Posted by: jsofian | December 25, 2006

Best Practice Dalam Implementasi Balanced Score Card


Anthusias untuk mengetahui dan mempelajari balanced scorecard ternyata semakin tinggi dari waktu ke waktu. Hampir setiap hari, ada email yang masuk untuk minta artikel Balanced Scorecard dari mahasiswa, dosen, konsultan, direktur perusahaan, manager, sampai karyawan. Senang rasanya dapat berbagi pengetahuan, ilmu, ide, dan pengalaman sesuai dengan tag dari blog ini 🙂

Menurut saya, metode yang paling praktis untuk menerapkan balanced scorecard adalah dengan belajar dari best practice yang ada., minimal dapat dijadikan referensi yang membumi dibandingkan harus merancang tanpa memiliki template yang jelas.

Karena keterbatasan waktu terutama keterbatasan internet kalo berada diluar kantor apalagi luar Jakarta. Maka saya dedikasikan dalam blog ini artikel best practice penerapan balanced scorecard sesuai dengan bidang/industri yang diminati. Artikel akan di upload dan diupdate berkala. Semoga bermanfaat…cara download tinggal klik di setiap link


Responses

  1. Yth. Bpk Jonatan
    Kami orang awam tentang BSC, untuk itu agar kami bisa belajar cepat dan memahami, karena kami sangat tertarik dan kalau bisa kami diberikan contoh suatu BSC perusahan di indonesia agar kami dapat mempelajari. Kemudian bagai mana dg menentukan EVAnya agar kami bisa mengkaitkan antara BSC dan EVA.

  2. Yth. Bpk Jonatan

    Kami sekarang sedang mempelajari BSC bersama teman-teman di temapat kerja. Bisakah Bpk mengirimkan artikel Balanced Scorecard berserta implementasinya di perguruan tinggi.
    Atas bantuannya diucapkan terima kasih.

  3. Yth. Bapak Jonatan

    Di universitas, saya sedang membuat daftar indikator yang akan terus dipantau pencapaian targetnya. Kemudian saya pun harus memberikan penilaian terhadap rektorat, dekanat, jurusan, departemen, bagian berdasarkan pencapaian target. Oleh karena itu saya harus menyusun pembobotan untuk tiap indikator yang ditetapkan bagi masing-masing departemen sehingga akhirnya diperoleh skor penilaian. Apakah Bapak memiliki contoh untuk saya bisa menentukan bobot dan penilaian tersebut? Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.

  4. BPKP telah mengimplementasikan BSC pada beberapa BUMN/D dalam rangka membantu BUMN/D untuk meningkatkan kinerjanya, dan memberikan asistensi pengembangan KPI (Key Performance Indicators) untuk memenuhi kontrak manajemen BUMN/D dengan Meneg BUMN. Indikator Kinerja pada level korporat perlu dijabarkan lebih lanjut (cascading) ke level-level di bawahnya bahkan sampai level individu, sehingga diperoleh suatu ukuran yang komprehensif yang mendukung pengukuran ketepatan implementasi strategi perusahaan dalam meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.
    Pembobotan pada masing-masing departemen (SBU) dapat menggunakan beberapa dasar seperti besarnya aset, pendapatan, aktivitas, anggaran atau dasar lain yang disepakati. Pemakaian dasar pembobotan ini dilakukan melalui kesepakatan antara direksi dengan para kepala cabang dan kepala fungsi di kantor pusat. Dalam pelaksanaannya, biasanya penentuan bobot ini merupakan hal yang cukup sulit karena akan digunakan untuk mencerminkan kontribusi masing-masing pihak.

  5. @Pak Bambang
    Contoh penerapan BSC di Indoensia sdh banyak pak, di buku pak mulyadi banyak diberikan contoh ttg penerpan BSC di Ind.salam

    @Bu Etty @ Bu Santy
    Sy kirimkan BCS untuk universitas, semoga bermanfaat

    @Pak Fatdjeri
    Komen dikit pak, memang penerapan BSC di BUMN menjadi trend sebagai penilaian kinerja. Namun sayang, biasanya pada akhir tahun terjadi penghijauan “reboisasi” terhadap indicator dan objektif yg dicapai, supaya terkesan baik.

  6. Yth Bp Jonatan,

    Saya seorang karyawan dan juga mahasiswa MM yang tertarik mengenai penerapan konsep BSC pada persh asuransi kerugian, apakah bapak mempunyai kasus penerapan BSC pada bidang tsb.Terima kasih atas bantuan dan perhatian nya.

  7. Pak, saya mencoba menerapkan BSC org publik. Dalam pemahaman saya, indikator kinerja dlm org. publik adalah job description (jd) masing-masing unit/bagian. Muncul masalah ketika operasionalisasi jd untuk menjadi ukuran kinerja dan penskoran. Apakah ada teori-teori membuat skornya dalm BSC? Kalau berkenan mohon berkomunikasi per email pak?

  8. saya seorang PNS yang sekaligus mahasiswa yang ingin membuat skripsi dengan menggunakan konsep BSC, pertanyaan saya, apakah harus perusahaan yang profit oriented yang bisa diterapkan kosep BSC? kemudian apakah ada rumus utama / rumus perhitungan matematis BSC, berhubung skripsi saya adalah skripsi keuangan yang harus ada rumusnya.
    mohon bisa dibalas via email
    terimakasih banyak atas bantuannya.

  9. 9.tolong dunk saya susah banget nyari makalah tentang BSC bisa tolongin g????????????????

  10. saya seorang mahasiswa yang ingin mengambil topik tugas akhir tentang pengukuran kinerja. kalau boleh tahu, metode pengukuran kinerja itu ada apa saja sih? metode manakah yang terbaik? untuk di perusahaan asuransi jiwa paling cocok metode yang mana? sebelumnya terima kasih atas jawabannya

  11. mas bs minta kirimin bahan BSC gak?

  12. NOHON KIRIM JAWABAN WJAYA – MARET 12,2007, THANK’S

  13. Selamat siang Bpk Jonathan,
    Saya adalah staff dari salah satu perusahaan BUMN, dalam waktu dekat perusahaan kami akan menerapkan konsep BSC,mohon bantuan saran & masukan dari Bpk Jonathan mengenai langkah-langkah penerapan BSC utk perusahaan yg baru memulai konsep BSC, khususnya utk di BUMN. Kemudian mohon masukan saran dari Bpk mengenai pemanfaatan tekhnologi informasi dalam penerapan BSC di perusahaan yg baru akan memulai konsep BSC, apakah sifatnya sophisticated atau disesuaikan degan kebutuhan konsep BSC yg telah disusun?
    Demikian, terima kasih sebelumnya atas bantuannya,

  14. @ Ibu Niken
    maaf telat reply nya untuk BSC di insurance saya belum ada, tapi saya kirim artikel executing strategy in financial service industry via japri.

    @ Pak andrianto
    Teori pembuatan skor setahu saya tidak ada, yang ada best practice dari strategic objective di masing2 industry…saya krm via japri yah

    @ Pak adeep
    silakan buka emailnya.

  15. @ tio
    Artikel dan buku BSC sudah banyak banget..Anda belum mencari kali🙂 ?

    @ Wijaya
    Metode pengukuran kalo ditinjau dari BSC, pengukuran secara keuangan (konvensional) dan non Keuangan. Sebenarnya pengukuran kinerja secara kongkret terletak pada penyusunan Key Performance Indicator yang spesific dengan industry masing2. Tidak ada metode yang terbaik menurut saya, maka BSC trus diperbaharui untuk menyempurkan edisi sebelumnya.

    @ Winarto
    artikel BSC bagian apanya mas..kalo pendahuluan baca blog ini deh atao beli bukunya.

  16. @ dewi rina
    sudah dijawab

    @ Bu Ika
    Selamat siang juga bu Ika, pertanyaan yang diajukan bisa dijadikan seminar 2 hari nih.. saya kirim artikel penerapan BSC di BUMN aza. untuk software BSC, sampai saat ini mungkin ada sekitar puluhan software BSC yang dijual termasuk yang dikembangkan di Ind. Intinya, penerapan BSC HARUS menggunakn software karena hampir mustahil perusahaan bisa konsisten untuk mengupdate dan membuat output secara cepat, tepat, dan akurat. Pemilihan software tergantung kebutuhan canggih buat tentu feasible, murah juga belum tentu jelek. Cara yang terbaik adalah buat pilot project dgn menggunakan software BSC ttt dan cek output yang dihasilkan.

  17. saya seorang mahasiswa di suatu perguruan tinggi swasta di jogja, saya bisa minta tolong ngak?
    1.apa saja syarat-syarat BSC?
    mungkinitu saja pertanyaan saya.saya minta tolong ya.terima kasih

  18. Saya mahasiswa di Jakarta yang sedang melakukan penelitian ttg BSC. Saya ingin tahu,
    1. Apakah bisa BSC diterapkan pada level tertentu dalam perusahaan (mis: Departemen Maintenance) saja? Bagaimana penurunan strateginya dari visi & misi perusahaan (Dept.nya tidak memiliki visi & misi sendiri)?
    2. Untuk perspektif finansial, apakah bisa jika tidak digunakan pengukuran-pengukuran rasio (spt: ROI, EVA, dsb.)?
    3. Apakah bapak punya contoh bahan BSC untuk Departemen Maintenance dari sebuah perusahaan jasa penyewaan infrastruktur?
    Sekian saja. Mohon bantuannya.
    Terima kasih banyak.

  19. Saya mahasiswa di Padang yang sedang melakukan penelitian tentang BSC di perbankan. Tapi sampai saat ini saya kesulitan mencari literatur yang sesuai. Bapak bisa bantu?

  20. Saya mahasiswa di Padang yang sedang melakukan penelitian tentang BSC di perbankan. Tapi sampai saat ini saya kesulitan mencari literatur yang sesuai. Bapak bisa bantu?

  21. Selamat siang Pak Jonathan,

    Pada awalnya saya skeptis dengan BSC. Tapi, setelah saya melihat bagaimana pemerintah Singapore menggunakan BSC, saya baru yakin dengan kehandalan tools ini. Sebab, kalau organizasi publik saja bisa meningkatkan performance-nya dengan BSC, pasti organisasi bisnis bisa lebih baik lagi.

    Apakah Pak Jonthan punya contoh sukses gimana implementasi BSC di organisasi publik di Indonesia? Sebab, birokrasi Singapore dengan Indonesia agak berbeda secara kultur. Kalau birokrasi kita ‘kan dilahirkan dari kultur kerajaan, dimana publik melayani para birokrat. Walaupun saya yakin dengan kehandalan BSC, namun kalau sudah terbentur dengan budaya organisasi birokrasi, apa iya bisa meningkatkan kinerjanya? Apa perlu di-combine dengan tools lainnya?

    Terima kasih.

  22. @jimmi
    TIdak ada persyaratan khusus untuk penerapan BSC. Yng diperlukan adalah formulasikan ada yang ada diperusahaan sesuai dengan framework BSC.
    @anca
    1. Semua level bisa menerapkan BSC yang biasanya dibagi dalalm corporate scorecard, division scorecard, bahkan personal scorecard. Visi dan misi depert. tentu saja align dengan corporate visi n mission, hanya dijabarkan lebih dispesifik.
    2. Financial perspektif adalah perspektif dari hasil persepektif lainnya, shg Financial Perpektif tidak memiliki initiative strategi. Lazimnya memang menggunakan rasio keuangan.
    3. maaf, tidak punya

  23. @ anggi @ tasya
    silakan dibuka emailnya.

    @novel
    Slm siang juga, maaf sy tidak punya. Untuk di setiap negara, memang memiliki karateristik tersendiri dalam penyusunan BSC. Idelanya, memang diperlukan kerja keras dan komitmen yang tinggi untuk dapat menerapkan BSC dan dirasakan manfaatnya.

  24. Yth. Bp Jonathan
    Saya Mahasiswa smstr akhir
    ingin melakukan riset ttg Balanced Scorecard sbg tugas akhir saya
    saya minta bantuan pak jonatan untuk sudi kiranya merekomendasikan beberapa judul riset yang bisa saya angkat?
    juga literatur apa saja yg harus saya miliki?
    serta contoh kuisioner-nya?
    saya mahasiswa jurusan akuntansi UNRI Pekanbaru
    mohon secepatnya!
    trima kasih atas kesediaan Bpk

  25. yth. Bp Jonathan
    saya mahasiswa semester 6 jurusan akuntansi di
    STIE malangkucecwara
    Sekarang saya sedang melakukan skripsi balnced scorecard sebagi alat bantu dalam pengukuran kinerja
    saya bisa minta bantuan bapak untuk mengetahui literatur apa saja yang bisa diogunakan
    makasi

  26. Dear Jonathan

    Wah terlambat juga saya browsing ke website Bapak. Menarik dan berguna sekali sharing knowledge dan experience di internet. Saya pegawai di Departemen Keuangan, tepatnya Bapepam-LK. Kebetulan kita sedang melakukan reformasi birokrasi di bidang governance termasuk pengembangan KPI dengan scorecard. Saya sudah mencoba browsing dibanyak website, tetapi informasi mengenai penerapan balance scorecard di public service / birokrasi pemerintahan agak sulit diperoleh, terlebih di Indonesia, yang ada hanya di Bank Indonesia. Seandainya memiliki informasi tersebut kiranya Bapak berkenan dan bersedia memberikan untuk saya, please would you forward it to me, terima kasih.

  27. Yth.Bpk Yonathan
    Saya mahasiswa salah satu perguruan tinggi di semarang, saya sedang mengerjakan skripsi dan tempat penelitian di salah satu perusahaan penerbangan. Apakah bisa saya menerapkan strategi mapping untuk wilayah semarang, karena di masing2 daerah mengikuti aturan dari pusat?
    kemudian tentang permasalahan yang menjadi penelitian, mengapa harus menggunakan balance scorecard ?
    mahan bantuannya, karena jawaban bapak sangat membantu saya, trimakasih atas jawabat bapak sebelumnya. God Bless

  28. @adi @rosy
    Buku dan literatur serta penelitian ttg BSC sudah banyak sekali. jangan2 belum nyari nih…

    @Budi S
    Pak, saya kirim contoh penerapan bsc di bagian keu. semoga bermanfaat.

    @Oscar P
    Kalo benar dari pusat berari Bapak harus mengetahui aturan main dari pusat juga. Usul saya penelitian Bapak difokuskan pada divisi saja jangan korporat. mengapa hrs BSC? baca disini https://jsofian.wordpress.com/2006/08/07/bagaimana-balanced-scorecard-berperan/. silakan buka email. sy krm contoh strategy map di airline. smg bermanfaat.

  29. trima kasih atas jawabannya

  30. pak…saya mahasiswa magistes profesi psikologi..saat ini saya sedang dalam proses akhir penyusunan Thesis kebetulan saya meneliti mengenai penyusunan KPI di pemerintah daerah sebagai cascading dari BSC . Tampaknya itu menjadi permasalahan yang ruwet di fakultas karena ada seorang dosen penguji yang kekeh tidak bisa menerima konsep bahwa BSC tidak mungkin diterapkan pada sektor publik. sampai-sampai beliau melarang thesis saya untuk di publish. Saat ini saya menjadi asisten konsultan yang sedang membantu pemda DIY membuat BSC. wah repot neh pak…padahal literatur itu ada seperti punya NIVEN. kalo bapak punya case study penerapan BSC sampai KPI di sektor publik saya sangat mengharapkan untuk dibagi..karena saya mencari di internet ternyata harus bayar..he..he..maklum mahasiswa pak…matur nuwun alias terima kasih

  31. @Puspitasari
    silakan emailnya dibuka.file nya agak besar skt 5 mb, berjudul “result using BSC in Public sector”, smg bermanfaat. sukses utk thesisnya.trims

  32. pak saya mahasiswa S1 fisipol, saya baru saja mengenal BSC dan kebetulan sedang membentu dosen dalam penelitian kinerja dan inovasi pelayanan publik. Apakah pak sofian memiliki data implementasi BSC di berbagai daerah dan efektifitas penerapannya. Saya sangat mengharapkan informasi BSC di sektor publik seberapa siginicant. terima kasih, jawaban bpk akan sangat membantu saya…matur nuwun

  33. pak, saya mahasiswa ekonomi, sedang membuat tugas mengenai balanced scorecard..mohon penjelasan tentang implementasi balanced scorecard dalam suatu organisasi berikut contohnya..terima kasih..

  34. met siang Pak Sofian. saya sedang menyusun skripsi.. saya tertarik untuk mengetahui pengaruh penerapan bsc pada kinerja keuangan perusahaan. namun, saya kesulitan pada sampelnya.. Pak Sofian tau ga perusahaan (kalo bisa perusahaan go public) yang sudah menerapkan BSC dan tahun penerapannya..

    makasih banget ya pak sebelumnya, ditunggu secepatnya..

  35. mohon bantuan dari pak Sofian.
    saya sedang menulis thesis ttg desain strategic map dengan IT BSC (untuk divisi IT). selain dari nama perspektif, apakah perbedaan yang signifikan dari BSC dan IT-BSC.
    mohon dengan sangat bantuan pak Sofian untuk memberikan artikel atau buku yang bisa saya jadikan referensi untuk membuat IT-BSC strategic map karena minimnya panduan spesifik tentang topik ini. terima kasih
    omyudha@gmail.com

  36. pak, saya jessy sedang menyusun skripsi tentang kemungkinan penerapan balanced scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja pada usaha toko retail. Mohon bantuannya untuk memberikan referensi dan masukkan tentang ide skripsi saya…

    ohya pak, kalo KPI itu apa ya? klo proses cascading apa ya pak?

    terimakasih sebelumnya, tolong dibantu ya pak…

    thanks😀


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: