Posted by: jsofian | November 21, 2006

Dibalik Suksesnya Seminar Blue Ocean Strategy.


riri-satria-n-sofian.JPG

Lega rasanya setelah seminar yang dipersiapkan dengan super minim akhirnya bisa terlaksana. Thank God… kata yang pertama saya ucapkan setelah bubaran seminar. Rasa syukur yang mendalam sudah seharusnya saya panjatkan mengingat persiapan seminar yang super minim. Minim waktu, minim tenaga, minim perhatian dan minim biaya.

Untunglah mitra kerja dalam penyelenggaraan seminar ini seorang yang super besar. Besar kompetensi, besar spirit, besar tenaga, dan kebetulan besar juga postur tubuhnya🙂 . Dia adalah dosen sekaligus mitra kerja saya yaitu Pak Riri Satria. Tanpa beliau diduga keras seminar ini tidak mungkin akan terselenggara. Berkat kepiawaian beliau semua pekerjaan tersusun dengan rapi, terarah, dan mencapai target. Mulai dari pembagian kerja, pembuatan konsep seminar, pemilihan topik, pencarian nara sumber, perancangan brosur, pencarian buku, negosiasi dengan narasumber, sampai urusan gotong mengotong bahan seminar dan persiapan ruangan oopp…satu lagi beliau juga sekaligus sebagai moderator. Pokoknya saya sudah bernazar kalo ada ajang “Moderator Award”, saya beserta keluarga dan handai taulan pasti mencalonkan beliau.

Semua persiapan diatas dikerjakan kami berdua dan didukung oleh Rika Susanti sebagai seksi marketing, Yossi di bagian konsumsi, dan Emi dibagian adminstrasi. Thanks ladies.. for being part of a great team 🙂

Setelah acara seminar berakhir, kami sempat mengevaluasi diri ternyata ada satu hal yang kami aminkan berdua yaitu kami tidak ”segesit” dulu lagi dalam hal pengurusan adminstrasi dan operasional yang membutuhkan pernak pernik secara detail. Bayangkan saja saya sudah lama sekali tidak berurusan dengan urusan administratif apalagi sekelas pak Riri yang sudah melalangbuana di dunia konsultan dan akademisi. Biasanya hanya bermodalkan telunjuk alias tunjuk seseorang yang melaksanakan ( bosy banget sihhh….) 🙂 🙂

Saya merasa sedikit bersalah karena 3 hari menjelang hari H tanggal 20 November 2006, saya harus ke Bali sehubungan dengan adanya BOD meeting yang membahas Business Plan PT Qnap & Smart. Jadi relatif pa Riri yang berfungsi sebagai single fighter. You are great Sir..

Beberapa pelajaran kecil yang berharga yang saya dapatkan selama persiapan seminar BOS:

1. Apapun yang kita kerjakan sekalipun itu perkara kecil, persiapkan dengan sepenuh hati dan sesungguh-sungguh. Pastikan segala sesuatu dalam status OKE dengan mata kepala sendiri. Sebenarnya prinsip ini sudah diketahui dari sejak jaman dahulu kala sih..tetapi berhubung banyak perkara yang harus dihadapi dalam waktu yang bersamaan terpaksa sistem prioritas yang berlaku.

2. Jangan mengandalkan orang lain untuk sesuatu yang krusial apalagi yang menentukan keberhasilan sesuatu acara. Bayangkan saja 30 menit menjelang show, infocus yang menjadi benda keramat selama seminar bisa terlupakan. Syukurlah..Tuhan menolong tepat pada waktunya. Tidak tanggung-tanggung 2 unit infocus tersedia selama seminar. Thanks God for sending Sodiq dan Aji.

3. Koordinasi dan komunikasi berulang2 kali karena kedua faktor ini menjadi sangat penting apalagi tidak setiap hari kita bisa bertemu. Thanks for HP and GSM provider.

4. Berdoa dan tetap tenang supaya pikiran tetap jernih dalam mengambil keputusan.

Semoga next seminar kita tampil lebih baik lagi.


Responses

  1. Puji Tuhan semuanya berlangsung dengan baik.
    Semoga sukses selalu.

    Salam.

  2. Seneng rasanya nama lengkapku ada di blogs ini

    Pasti seneng akhirnya berhasil terselenggara acara BOS dengan baik padahal waktunya hanya 2 minggu dari distribusi hingga terlaksana

    Semoga pelajaran2 kecil yang didapat bisa dipakai ga cuma di pamer di blog ini hehe….

    peace…

  3. Pak tolong bantu saya bagai mana cara mempersiapkan seminar apa saja yang dibutuhkan,pengaturan waktu yang tepat (alokasinnya) email:ptr.pasca@gmail.com

  4. @Pa Petrus
    YM aza deh jonathansofian@yahoo.com


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: