Posted by: jsofian | January 22, 2008

Wisata Bangka VS Bali?


pantai-parai.jpg

Lagi suntuk nih..terbersitlah ide untuk nanya Oom google tentang wisata Bangka. Saya ketik di search engine Pulau Bangka” dan “Pulau Bali”, hasilnya om google melaporkan sebanyak 61.700 topik tentang Pulau Bangka dan 252.00 untuk topik tentang Pulau Bali, artinya topik Pulau Bangka hanya 24% di bandingkan dengan Pulau Bali. Bagaimana dengan “Wisata Bangkadan “Wisata Bali”, hasilnya 327.000 untuk wisata Bangka dan 3.610.000 untuk wisata Bali. Wisata Bangka hanya 9,05% nya dari wisata Bali, wah..jauh banget hasilnya. Memang terlalu ekstrem kalo di bandingkan dengan Bali yang sudah dikenal dari jaman dulu dan kepopulerannya sampai di pelosok dunia. Pertanyaannya mungkinkah Pulau Bangka seperti Bali?.

Jawaban singkatnya, PASTI bisa. Dengan keunggulan komparatif dari Sang Pencipta, Bangka bisa menjadi “Hawai”nya Indonesia. Banyak memang yang mesti dipersiapkan dan mungkin makan waktu yang relatif lama (5-10 tahun). Semua Stakeholder di Pulau Bangka harus terlibat aktif. pertama, mulai dari Pemerintah provinsi dan kota dalam menyusun Renstra wajib mencantumkan sektor pariwisata sebagai sasaran strategis lengkap dengan Key Performance Indicators, insiatif strategis, program, dan budgetnya. Seperti sekolah tinggi pariwisata wajib ada di Babel bukan hanya setingkat sekolah kejuruan karena harus diakui skill untuk urusan hospitality di Bangka masih perlu banyak belajar dari daerah lain misalkan orang Bali atau Sunda. Kedua, insfrastruktur kota harus dibenahi seperti jalanan, transportasi menuju obyek wisata, pemandu wisata, pembinaan untuk UKM dibidang souvernir khas Bangka, budaya dan tarian Bangka. Ketiga, Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai enabler dan supporting mulai dari informasi dan pelayanan kepada para wisatawan seperti situs pariwisata yang interactive, pencarian hotel yang customizable, Online help desk, serta testimonial dari wisatawan yang pernah mengunjungi Bangka. Terakhir, libatkan semua komponen masyarakat minimal dalam menjaga kebersihan dan keamanan.

pantai-parai5.jpg VS pantaikutabali-050.jpg

Senja di Pantai Parai Tenggiri                                 Senja Di Pantai Kuta

p4280007.jpg VS kuta3.jpg

Pesona Parai Siang Hari Pesona Kuta Bali Siang Hari

Kembali ke Search engine, apa yang membuat Bali begitu menguasai alam maya? saya mencoba untuk melakukan grouping informasi online yang tersedia mengenai wisata di Bali yang TIDAK dimiliki oleh Bangka, diantaranya adalah:

  1. Informasi mengenai Paket Wisata dan tiket Pesawat yang tailored made sesuai dengan wisatawan.
  2. Informasi mengenai Tur Agen Pariwisata, Hotel, restoran, sampai sewa kendaraan.
  3. Informasi Peta pulau dan lokasi wisata, lengkap dengan rute transportasi.
  4. Infomasi budaya, kesenian, kerajinan, Souvenir, dan tarian daerah beserta dengan sejarahnya.
Keempat faktor tersebut yang tidak dimiliki atau kalopun ada informasi yang diberikan terbatas dan tidak terupdate. Yang paling penting adalah tidak tersedia terjemahan dalam bahasa asing minimal English.
Ketika kolega saya dari England, Holland, Malaysia, China, mau mencari informasi mengenai Bangka mereka kesulitan dalam bahasa, jadi yang bisa dilihat adalah gambar2 saja. satu hal lagi yang menyebabkan Bali menjadi terkenal karena peristiwa Bom bali 1 & 2, yang jelas Bangka tidak harus mengalami seperti Bom Bali khan supaya terkenal ? ..amit..amit deh..jangan sampai pernah terjadi.
Saran saya ada dua, pertama bagi para blogger Bangka atau yang mencintai Bangka mulailah untuk menulis blog mengenai Wisata Bangka sebanyak2nya dan serajin2nya, moga2 dapat mendongkrak popularitas Bangka di dunia maya. Kedua,bagi pasangan muda yang akan menikah atau wedding organizer jangan lupa salah satu OPSI yang sangat layak dipertimbangkan adalah program outdoor pemotretannya di Pantai Bangka sekalian untuk honeymoonnya.
Come, see, and feel the amazing place from Bangka Island….Hawaii of Indonesia
.
tanjung-pesona7.jpg tanjungpesona1.jpg
tanjung-pesona6.jpg tanjungpesona4.jpg
tanjungpesona5.jpg pb102664.jpg
pantai-parai4.jpg pantai-parai2.jpg
pantai-parai3.jpg p4280010.jpg
Simak juga cerita wisata di Bangka Pak Riri, Bu Idrianita, Pak Sindhiarta , bu Ladymotts,

 

 

 


Responses

  1. Keren banget…
    Hemm… kapan ya bisa ke Bangka lagi?
    Semoga bisa ada kesempatan ke sana lagi tapi khusus untuk berlibur😀

    GBU

  2. Tugas berat nih buat Putra Bangka tuk bisa bikin rating Wisata Bangka.
    Tapi ga apalah ga seperti Bali. Bangka harus beda dengan Bali.

