Posted by: jsofian | February 12, 2008

Seminar TIK di Kopertis II Palembang


seminar-ictkopertisii_11feb08-jsofian4.jpg

Tim Sisfokampus mendapat kehormatan sebagai salah satu pembicara di Seminar Kopertis II yang bertajuk Pernerapan TIK yang efektif sesuai dengan kebutuhan manajemen Perguruan Tinggi. Walaupun undangan disebarkan dalam waktu relatif singkat, peserta yang hadir cukup banyak sekitar 110 peserta dari perguruan tinggi di Sumatera Selatan. Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta) II membawahi 4 provinsi yaitu SumSel, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung. Seminar ini didukung penuh oleh Ketua Kopertis II Prof. Chuzaimah Dahlan Diem, M.L.S., Ed.D. Dalam sambutannya Prof. Chuzaimah menekankan penting peranan ICT di Perguruan Tinggi yang mau tidak mau harus diimplementasikan oleh perguruan tinggi.

bersama-profchuzaimah.jpg

Sesi 1 dibawakan oleh Dedy Syamsuar,S.Kom.,MT yang memaparkan mengenai manfaat dan perkembanga INHERENT (Indonesia High Education Network). Sesi 2, saya membawakan mengenai pentingnya perancanga ICT bagi Perguruan Tinggi, Sesi 3, Lina Triastuti,SE,MM menjelaskan mengenai aplikasi open source Smart Sisfokampus yang disertai demo. Sasaran dari seminar ICT ini adalah :

1. Memahami mengenai INHERENT (Indonesia Higher Education Network) atau Jaringan Perguruan Tinggi Indonesia, mengapa INHERENT diperlukan, latar belakang dan manfaat bagi manajemen Perguruan Tinggi di Indonesia.

2. Mampu memahami pentingnya peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di manajemen Perguruan Tinggi serta keunggulan yang diberikan oleh TIK ini untuk meningkatkan kinerja manajemen.

3. Mampu menyusun Draft usulan TIK di Perguruan Tinggi dan mengacu kepada misi, visi, strategi dan proses operasional manajemen Perguruan Tinggi.

4. Memahami bagaimana proses penerapan Sistem Informasi Akademik Open Source : SisfoKampus mulai dari keunggulan, modul, persiapan, dan tahapan yang diperlukan (disertai demo).

Dari feedback yang diterima, peserta menyambut secara antusias seminar ICT ini dan mengharapkan ada kelanjutan secara regular. Tim Sisfokampus mengucapkan terima kasih kepada Kopertis II Prof. Chuzaimah Dahlan Diem, M.L.S., Ed.D dan Sumatera Express yang meliput sehingga terselenggara seminar ini dengan baik..


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: