga gitu suka belanja di carefour cuma bikin kita jadi konsumtif gara2 liat diskon2nya. kek org mo numpuk barang di rumah aja jdnya. so so far gue lebih suka belanja di supermarket or pasar tradisional….. sometimes ke carefour kalo kebetulan lewat.

  5. iya ga semua barang di carefour itu murah. orang saya beli 1 pak susu sereal aja lebih murah 8rban di t4 supermarket laen. Haduh2…
    tapi ya gara2 kita males pergi ke supermarket laen klo udah masuk carefour si😛
    disana emang banyak and hampir semua barang yang kita cari ada.
    tapi kalo manajemennya kayak begitu emang bikin sebel si😦

  6. di carefour jogja pernah juga mengalami hal yang mirip-mirip.

    saya dan teman saya membeli minuman kaleng. saya membeli sekaleng bir bintang harga Rp. 6000,- an sedangkan teman saya membeli sekaleng root beer, harganya Rp. 10.000,- … tunggu sebentar.. bagaimana mungkin sekaleng root beer berharga lebih mahal dari sekaleng bir? coca cola aja harganya 4000 an, root beer yang juga soft drink sejenis cola kok malah jauh lebih mahal dari bir? yang biasanya bir selalu lebih mahal dari coca-cola/fanta/sprite kaleng?

    dan anehnya waktu saya cek di lemari pendingin tempat kami ambil minuman tersebut, enggak ada label nama barang + harga untuk root beer yang diambil teman saya tadi. padahal minuman yang lainnya tertera dan ada harganya.

    benar-benar aneh..

  7. iya saya pernah juga punya pengalaman yang nga enak dan tau kalau diskon dicarefour itu aneh.
    waktu itu saya mengantar kakak saya beli sendal dicarefour seharga 50000,, seminggu kemudian saya pergi kecareforu kembaki dan tanpa sengaja saya lihat ada diskon besar2ran dan salah satunya sendal yang kakak saya beli. disitu tertulis harganya 100.000,, dan kemudian akan didiskon 50%. lah saya kaget orang baru minggu kemaren saya beli dengan tipe yang sama harganya 50.000 tanpa diskon,,???
    saran saya jangan tertipu dengan diskon yang disediakan, cek harga sebelum2nya.

  8. seperti itu gak hanya di carefour
    di ramayana juga, malah hny berjarak 3 langkah
    (langkah dinosaurus)

  9. Bukannya mau jelekin carefour nih…tapi emang carefour sudah terkenal begitu. Buat ibu-ibu yang belanja di carefour musti pegang catatan deh, kadang-kadang (eh..bukan kadang-kadang ding, emang biasanya sih..) harga yang di pajang sama yang di kasir itu beda…coba deh kalo gak percaya, belanja 10 barang aja di carefour trus dicatat samain waktu dihitung di kasir, dari kesepuluh itu ada berapa sih barang yang beda harganya… Berhubung saya wanita…gak lagi deh belanja di carefour kalo gak kepepet…., Lagian jarang-jarang kan..ada orang yang mau cocokin harga yang ditempel dengan dikasir. Apalagi belanjaannya banyak. (Cuma saya sama kakak ipar saya kali….he..he…) Hebat emang carefour..strategi penjualan yang T.O.P.

  10. setuju banget..yang bisa menjadi “musuh” swlayan gede adalah para ibu2. hidup ibu2..

  11. […] Lagi-lagi Carefour, semakin hari rasanya pelayanan hypermarket ini semakin payah ( kalo tidak mau disebut menyebalkan huhh..). Ternyata tidak sedikit temen2 yang pernah mengalami pelayanan buruk dari carefour baik sebagai pembeli atau penyalur. Lihat saya di kolom pengaduan koran nasional hampir tiap hari ada aza yang komplain tentang carefour. Setelah kemaren komplain dengan manajemen yang aneh di carefour, kali saya mengalami kekecewaan lagi tentang pembayaran. […]

  12. carepour namanya juga,….eh gayanya lagi store managernya , juga bagian dry food Mgr bergaya seperti pemilik,padahal kita juga tau lah gaji store manager ????!!!

    Biasa aja….Biasa!!! arogan memang bisa membuat diri menjadi di segani ” catan” kalo arogan plus tajir!! kal

  13. wah….kalian orang yang aneh …. itu khan mainan sana aja kl tau kaya gitu lebih baik belanja di pasar tradisional aja……….khan ga sah komplain sampe internet.n kl belom tau emang kemana aja lo……….

  14. @ komar memang lucu…

  15. G juga pernah ngalamin hal yg bikin eneg niy sama care4, jadi g pernah mo beli coolbox buat hadiah temen g, kebetulan di rak tinggal ada 1 coolbox (harganya sekitar Rp. 49.999.)trus g pergi ke kasir dey, tapi sampe dikasir, katanya brg tersebut gak ada di daftar harganya, trus gw bilang kalo di rak coolbox tsb ada harga yg tertera & produknya emang tinggal 1-1nya. Trus datang staf care4 *& minta maaf kalo collbox tsb emang gak dijual alias barang display.
    Gw tanya kenapa gak ada notenya klo itu brg display, tapi pihak care4 malah ngejelasinnya ngalor ngidul… so jadi males ke sana

  16. Ah Carefour … malas deh. Management nya emang aneh. Katanya mau bisnis tapi bikin Kartu Belanja aja lamanya minta ampun dan gak ada beritanya. Padahal apa sih yang kurang kalau semua persyaratan dah dilengkapi.

  17. Heran ya… indonesia… giliran mines aja… cepat banget gosipnya…??? gemana mau maju.. siapa tau mereka skg lg berebnah diri… klo mrk mau berbenah… mau g kembali ke carefour (sportif dong…)

  18. carefour itu memang indonesia banget deh ngerti banget situasi indonesia yang butuh barang murah, emang nggak gampang urusin manajemen segede itu pasti ada human erornya dan itu biasa.

  19. Eleh eleh,,,
    udah ngerasa diri anda sempurna ? Mendingan langsung komplain ato kirim kritik dan saran ke care4 aja, jadi kan mereka bisa instropeksi diri dan mungkin bisa memberi layanan plus kepada pelanggannya atas kejadian2 diatas tadi.
    Jangan cuma diomongin yg negatif aja, karena sama sekali tidak mudah untuk bisa memanage Supermarket sekelas Care4. Seandainya anda sudah bisa buat supermarket yg lebih besar dan lebih sempurna dari care4, boleh deh ngejelek2in care4😀
    peace ya, biar kita juga instropeksi diri, ga cuma ngomongin sisi negatif suatu perusahaan atau individu.

  20. tapi emang bener juga se. care4 yg perusahaan raksasa gt bisa ngelakuin cara curang kaya gt. bener2 da

  21. harap teman teman maklumin, Namanya kan Carrefour, dengan motto harga yang paling murah, so berarti cara dagangnya juga murahan dan kualitas BARANG MURAHAN JUGA. HAHAHAHA

  22. care4 memang mbelgedes, buat orang jadi kere karena ditipu, dibodohin. buat g klu ke care4 bukan untuk belanja tp untuk refreshing, jadi jangan sampe dimanfaatin ama care4 tp kita yang harus dapat memanfaatkan care4 gitu lhoooooo

  23. I love Care4 but bukan berarti olo bisa seenaknya bohongin orang. kan kasihan kite2 ini

  24. wahhh… gue br tau tuch ada kejadian2 spt itu di carrefour, krn carrefour br akan buka di bali (gue tinggal di bali) jd gue msh blm tau. tp bgs jg info2nya jd kita bs lebih teliti kl berbelanja di careefour (atau supermarket lainnya..). but ada baiknya kl kritik jgn disuarakan tanggung2. hidup krip(t)ik…!

  25. Gue mo komplaint neh ma Carepoor .. masak pas jam 21.45wib pas mo tutp .. harga roti yang tadinya Rp.5200/roti dijual jadi Rp.3500/roti … tapi pas jam 22 pas..lagi ngantri2nya di kasir..gw liat roti2 yang gak laku hari ini dibuang ke kantong sampah plastik .. gw kira bakal dibagiin ma karyawannya .. e … malah ditendang2 pake kaki kalo da roti yang jatuh ke lantai trus dimasukin ke kantong tersebut .. sayang banget kan … kalo gitu kan mendingan tadi dijual Gopek rupiah aja.. pasti laku … daripada dibuang2 gitu ..sayang banget…tapi temen gw yg pernah kerja disitu bilang kalo pihak manajemen tidak memperbolehkan makanan sisa yang tidak terjual hari itu tidak boleh dibagikan kpd karyawan setempat tetapi musti dibuang…peraturan yang anehhhh…!!

  26. HATI2 BELI BARANG DI CAREFOUR GOLDEN CITY SBY
    Tgl 2 Feb 07 saya belanja di care4 bawang putih 1 plastik kecil kira2 cm 1/2 kg. Krn belanja byk, struk tdk sempat dicek. Pas sempat saya lihat ternyata harganya di struk ditulis RP 118750,-. Saya coba adukan ke manajer care4 tp malah jwbannya tdk memuaskan. Hanya minta maaf tp tdk dpt ganti rugi.
    Tgl 17 Feb 07 saya belanja lagi. Kali ini beli tomat hny 1 kg. Sampai di kasir dimasukin dgn harga RP 115000,-. Saya coba adukan lg ke pihak manajemen. Katanya ada kesalahan di mesin penimbang.
    Masa care4 gara2 masalah timbangan sampai merugikan pelanggan???? Brp pelanggan lagi yg tertipu masalah timbangan oleh care4????? Benar2 tak becus.
    mungkin pihak manajemen dalam care4 ada p’sekongkolan. Saya curiga krn respon dr manajer care4 berbelit-belit dan seolah2 ditutup2i.
    HATI2 JIKA BELI BARANG TIMBANGAN DI CAREFOUR !!!!!!

  27. Saya mau kasih motto baru nih buat Care4. Mottonya ” SILAP SULAP “. Artinya : kalo ada konsumen yang komplain bilang aja SILAP trus minta maaf, tapi kalo gak ada yang komplain dibilang SULAP bisa ngibuli konsumen, selesaikan masalahnya. Jadi kalo ingat Care4 ingat SILAP SULAP. Maka anda gak bakalan tertipu.

  28. sebaiknya message ini diberikan kepada manajer Carefour, kalo enggak mah percuma aja, iya enggak?

  29. hitung-hitung ngak rugi lah, khan parkir gratis, jadi uang parkir di ambil dari air minum tadi jadi 250 perak buat parkir (asal tidak ambil seratus botol jadi tekor uang parkirnya)

    Kalau mengenai harga bisa lebih mahal/murah adalah bergantung dari supplier yang mensupply, oleh karena itu kita sebaiknya teliti dalam berbelanja.

  30. klo geto…ntar gw mo buka carethousand ah…dan gw singkirin yang namanya timbangan murahan…taktik murahan…dan segala yang murahan (termasuk pegawai murahan..he he)…
    tapi teteeeeeeeeep…harga c ambil yang murahan…
    cihuyy…
    hidup carethousand…:))

  31. sebenernya ghini…
    mis harga barang A Rp 20.000 didiskon 50% jadi Rp 10.000…
    trus harga barang B Rp 30.000 tanpa diskon…
    nah selisih harga barang A yang Rp 10.000 itu ternyata dipindahin ke barang B yang nggak ada diskon..jadi harga barang B bertambah jadi Rp 40.000…
    geto guys…
    jadi menurut gw lumayan juga sih taktik murahannya itu…bisa bikin pelanggan terkecoh…

  32. PERMOHONAN KARTU BELANJA CAREFOUR SAYA SELALU DITOLAK PADAHAL DATA SUDAH VALID , SAYA TDK TAHU KURANG NYA DIMANA KARENA ITU RAHASIA KATA CALL CENTRE NYA ….MENGGELIKAN SEKALI

    SAYA MENGAJUKAN DI CAREFOUR LEBAK BULUS RABU 28 MARET 2007 — DAN SUDAH HAMPIR 4 KALI SELALU DITOLAK HII IIIIII MENGGELIKAN

  33. cAREFOUR JGN JADI RAMPOK YAH

  34. he….dibali nich malah baru buka, jd males aje nich peginya,padahal sich pingin bgt tau carefour kayak ape,yg gue denger2 sich masalah harga lebih murahnya

  35. sabar coy..itu namanya trik-trik pemasaran..kalian semua uda tertipu ama yang namanya “harga psikologis” yang mana tujuan penerapan harga psikologis ini untuk memainkan perasaan seseorang bahwa harga lebih murah, padahal sama aja….untuk beberapa barang carefour emang murah, tapi beberapa lainnya malah lebih mahal daripada supermarket lainnya…
    saran saya, jgn melulu belanja di carefour, sekali-sekali belanja di supermarket lokal..biar semua usaha bisa idup…
    ingat guys, teliti sebelum membeli…

  36. Pengalaman ingin Berbelanja Carefour Cikokol Tangerang.
    Waktu saya ingin mencari suatu barang di Carefour,dengan langkah percaya diri saya masuk,tapi tiba2 saya di STOP oleh security Carefour, meminta saya utk menitipkan sweter yg saya pakai.padahal saya memakai sweter dengan memakai kaos (singlet) sebagai dalaman.saya coba jelaskan kalo sweter saya lepas saya hanya memakai singlet.tapi security itu tetap memaksa.dengan kesal saya keluar carefour.security carefour yg aneh?!belanja di suruh hanya memakai kaos singlet.Gila y?

  37. Kalo C4 dikomplain sih udah biasa banget, orang2nya ego dan tidak mengarah ke customer satisfaction dan cenderung kearah customer yang salah. Gitu kali ciri2 perusahaan Perancis

  38. Sebagai ibu2, gue jamin deh di care4 hanya 15% yang murah sisanya mahallllll. Apalagi kalo promo barang stok dikit, cuman strategi org mo dtg aja dg harapan beli item lain yang 85% tadi mahal

  39. KALAU DI BALI …PARKIRNYA BAYARRRR……NGGA GRATIS BRO!!!!!!!, MASALAHNYA KAN BARU DIBUKA, UDAH GITU BIKIN SEDIKIT MACET BYPASS SUNSET ROAD….. MAKLUMLAH….PERIZINANNYA GEMANA GITU LOAH………….TAPI DI SATU SISI BARANGNYA MURAH-MERIAH, YA MAKLUMLAH BARU DI BUKA. KARYAWANNYA PUN BARU,SAMPAI2 TUKANG PARKIRNYA KELABAKAN….

  40. Carrefour paling pas disebut penipu intelek dengan nama besar. Kalau saya pernah tertipu dan nggak enak banget. KIta juga nggak bisa ngapa-ngapain YLKI juga cuma bisa dengerin doang. Usulan nih kita meja hijaukan saja gimana. Biar ada respon yang positif. Dan biar semua bisa tau dan berhati-hati terhadap paserba carrefour dimanapun. Nama Besar tidak menjamin kejujuran dan kebenaran.
    YLKI mau mepasilitasi kita menggugat, ???……

  41. Yang penting, kita sebagai konsumen kudu tau apa yang mau dibeli & dengan harga berapa. Gw tau juga permainan harga di CF Surabaya yang kayak gitu. Maklumlah, orang jualan kan maunya untung. Bayangin CF jujur jual semua barang dengan harga murah, gimana dapet untungnya, hehe. Kalo perlindungan konsumen belum berfungsi, mending kita jadi SMART consumer aja, gimana?

  42. Memang saya juga merasakan hal yang hampir sama. Mungkin ada kesalahan dalam seleksi calon karyawan di carefour, sehingga rata-rata karayawan di carefour tidak profesional. Bahkan ada seorang kasir yang berani membentak seorang ibu-ibu gara-gara ditanya masalah discont yang tidak yang tidak dihitung. Bukannya mengakui kesalahan malah memarahi pembeli. Begitu parahkah manajemen di carefour ?????

  43. Sebetulnya harga barang di carefour tidak murah. Banyak harga barang yang jauh lebih murah di super market laen. Tapi saya juga heran mengapa masih banyak konsumen yang tertarik belanja di carefour. Jadi yah salah konsumen sendiri kenapa masih mau belanja di carefour ?

  44. Saya dan istri juga pernah mengalami kejadian yang menurut saya benar2 memperlihatkan carefour itu sama sekali tidak professional dan policy yang mereka terapkan tidak ada bedanya dengan tengkulak, salah satunya layanan Kartu Belanja Carefour (KBC), saat itu kami berniat menyelesaikan tagihan dan menutup kartu tersebut. setelah kami menghubungi CS untuk mendapatkan angka pasti tagihan yang harus dibayar dan kami sudah melunasi seluruh kewajiban kami sebagai pengguna kartu, ternyata setelah kami hitung2 kembali terjadi kelebihan pembayaran akibat kesalahan hitung oleh CS yang bersangkutan, kami kemudian menghubungi CS KBC (karena tidak ada inisiatif dari pihak carefour untuk menghubungi kami ) dan lebih hebatnya lagi policy carefour menerapkan biaya administrasi (kalau tidak salah sekitar 25%) dari kelebihan pembayaran yang kami lakukan. Tentu saja saya protes karena kesalahan bukan dipihak kami, apalagi sama sekali tidak ada itikad baik dari pihak carefour dan terkesan menyalahkan sistim IT mereka padahal pihak carefour bisa mengetahui apakah pengguna sudah bayar apa belum setiap bulan tetapi saat kita komplain kelebihan bayar kita tetap diminta struk pembayaran lewat ATM (aneh bukan???)
    Sampai saat ini pun tidak ada tanggapan dari pihak carefour sendiri atau terkesan cuek, yang ada hanya janji2 saja tanpa ada realisasinya. buat anda2 semua apalagi pengguna KBC lebih baik berhati2 dengan janji dan iming2 dari kartu itu sendiri.

  45. kalo gw bilang c4 puri indah bagus ga ad curang curangnya yang salah mungkin karyawan2nya yang sedikit ceroboh setiap manusiakan pasti ad kekurangannya,c4 purinya sih bagus, harga murah2,n parkirnya gratis, dulu gw pernah jadi karyawannya tapi c4 suka milih milih karyawan mentang mentang gw karyawan magang dibikin seenaknya gw dipecat dengan ada 4 saksi yang jelas! gw mau jelasin tapi asst manegernya ga mau denger,justru temen gw yang staff kasir yang kasusnya sama dengan gw malah ga dikeluarin,gw ga permasalahin temen gw itu gw permasalahin kebijaksanaan yang aneh mecat orang tanpa mau menghiraukan penjelasan orang, itu bukan gw aj semua anak magang diperlakukan seenaknya.lebih baik ga usah ad anak2 magang, ud digaji rp500000 doang kerja rodi lg!!! lgpula magang yang biasanya paling lama 5 bulan eh bisa sampai setahun keterlaluan! pokoknya yang ngelamar di c4 puri idah silakan kena perangkap….

  46. Saya beli kursi lipat di Carefour Yogyakarta, baru dipake 3 bulan udah pada jebol. Emang seih harganya murah, tapi barangnya MURAHAN…!!!!!! so… hati-hati deh. NYESELLLL..!!!!!

  47. Waduh…
    hari ini saya sangat dikecewakan dengan pelayanan Carefour.
    payah banget..
    Kejadiannya tadi sore di carefopur medan.
    Tadi sewaktu pembayaran di kasir, eh setelah melewati antrian kasir yang begitu panjang, setelah barang-barang saya dihitung kemudian saya tanya kepada kasirnya, “apakah bisa pakai credit card saya?”,kemudian kasirnya terdiam sebentar dan dengan tidak tanya-tanya dia menyita barang2 saya yang ada di troli, dan ntah didoring kemana trolinya beserta barang2 saya, padahal tidak dengan credit card kan saya bisa pakai uang cash, dan akhirnya dengan kesal, ya saya pergi saya tanpa tanya apa-apa..
    bener2 bikin kecewa saya ni pelayanan carefour..

  48. gw belanja ke carefour dapet voucher gratis 30rb katanya bsa dibelanjain barang apa aja gw langsung belanja senilai voucer tsb. masa pas dikasir katanya barang yang dibelanjain tdk bsa memakai voucer tsb jelas2 pas gw tanya di tempat voucer katanya bsa benar2 aneh ya terpaksa gw bayar pake uang gw……..

  49. sy belanja ke carrefour bekasi, dari brosur ada diskon saus beli 1 gratis 1. Pas saya cari gak ada barangnya. kata penjaganya stoknya habiss. lalu dibrosur yang sama ada diskon untuk sayap ayam. pas saya mau beli kasusnya sama . barangnya habiss….. aneh ya . dibrosur itu masih ada lagi diskon beli 1 gratis 1 dan diskon yang lain tapi saya sudah tidak tertarik lagi dengan trik/tipuannya….

  50. waduh..gw juga punya pengalam buruk soal belanja carrefour!!!gw ma temen beli lampu mirip lampu dari produk philips,karena hanya tuk digunakan dikamar mandi t4 kos kami, kami memilih untuk ga beli yang mahal, tapi yang murah dan bagus.Kebutan ketika lewat di salah satu rak yang khusus menjual lampu-lampu. Kami kemudian memutuskan untuk mengambil lampu yang memakai merek Carrefour. Ketika kami akan mencoba tidak ada satu petugaspun yang berjaga-jaga disana (lagi pada arisan kaleeee)jadi kami memcoba bolan itu sendiri…(oh ya harga bolam itu Rp.3.000 atau Rp.4.000)nah setelah dicoba bolam itu memang menyala dengan indahnya. Singkat cerita pulang dan terpasanglah lampu itu dikamar mandi, besok harinya,sore hari ketika akan mandi saya heran tiba2 lampu yang baru dibeli itu mati, saya mencoba keluar dan memeriksa saklar (takutnya ada temen yang suka negrjain)tapi ternyata engga. Saya dan teman saya kembali dengan membawa struk harga,dan mencoba untuk complain. Betapa terkejutnya kami ketika kami diterima oleh salah seorang penjaga di tempat kami mengambil lampu, dia mengatakan bahwa lampu yang kami beli tidak BERGARANSI…oke saya mengatakan ya tapi kami membeli barang yang bagus, dia mengatakan kalo mau bagus ya ambil barang yang bagus…sambil mencontohkan Philips. Saya mengatakan padanya lalu untuk apa menjual barang yang JELEK….dengan embel2 harga MURAH, kwalitas bagus….Karena merasa tidak puas dengan jawaban yang SEENAKNYA dari pentugas counter itu,saya meminta untuk bertemu dengan orang yang bertanggung jawab, maka saya dipertemukan dengan orang yang sudah saya lupa namanya karena GA PENTING!dia sebagai koordinator di area itu,ternyata saya mendapat jawaban yang sama,dan lebih parah lagi dia memVONIS dengan mengataka tidak dapat dikembalikan dengan mengatakan kesalahan dari saya sebagai pembeli memilih produk itu,dan kesalahan pemakaian…….!!!!!lkarena masih menurut salah seorang penjaga counter di bagian lampu itu, lampu yang saya beli tidak boleh dipakai dikamar mandi hanya khusu untuk kamar tidur???????(ANEHHHHHH!!)alasan yang tidak masuk akal dan menurut saya jawaban yang ASAL!!!!saya mengatakan padanya untuk jangan terburu-buru mengatakn TIDAK BISA, coba dikomunikasikan…dia mengatakan itu sudah aturan manajemn!!setelah saya desak dia mengatakan agar saya membeli lagi dan bukan wewenang dia untuk memutuskan.Karena merasa tidak puas dan saya katakan agar CARREFOUR JANGAN MENJUAL BARANG MURAH DAN JELEK dengan memakai nama CARREFOUR agar laku,dan tindakan mereka menjual barang sekali pake mati sama saja merugikan konsumen!!!saya diminta untuk bertemu dengan Castumer Care yang biasanya berada dekat dengan tempat penitipan barang. Setelah saya bertemu dan menjelaskan, maka tidak sampe 10 menit. koordinator yang tadi mengatakan tidak bisa bertemu saya dan mempersihlahkan kepada saya untuk mengambil lagi barang lampu dengan merek yang sama….dan selesai masalah ini.Saya katakn ini sebagai pelajaran bagi Manajemen Carrefour dan juga SDM dari Carrefour agar tidak asal menjawab dan memberikan keterang yang jelas dan tidak berbelit-belit dan jangan hanya mengejar keuntungan semata tanpa memikirkan kenyamana dan kelayakan dari barang yang akan dipasok ke Carrefour. Semua ini demi nama baik dari Carrefour sendiri dan juga kepuasan dalam berbelanja.Semoga pengalaman saya ini menjadi pelajaran berharga. Pengalaman ini saya alamai di Carrefour Yogyakarta

  51. Lihat ramenya komen ttg carrefour (CF), jadi pingin komen juga nih.
    Kejadiannya di CF Goci Surabaya. Bukan soal selisih harga, melainkan promosi CF yg cenderung membodohi publik. Saya sendiri bukan tipe yg belanja krn lagi ada diskon. Krn sekarang ini berkembang berbagai model diskon, yg ujung2nya tdk signifikan bagi konsumen. Kalo saya butuh ya saya belanja, mo diskon mo engga. Jalur mana yg saya lewati, di situ pula saya belanja.
    Kebetulan sebelumnya saya baca koran, CF diskon 10% all items, berupa voucher utk pembelanjaan berikutnya. Di sepanjang jalan yg saya lalui juga terpampang baliho2 besar, CF diskon 10% all items. Krn lagi perlu belanja, mampirlah saya ke CF yg kebetulan emang dekat dg kantor.
    Ternyata setelah ditotal, diskonnya jauh dari 10% (maksudnya kurang). Setelah saya tanyakan, ternyata ada syarat & ketentuan berlaku. Biasa… yg ini saya maklum. Setelah saya tanya produk mana yg gak didiskon, jawabnya susu balita. Padahal susu yg saya beli bukan lagi susu balita, bukan pula susu low fat. Sampai sini petugasnya mulai “glageb-glageb” ga bisa jawab. Makin saya tanya kenapa di media & di mana2 ditulis all items kalo nyatanya tidak all items, petugasnya makin ga bisa jawab. “Gak tau, saya cuma kasir…” . Poor staff… padahal justru krn dia kasir itu, seharusnya dibekali knowledge yg cukup ttg program promo yg sdg berlaku. Kalo di service, kasir itu kan front liner. Totalan selisih dia kena TGR, pelanggan komplain dia juga yg kena marahnya.
    Karena saya bukan orang yg diskon mania, saya cuma bisa belajar satu hal: Iklan ato promosi apapun yg cenderung membodohi publik, pada akhirnya akan kontra produktif thd kinerja perusahaan. Nyatanya saya sekarang menjadikan CF sbg pilihan terakhir tempat belanja meskipun tempatnya dekat dg kantor. Gak suka saya dg cara promosi CF yg melecehkan publik.

  52. […] Manajemen Aneh Carefour […]


Leave a Reply

Categories

