Posted by: jsofian | January 25, 2008

IGOS Center Bandung


sofian_igos2.jpg

 

Sejatinya, gerakan open source dengan orang Indonesia memiliki persamaan yang sangat hakiki, yaitu gotong royong. Dengan prinsip gotong royong ini, diharapkan banyak persoalan yang dapat diselesaikan karena melibatkan banyak orang dan pihak. Bagaimana dengan perkembangan open source di Indonesia ? Di tengah dualisme pemerintah yang terkadang sulit dipahami, apakah mendukung gerakan open source atau mendukung proprietary (dibaca Microsoft) . IGOS Center Bandung hadir sebagai bentuk SERIUS dari orang-orang yang berkomitmen mengembangkan software berbasis open source.

IGOS Center Bandung, dikelola oleh yayasan yang bergerak dalam bidang “open innovation” yang kegiatannya pada saat ini fokus dalam hal Penyediaan Produk & Jasa berbasis teknologi “Open Source Software” (OSS). Inisiatif IGOS Center Bandung bermula dari program Kantor Mentri Negara Riset & Teknologi, yang dimotori oleh kerjasama : Institut Teknologi Bandung (Eko Mursito Budi dkk.), ZamrudTechnology (Hemat Dwi Nuryanto dkk.), Penajati (Sofwandi Noor dkk.), dan Klub Linux Bandung (Wisnu Manupraba dkk.). Sementara itu Outlet IGOS Center Bandung (SHOWROOM) terwujud karena dukungan Majalah BISKOM dan Be-Mall (Soegiharto Santoso/Hoky dkk).

Visi IGOS Center Bandung adalah Menjadi penyedia “One Stop Service” Produk & Jasa berbasis teknologi OSS untuk “Perbaikan Daya Saing Indonesia secara Sistemik” dengan memanfaatkan pendekatan OPEN INNOVATION (OI). Sedangkan misi yang diemban adalah

  • Membantu pelanggan mencapai tujuannya (personal & bisnis) dengan menyediakan solusi berbasis teknologi OSS yang dapat meningkatkan produktifitas, efektifitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.
  • Mendorong terselenggaranya perilaku bisnis yang etis dan profesional secara sistemik di perusahaan & pemerintahan.
  • Membangun kemampuan inovasi teknologi OSS yang berkelanjutan yang dapat memperbaiki daya saing nasional.
  • Berpartisisipasi mewujudkan tujuan komunitas global yang tertuang dalam Millenium Development Goal.

Sore ini, tim inti Sisfokampus ( saya, Pak Dewo dan Bu Lina) berkunjung di IGOS Center Bandung yang berlokasi di Be Mall. Agendanya kami akan mengadakan presentasi Sisfokampus beserta diskusi mengenai keterlibatan Sisfokampus di IGOS. Acara ini dihadiri tim IGOS dan tim dari Menristek. Setelah ini akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk dapat merealisasikan university goes open souce. Tantangan di depan mata bagi tim Sisfo untuk berinovasi dan kreatif. Ca yoo..

Salam IGOS


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: