Posted by: jsofian | November 5, 2006

Institut Manajemen Rumah Sakit (IMRS) Lahir


imrs.JPG

Akhirnya Institut Manajemen Rumah Sakit PERSI yang beberapa bulan lalu masih menjadi embrio sekarang sudah bermetamorfosa menjadi janin, yang siap di lahirkan secara resmi pada saat Hospital Expo berlangsung ( November 2006) di Jakarta Convention Center ( JCC).

Lega rasanya..jerih payah selama hampir 3 bulan ini akhirnya membuahkan hasil. Lahirnya IMRS PERSI ini tidak terlepas dari peranan Riri Satria sebagai nara sumber dan advisor dari Okta Education Center yang banyak mencentuskan ide-ide brilian seputar program dan mekanisme kerja IMRS. Selain itu adadr Robert IS, dr Soebaryo, dan dr Boediarso sebagai pimpinan Okta Education Center dan Pembina PERSI yang banyak memberikan dorongan moril dan materil demi terwujudnya IMRS.

IMRS sesungguhnya LP3 dari PERSI yang keberadaannya belum dirasakan secara maksimal selama ini., Diharapkan dengan hadirnya IMRS, peranan PERSI sebagai pusat pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi dapat semakin nyata dan berperan dalam perumahsakitan di Indonesia. Dalam surat sambutannyaDr Adib Yahya, MARS sebagai ketua PERSI saat ini menegaskan bahwa keberadaan IMRS bertujuan untuk memberikan layanan pendidikan dan pelatihan manajemen RS kepada berbagai pihak yang membutuhkan sebagai respons menghadapi perkembangan globalisasi. manajemen rumah sakit menjadi kata kunci yang penting. Rumah sakit sudah sejatinya dikelola dengan menggunakan berbagai konsep manajemen mutakhir. Dengan demikian, kompetensi mengenai manajemen, yang secara klasik dianggap di luar rumpun ilmu-ilmu kedokteran, sekarang sudah sangat dibutuhkan dan tidak lagi dapat dipisahkan dengan praktik keseharian pengelolaan rumah sakit.b

VISI 2010
Institut Manajemen Rumah Sakit PERSI menjadi pusat rujukan utama pendidikan, pelatihan dan konsultansi manajemen rumah sakit yang praktikal di Indonesia.

MISI
Institut Manajemen Rumah Sakit PERSI memberikan jasa layanan pendidikan, pelatihan, dan konsultansi manajemen rumah sakit yang praktikal dan tepat guna di Indonesia.

JASA LAYANAN IMRS

  1. Pendidikan singkat (1-2 minggu) di bidang manajemen rumah sakit yang terintegrasi dan praktikal.
  2. Pelatihan topik-topik khusus dalam manajemen rumah sakit (2 hari) untuk publik, mulai dari topik manajemen dasar sampai lanjutan. Silakan lihat daftar topik dan jadwal kami.
  3. Pelatihan pesanan khusus (inhouse training) yang kami rancang khusus sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelatihan ini akan didahului dengan training needs analysis oleh konsultan kami.

IMRS berkomitmen untuk menjaga mutu pendidikan dan pelatihan yang diberikandalam bentuk metode yang tidak hanya dengan cara mendengarkan ceramah semata (one-way lecturing), melainkan berbentuk workshop di mana peserta berlatih berhadapan dengan berbagai kasus dan persoalan manajemen untuk dipecahkan bersama dalam bentuk diskusi kelompok, simulasi, dan sebagainya. Pemandu atau fasilitator pendidikan dan pelatihan kami merupakan gabungan antara pakar rumah sakit dengan latar belakang profesi kedokteran dan kesehatan lainnya, serta pakar manajemen dengan latar belakang profesi ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Kombinasi ini akan menghasilkan sinergi yang unik dan bernilai tinggi.Topik dan materi yang kami berikan tidak sarat dengan muatan teori yang susah untuk dipahami, melainkan lebih menekankan kepada aspek praktikal terhadap kebutuhan manajemen rumah sakit sehari-hari di Indonesia.

1.Manajemen stratejik untuk rumah sakit.

2. Balanced scorecard untuk rumah sakit.

3.Service excellent untuk rumah sakit.

4.Manajemen pemasaran rumah sakit.

5.Manajemen SDM rumah sakit.

6.Sistem akuntansi untuk rumah sakit.

7.Manajemen kehumasan rumah sakit.

8.Analisis laporan keuangan.

9.Manajemen inventori dan logistik rumah sakit.

10.Leadership.

11.Etika dan aspek hukumdi rumah sakit.

12.E-Hospital management dan sistem informasi.

13.Manajemen administrasi dan kearsipan rumah sakit.

14.Manajemen Keperawatan.

15.Manajemen Ruang Rawat

16.Training of the Trainers untuk Pelayanan Prima.

17. Membangun Budaya Organisasi Rumah Sakit

Bagaimana dengan ketersedian fasilitator ? IMRS memiliki Fasilitator yang handal dan memiliki kompetensi yang tidak diragukan lagi di bidangnya. Fasitator IMRS diantaranya adalah: Prof Achiryani Hamid, DNSc., Prof Elly Nurahmah, PhD, DR Rokiah Kusumapradja, MHA, DR Faiq Bahfen, SH, MH., Dr. Adib A. Yahya, MARS., Dr. Samsi Jacobalis, SpB., Sumiyatun, SKp, MARS, Kemala Rita, SKp, MARS, Rita Sekarsari, SKp, MHNH, Dr. Robert Imam Suteja., Ir. Alvin Soleh, Dr. Nico A. Lumenta, MM., Dr. A. W. Budiarso, SKM, MBA., DR. Dr. Ingerani, SKM., Riri Satria, S.Kom, MM, ACP., Idrianita Anis, SE, Ak, M.Kom., Jonathan Sofian Lusa,SE, Ir. Emanuel Setio Dewo,MM., dan Prasetiya Brata,SE,MM

Terima kasih untuk semua pihak yang membantu untuk terwujudnya IMRS. Semoga IMRS dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk kemajuan perumahsakitan di Indonesia.

BRAVO..IMRS


Responses

  1. […] Kalau ingin tahu jawabannya, silakan ikut seminar “Blue Ocean Strategy Untuk Rumah Sakit Modern” yang diselenggarakan oleh IMRS PERSI di JCC (Jakarta Convention Center) pada tanggal 20 November 2006. Pasti sagat menarik. Pembicara dan moderatornya adalah: Dr Samsi Jacobalis, SpB; Sukono Soebakti, Phd; dan dimoderatori oleh Riri Satria, MM, ACP. […]

  2. saya Dr. Sugma AP, MARS, usia 29 tahun. saya sangat tertarik dengan IMRS ini. apakah saya bisa bergabung di sana? saat ini saya bekerja di sebuah RS swasta di Jakarta. apakah bisa sebagai free lancer?

  3. Terima kasih Dr Sugma AP,MARS atas ketertarikan dengan IMRS. Pada dasarnya kami welcome menerima praktisi medis sebagai tutor. Silakan kirim CV anda ke sofian@okta-education.com. Trims

  4. Saya ingin ikut kursus bagaimana caranya, daftar kemana ? biaya baerapa?

  5. Trims Dr Zainal, mohon email ke sofian@okta-education.com. Nanti saya akan hubungi dokter. trims

  6. bgamana menjadi seorang perawat yg baik di rumah sakit saiful anwar malang sedangkan dengan peralatan yg memadai seperti saat ini tlg dijelaskan

  7. Sdr/i Digar-digur, ikuti saja program pendidikan manajemen keperawatan. Hubungi sdri Rika untuk lelbih lanjut di 021.53677982

  8. Saya tertarik dengan IMRS ini, Saya ingin info lebih lanjut mengenai juga mengenai biayanya….

  9. Saya sangat tertarik dengan program pendidikan sigkat di bidang manajemen rumah sakit. Saya ingin sekali mengetahui lebih lanjut tentang program tersebut baik fasilitas, kepesertaan, maupun biayanya. Terima kasih.

  10. Terima kasih atas atensinya. Hubungi Bu Rika untuk lelbih lanjut di 021.53677982

  11. saya memang sedang mencari program seperti ini, bisa tahu tempat pelaksanaannya? atau bisa tolong di email ke saya mengenai brochure nya?
    terima kasih

  12. @ Hi Drg Joyce, tempat pelaksanaan IMRS ada beberapa pilihan yang pertama di PERSI ( artha gading), Kebon Jeruk, dan di Hotel. saya akan email segera ttg brosur IMRS. trims

  13. Hello,saya pengurus IDI JAKARTA BARAT,dr. Enrico A. Rinaldi,bisakah saya ikut untuk pelatihan ini? Apakah langsung menuju ke Kebon Jeruh Indah saja?

    Thanks

  14. Mohon info schedule training/workshop untuk dokter dan perawat untuk tahun 2007.

  15. saya mahasisawa,ingin mendapatkan data mengenai solusi pengobatan dan penangganan pasien observasi,suspect dan forbable flu burung.demikian,saya ucapkan terimakasih

  16. Selamat berkarya IMRS
    Dimana alamat sekretariat dan nomor tilpon atau fax untuk menghubungi?
    Terima kasih atas informasi yang diberikan

  17. saya membutuhkan informasi mengenai manajemen laboratorium medis dan manajemen pelayanan laboratorium medis, apakah IMRS dapat membantu? (yang saya butuhkan ialah segala teori dan juga sisi praktis untuk 2 hal tersebut) Apakah ada literatur yang dianjurkan untuk dibaca? terimakasih sebelumnya

  18. saya dr.Irawan, saya mau tanya, setelah lulus IMRS gelarnya apa? atau cuma dapat sertifikat aja? terima kasih atas jawabannya.

  19. Saya membutuhkan informasi pelatihan tentang implementasi Balanced Scorecard di rumah sakit. Terima kasih atas bantuannya.

  20. Saya sangat tertarik mengikuti dan memang sedang mencari program seperti ini. Saya ingin sekali lebih tau info selanjutnya, mengenai pendaftaran, kepesertaan, tempat dan biaya. Apakah brosur nya bisa di email ke saya? Terimakasih sebelumnya.

  21. Mohon info schedule training/workshop mengenai manajemen rumah sakit tahun 2007. Terima kasih sebelumnya.

  22. Mohon informasi schedule training buat perawat selama tahun 2007.Tx sebelumnya

  23. saya ingin mendapat informasi mengenai pelatihan manajemen yang sudah di programkan untuk tahun 2007.tks

    dr. nani H widodo
    RSAB Harapan Kita
    jend. S. Parman no.87, Jakarta
    telp.021-5668284, fax: 021-5601816

  24. saya salah seorang direktur rs di kabupaten. saya ingin meminta informasi tentang sdm perawat di rumah sakit. demi pengembangan rs yg saya pimpin.

  25. saya seorang perawat. saya tertarik untuk mengikuti pelatihan tentang keperawatan bedah. dimana saya bisa ikut pelatihan dan bagaimana masalah biaya pelatihan?

  26. @dr ricky alzamora @ Pak Azwir
    trims buat komentarnya, di IMRS salah satu materi yang menjadi fokus kami adalah masalah keperawatan di RS. Kami membagi menjadi bentuk program pendidikan (7hari) dan pelatihan (2hari) yang dengan tutor salah satunya adalah DR Rokiah Kusumapraja MHA. Jika dokter dan pak Azwir tidak berkeberatan mohon mengirimkan datanya ke sofian@sisfokampus.net untuk difollow up lebih detail termasuk masalah jadwal, biaya, dan administrasinya. trims.

  27. saya sedang melakukan penelitian berkaitan dengan risiko klinis di Instalasi Gawat Darurat RS.Mohon kiranya informasi bila IMRS mempunyai tinjauan pustaka/artikel yang bisa membantu penelitian saya. Trims sebelumnya

  28. Apakah IMRS juga menggunakan metoda online information system ( yang terintegrasi ), dan Apakah di dalam IMRS sendiri juga sudah ada system yang digunakan sebagai alat training untuk empower Rumah Sakit ? Ingin juga saya diskusi dengan hal seperti ini, sehingga jika belum ada kami bisa bantu.

  29. @dr Ferry
    untuk referensi dan pustaka, silakan hubungi PERSI saja. trims

    @Eko
    Belum punya pak, tetapi dalam perkembangan ke depan jelas kami membutuhkan sistem tersebut

  30. kapan dilaksanakan traimieng atu seminar untuk E-Hospital management dan sistem informasi.
    kami sngat berminat

  31. WAH IKUTAN GABUNG DONK

  32. saya dr. abdillah hasbi, sp.tht dari RS Menteng Mitra Afia (MMA) Jakarta, apakah IMRS menyediakan tim yang dapat bertindak selaku konsultan? RS MMa sedang mengadakan program perbaikan manajemen RS dan sedang membutuhkan konsultan. TKS

  33. @dr Maft. Hasyim
    Kami akan mengirimkan jadwal kepada Anda.

    @Suka A
    Trims

    @ dr Abadillah
    Trims, atas komentarnya. IMRS memiliki Tim Profesiona sebagai tim konsultan untuk Manajemen RS. Kami akan hubungi RS MMA

  34. Selamat Pagi..
    boleh ikutan konsul pak?
    saya mau tanya, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendirikan rumah sakit?

  35. kapan dan dimana tempat pelatihannya pak?
    serta apa saja persyaratannya?

  36. saya ingin ikutan belajar di IMRS, gimana caranya donk. Sekarang saya lagi tugas di kota Bontang. Trims

  37. @ Gatot
    Trims atas kunjungannya., utk dikirimi jadwal tahuanan silakan klik https://jsofian.files.wordpress.com/2007/03/jadwal-imrs-persi-2007.jpg .Tidak ada persyaratan, silakan daftar dan ikuti.

    Untuk topil pendirian RS, sedang dipersiapkan oleh para pakar, ditunggu saja.

    @ Maena
    Mudah saja, hubungi sekretariat IMRS PERSI dengan sdri Rika Susanti (021.53677981), trims

  38. saya ingin mengetahui apakah program ini sama dengan mars ui, atau mmr ugm, tanks ya

  39. @donny
    Trims sudah berkunjung, berbeda Pak. IMRS didasarkan pada kompetensi terutama bagi praktisi medis yang terjun di dunia manajemen RS. Materi yang diberikan bersifat praktis yang terjadi di RS sehingga dapat menunjung profesi. IMRS ini lahir justru melihat bhw masih ada gap yang besar antara akademik dengan realitanya. salam


Categories