  3. wuah baru dapet blog nih dari tabloid.. baca2 ternyataaa anak bangka juga..salam kenal ko!
    emang banyak yang harus diperbaiki di bangka neh. terus terang, percuma kalo pihak wisata gencar melakukan promosi, tanpa dukungan pemerintah. kalo pihak wisata (baca : perusahaan tour & travel) yang bergerak sendiri, susah lah. apa yang kita jual kalo objeknya pun tak ada?
    contoh :
    -setelah jam 9 malam, apa yang bisa kita tawarkan ke wisatawan?
    -apabila wisatawan punya uang 500rb saja untuk dibelanjakan, apa yang akan dia beli untuk kenang2an dari bangka? kerupuk? wuah bisa 100bungkus kerupuk yang bakal dia bawa pulang..🙂
    – apa yang bisa dilakukan wisatawan ketika sampai di objek wisata katakanlah pantai bangka?
    – dll

    terkadang ada rasa malu ketika teman saya berkunjung ke bangka, dan menanyakan objek wisata apalage yang bisa dia liat selain pantai. apakah saya punya opsi lain? klenteng? goa maria? museum timah? phak khak liang? 3hari adalah waktu yang cukup buat teman saya datang ke bangka, yang katanya tidak bisa menikmati keindahan bangka.
    apa ada yang salah? saya anak bangka bukannya menjelek2an bangka. apa gunanya objek wisata kalo tanpa tertata dengan baik? lama-lama pun akan hilang saya rasa. memang bangka nih perlu sekali-kali belajar, jalan2 ke luar, melihat bagaimana negara lain bisa menjual pariwisata yang bagi kita kadang2 keliatan gampang sekali.
    contoh : Thailand… hanya dengan menyusuri sungai yang airnya sangat2 keruh, kapal yang sederhana, melihat ikan patin berkumpul di depan kuil, melihat enceng gondok.. sudah bisa mengajak banyaknya turis datang kesitu, disertai dengan ucapan bahwa enceng gondok adalah pemberian hadiah dari Indonesia. Liat, hanya sungai saja..tapi bisa mengumpulkan turis..
    apakah bangka bisa begitu? saya rasa bisa! banyak hal yang bisa dikembangkan di bangka bila semuanya bekerja sama dan serius.

    kemajuan yang sangat berarti ketika adanya rencana dibangun beberapa hotel berbintang di bangka taon 2008 ini.
    apa yang perlu diperbaiki emang sangat banyak.. butuh sinergi antara pemerintah, pihak swasta dengan masyarakat sendiri. siapkah kita anak bangka, menyambut babel archi 2010?

    maap kalo jadi ngelantur..dan kalo ada kata2 yang salah, maap yak. cuman berbagi dan berusaha memajukan bangka saja🙂

  4. garang k ne khiu ox. nyerita bangka ulik..memang k ne terbukti “the real bangka man” yang mempunyai komitmen serta integritas tinggi dalam memajukan bangka. (gebernur kite sikok tu yg urang baturusa to, alias “si kumis tebel” g dak de aben kepedulian kayak k ne) Saluuuuuuuuuuuutttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt abis kek k ne. Aukle, denger-denger k ne galak pulang bangka (bace:pinkong) ox? bgaya ka wo dak sua ngajak kawan lame neh. ape k ne lah bgaya mentnag-mentang (ku denger-denger kek ade mace di blog k to {[men denger-denger dek mungkin lah sek, sege k lah mace di blog die..aok pulik sek ox?]) ki ne lah istilah e “go public”, eh gak lah cing, mksd e “go international” ox?

  5. atian emang hebattttttttttttttttttttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. […] buat saya dan keluarga, terutama saya dan anak laki-laki saya, Raihan. Saya benar-benar mengagumi potensi wisata di Pulau Bangka ini. Sayang, rasanya masih banyak yang belum tahu betapa indahnya pantai di daerah […]

  7. wuih…jdi kangen bgt sama bangka!!!
    ayo ko…trus berkarya..biar bangka kita maju..
    hihihihi

  8. asyik jg kyknya kl liburan thn ini kebangka soalny dekat dg jambi…
    so bisa ngirit…..

  9. asyik jg kyknya kl liburan thn ini kebangka soalny dekat dg jambi.. so bisa ngirit…..

  10. pertama bagi para blogger Bangka atau yang mencintai Bangka mulailah untuk menulis blog mengenai Wisata Bangka sebanyak2nya dan serajin2nya, moga2 dapat mendongkrak popularitas Bangka di dunia maya. Kedua,bagi pasangan muda yang akan menikah atau wedding organizer jangan lupa salah satu OPSI yang sangat layak dipertimbangkan adalah program outdoor pemotretannya di Pantai Bangka sekalian untuk honeymoonnya. < ayo kita dukung terus!


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: