Posted by: jsofian | January 16, 2008

Sumber Energi Listrik Alternatif


presenetasi-pln-sumsel.jpg

Kebutuhan listrik di Indonesia telah menjadi isu yang serius bagi pemerintah, oleh karenanya pencarian sumber energi alternatif menjadi topik penelitian bagi para ilmuwan di bidang engineering. Lihat saja Kabupaten Muba, sampai saat ini baru 55,94% desa yang sudah berlistrik, sisanya 44,06% masih menunggu program pemerintah kabupaten. pencarian sumber energi alternatif tidak terlepas dari kondisi terbatasnya sumber minyak bumi dan gas alam yang diperkirakan hanya bertahan untuk 16 – 23 tahun mendatang. Apakah ada alternatif lain yang dapat dijadikan solusi?

kab-muba.jpg

Topik ini menjadi bahasan serius dalam diskusi antara PLN Palembang dengan para mitra kerja di Kab.Muba. Diskusi terbatas ini dalam rerangka penyedian listrik bagi rakyat di Kab.Muba. Sebenarnya ada beberapa sumber energi alternatif yang dapat digunakan seperti tenaga matahari, nuklir, air, angin, dan gas alam, tetapi Sumber energi alternatif yang paling memungkinkan saat ini di Indonesia adalah batubara, alasan utamanya karena deposit batubara di Indonesia dapat dipergunakan sampai 500 tahun yang akan datang.

Dari satu sisi memang memiliki benefit tapi isu emisi menjadi kendala tersendiri pasalnya emisi buangan berupa Sulfur Dioxida (SO2), Nitrogen Oksida (NO2), karbon dioksida (CO2),tar, dan debu menjadi ancaman bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Trus..gimana dong? Perkembangn iptek saat ini menjadi jalan keluarnya. Dengan ICGCC (Integrated Coal Gasification Combined Cycle) persoalan emisi buangan dapat diatasi. Tingkat emisi buangan bisa ditekan menjadi 90%-99%, caranya dengan teknologi pembakaran batubara sebelum batubara diproses menjadi gas.

igcc.png

(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Integrated_Gasification_Combined_Cycle)

Menarik bagi saya karena mempelajari hal di atas merupakan tantangan tersendiri apalagi yang berhubungan dengan menghitung investasi dan bagaiman teknologi informasi menjadi backbone dalam pengeoperasian gasifier dan gas engine.

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: