Posted by: jsofian | March 10, 2007

Perusahaan Merging? Tantangan, Berkah, atau malapetaka ?


Keputusan untuk merge (melebur) suatu perusahaan merupakan salah satu strategi yang diambil bagi banyak owner untuk mengembangkan usahanya. KOnsep dasar merging sebetulnya saat simple, dua perusahaan saling memiliki kekuatan yang berbeda disinergikan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan lazimnya adalah untuk yang lebih profitable, expandable, dan sustainable.

Selain merging, strategi lain yang sering digunakan adalah mengakusisi. Kalo salah satu perusahaan merasa bargaining powernya lebih kecil dan terbatas ( modal, resources, asset, dll) maka dilakukanlah akuisisi, seperti yang dilakukan microsoft terhadap developer kecil dan menengah untuk memperkuat brand dan diversifikasi produk mereka. Perbedaan merge dan akuisisi terletak pada outputnya. hasil dari pengakusisian tetap menggunakan nama perusahaan yang mengakuisisi (perusahaan yang lebih besar), sedangkan merging menciptakan nama baru atau kombinasi dari dua perusahaan yang melakukan merger.

Kata sahabat saya LIna, merging ibarat perkawinan antara duda dan janda yang masing2 memiliki anak, jika tidak elegan memanagenya tidak mustahil di level anak2 mereka akan cakar2 an, sedangkan di level “strategicnya” duda dan janda akan sayang2an. Lain lagi menurut pakar manajemen Pak Riri Satria, masa merging di awal seperti masa honeymoon yang selalu indah di awalnya saja, selanjutnya eemmm….. tau ah gelap..alias banyak hal yang bakal terjadi diluar ekpektasi masing2 pihak KALO tidak dipersiapkan dengan matang.

Sebulan yang lalu, seorang temen pemilik sebuah perusahaan keluarga yang telah dibangun selama 30 tahun akan melakukan merging dengan sebuah perusahaan sejenis.  Mereka sudah memikirkan hampir satu tahun dampak dari peleburan perusahaan ini terutama bagi anak cucu mereka nanti. Pemicu yang menjadi mereka rela untuk dikawinkan adalah pertama mereka menyadari bahwa manajemen keluarga tidak selamanya bisa berkompetisi dan unggul di pasar, kedua mereka mau berekspansi secara nasional dan global, karena keterbatasan knowlegde dan pengalaman maka cara yang terbaik  (menurut temen saya ) adalah melakukan merging dengan perusahaan yang sudah berskala nasional dan internsional.

Apa yang sebenarnya harus dipersiapkan jika ada dua perusahaan yang ingin melakukan merging. Ini yang Analisa sederhananya yang muncul dalam benak saya :

  1. Tetapkan tujuan yang jelas dari merging, HARUSNYA merging menjadikan perusahaan memiliki nilai competitive advantage lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Jika point ini tidak ditemukan secara pasti.mendingan pikir2 lagi deh..
  2. Evaluasi semua aspek keuangan dan non keuangan masing2 perusahaan, agar masalah  konsolidasi aset dan akuntasi tidak menjadi hambatan proses merging.
  3.  Konsultasikan dengan pihak independen mengenai persiapan, proses, waktu,termasuk change management. sehingga para stakeholder yang telibat siap secara lahir dan batin.

Jadi menurut saya merging bagi perusahaan yang memiliki kesamaan visi , misi , ambisi, dan motivasi dapat menjadi tantangan untuk mencapai suatu tujuan yang lebih besar walaupun perusahaan itu masih berskala kecil. Bagi perusahaan yang sudah mature , jelas akan mendatangkan berkah karena setiap ada kesempatan bisnis  menjadi lebih besar dengan penggabungan 2 kekuatan yang berbeda. Nah..bagi perusahaan yang tidak memiliki persiapan dan dasar yang kuat akan membawa malapetaka bagi para stakeholdernya.


Responses

  1. Lebih baik jika merger atau pun akuisisi itu dilakukan antara perusahaan yg vertikal. Sedangkan jika penggabungan itu antara perusahaan yg sejenis alias horizontal, maka akan timbul banyak sekali masalah.

    Salam

  2. Berdasarkan pengalaman saya dampak merger yg dominan
    Merger = Effesiensi —> Re-struktur organisasi,effesiensi karyawan dan tentu ada yang di PHK :-(Beban cost lebih ringan.Modal nambah.Nilai saham naik.
    Point of viewnya …Dari soal ” uang ” mungkin Ok…
    Tapi biasanya dari level management agak ” ribet ” .


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: