Posted by: jsofian | June 29, 2007

Apakah Core Belief Anda ?


Seorang wartawan bertanya kepada seorang pimimpin komunis dengan pertanyaan apa yang menjadi rahasia kesuksesan di dalam membentuk organisasi komunis Anda?. Sang Pimpinan menjawab “ berikan saya anak-anak balita untuk dididik, saya yakin dan percaya setelah anak-anak itu dewasa, mereka akan setia sampai mereka mati.

Penyataan diatas sepertinya sepele tetapi mengandung makna yang sangat mendalam, ketika anak-anak dijejali dengan dokrin2 komunis setiap hari maka secara otomatis ketika anak-anak itu dewasa, doktrin komunislah yang akan menjadi pegangan hidup mereka sampai mereka mati. Lihat saja film tentang WTC 11 September, para pengikut teroris rela menyerakan nyawanya demi mempertahankan apa yang mereka yakini dan percaya. Saya tidak membahas mengenai tips menjadi komunis atau teroris tetapi nilai kenyakinan seseorang dapat menjadikan orang tersebut sangat ekstrem sampai visinya tercapai. taaat.jpg

Tidak sengaja kemaren, saya melihat sebuah tulisan terpampang di dinding. Tulisan itu menarik perhatian saya karena hanya tulisan tersebut terpampang di rumah tersebut. Bak ..seorang dukun, saya pun mereka-reka maksud dari tulisan berbahasa Jawa tersebut. Kira2 intisari dari tulisan di atas hanya dua kata yaitu TEKUN & TAAT, bagi sang penulis TEKUN & TAAT merupakan kenyakinan dasar (core belief ) untuk menjalani hidup ini. Tekun & Taat terhadap agama, bangsa, jiwa & raga.

Saya setuju bahwa hidup ini harus memiliki sebuah visi, dengan visi hidup kita lebih bergairah dan bersemangat. Untuk mencapai visi tersebut tentu saja tidak mudah banyak tantangan, rintangan, ujian, bahkan kegagalan demi kegagalan. Nah..disitulah letak peranan core belief, kita akan mampu bertahan dan melewati segala kejadian karena ada nilai yang kita yakini akan membawa kita kepada visi tersebut.

PSA Corporation ( Pelabuhan Singapore) menerapakan core belief yang ditanamkan kepada semua karyawan. Core belief yang mereka pegang adalah :

1. Costomer Focus; We believe that customer and satisfaction are fundamental to any successful long term partnership. We shall provide our customer with service of the right quality and at the right price.

2. Teamwork; We believe in using our collective skills, knowledge and experience to meet our customer’s needs. Through teamwork and commitment, we shall build upon our strengths to realize our full potential and achieve our share vision.

3. Innovation; We believe in the creativity of our people and our ability to contribute new ideas for improvement. We shall constantly seek innovative ways to create value for our customers.

4. Communication; We believe that open communication is essential to build trust and understanding with our customer, our people, our shareholders, and the countries we serve. Only the can we meet our customer’s needs, our people’s aspirantions and our shareholders’ expectation, and be a good corporate citizen.

Core Belief yang terpatri di setiap karyawan PSA diyakini akan membawa mereka menuju sebuah visi yaitu “ From managing a world class port, we shall grow into world class corporation with network of ports, logistics and related business throughtout the world. We shall be recognized everywhere for quality and value”

Di tim Smart Sisfokampus, kami pun memiliki core belief yang akan membawa kami menuju perusahan penyedia solusi TIK (teknologi informasi dan komunikasi) terdepan dan unggul untuk institusi pendidikan di Indonesia. Core belief yang kami miliki adalah profesional, innovation, dan teamwork.

Ooops..kembali ke tulisan di atas, kira2 apakah profesi yang memiliki tulisan tersebut ? yah..betul dia hanya seorang SATPAM. Apakah yang menjadi core belief Anda? Jangan sampai kalah dengan satpam yah…


Responses

  1. Ikut komentar sedikit yah…

    Gak sengaja terbuka blog ini ketika saya sedang cari data mengenai balance scorecard untuk tugas kuliah saya. Saya tidak kenal siapa pemilik blog ini tapi dari sedikit tulisannya yang saya baca…apa kata yang tepat ya…tidak bisa dibilang kelas ringan deh hehehe….

    Core belief…judul yang luar biasa menarik. Apalagi dibuka dengan sekilas mengenai komunis dan terorisme…

    Saya yang sekarang tinggal di Jakarta, melihat mayoritas penduduk Jakarta itu core beliefnya materi atau sederhananya uang. Uang lagi uang lagi. Tidak salah juga hanya saja jadi menghalalkan segala cara.

    Sekali lagi cara. Core belief yang baik tidak akan menjadi baik ketika segala cara ditempuh entah itu baik ataupun tidak baik atau bahkan sampai membunuh orang lain. Keyakinan yang baik ada kalanya diterjemahkan dengan pemahaman yang salah dan tentunya dengan cara yang salah. Dan kesalahan tersebut ada pada kebodohan manusia. Tidak ada kitab suci manapun di dunia yang membenarkan tujuan yang mulia dengan cara-cara yang salah.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: