Posted by: jsofian | December 30, 2007

Geliat Kota Industri di Timur China – Shenyang


zhong_shan_guang_chang.jpg (sumber foto Wikipedia)

Kota Shenyang adalah ibukota provinsi Liaoning yang terletak di sebelah Timur Laut China. Dahulu dikenal dengan daerah Manchuria. Kota Shenyang adalah kota industri dan budaya terbesar di timur China, sekaligus membawa kota ini menjadi terbesar ke 6 di China. Dari mata internasional, kota ini merupakan salah satu kota favorit untuk program sister city. Favorit lantaran pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan keberadaan berbagai industri pertambangan, minyak, batubara dan baja yang dapat dijadikan best practise bagi kota lain di dunia. Kota ini berdekatan dengan negara korea yang hanya berjarak sekitar 2 jam dengan menggunakan pesawat. Kabarnya kota ini terkenal dengan penyupai kebutuhan organ tubuh manusia seperti ginjal.

shenyang.jpg

Dengan menggunakan China Eastern Airline (airbus 320), perjalanan dilanjutkan ke Kota Shengyang tepatnya di kota Fu Sin (sekitar 4 jam dari airport). Salju turun dengan derasnya sepanjang jalan menuju Fu Sin. Dengan suhu sekitar -7 Celsius, dan aktivitas sepanjang jalan relatif sepi. Tiba di Kota Fu Sin sekitar jam 18.00 waktu setempat, hampir semua kota ini diselimuti salju, terlihat anak-anak sekolah dan masyarakat bergotong royong membersihkan salju disepanjang jalan. Hotel tempat kami menginap di FuXin Yin Tong Crown Holiday di pusat kota yang berdekatan dengan patung Mao (Zhong Shan Guang Chang).

fu-xin.jpg

Selama 2 hari kami bertemu dengan beberapa kolega bisnis dan mengunjungi bebarapa site power plan tenaga uap. Dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat berperan bagi kemajuan sektor industri di kota ini. Proses rantai produksi dan distribusi dari hulu ke hilir sudah terkomputerisasi secara sentralisasi tanpa tenaga manusia. Di pusat kontrol, semua mesin cukup diawasi dengan CCTV dan remote control. Seorang Operator hanya duduk sambil menikmati secangkir teh panas untuk mengawasi seluruh proses produksi. Saya mencoba menghitung berapa karyawan yang diperlukan untuk menjalankan pabrik dengan kapasitas besar di Fu Xin Manufacturer Industry? Tebak ..hanya berjumlah 5 orang (sejauh mata memandang). Tidak heran hasil produk China terkenal memiliki harga yang sangat kompetitif. Salah satu alasannya karena tenaga manusia sudah tergantikan dengan teknologi.

Lagi-lagi karena hanya 2 hari, tidak banyak yang bisa dilihat ditambah lagi seluruh permukaan kota diselimuti dengan salju.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: