Posted by: jsofian | April 14, 2008

Perancangan Sederhana SIM Salon


Kelanjutan dari diskusi antara “green” dan “Blue” , semoga paparan singkat dibawah ini bermanfaat, minimal dalam pembuatan proposal bagi programmer pemula. Topik diskusi berkenan dengan perancangan Sistem informasi Manajemen Salon. Dari informasi yang ada, kesimpulan yang dapat di ambil adalah sebagai berikut:

  1. Profil klien: Salon yang menyediakan layanan untuk kecantikan dan penataan rambut. Saat ini memiliki sebanyak 23 cabang dengan sistem franchising. Proses transaki dilakukan secara manual dan belum menggunakan komputer.
  2. Identifikasi Masalah dan Peluang: ditemukan masalah dan peluang sebagai berikut:
    • Lambatnya pelayanan kepada pelanggan karena semua proses pelayanan dilakukan secara manual dan penentuan harga dilakukan secara manual dengan melihat buku stok (masalah).
    • Tidak adanya data pelanggan dan laporan transaksi secara comprehensive sehingga semua rekap penjualan dilakukan secara manual (masalah).
    • Perhitungan prestasi karyawan dilakukan secara manual, oleh karena itu sering terjadi kesalahan yang disebabkan oleh ketidaktelitian (human error) dari karyawan (masalah).
    • Diharapkan dengan adanya perhitungan prestasi secara otomatis maka nilai jual dari Salon Beauty sebagai franchisor akan semakin tinggi (peluang)
  3. Lingkup Pekerjaan: Lingkup pekerjaan untuk proyek komputerisasi perhitungan prestasi karyawan salon Beauty sebagai berikut:
  • melakukan studi kelayakan, analisa, survey, dan interview dengan system owner dan system user.
  • Pengembangan aplikasi untuk komputerisasi proses transaksi salon yang terdiri dari mdoul master (produk,layanan,karyawan,intensive), Modul Point of Sales, dan Modul Laporan.
  • melakukan training intensive, pemberiaan manual book

Produk dan layanan Salon

Database produk dan layanan salon berisi daftar produk yang tersedia di Salon seperti Shampo, Creambath, Makarizo, Gehwoll, dsb sedangan pelayanan berisikan paket atau layanan kepada pelanggan seperti cuci, creambath, Blow, refleksi, dan sebagainya. Kegunaan dari database ini adalah untuk memudahkan kasir mencari nama produk dan layanan secara cepat, tepat, dan akurat beserta dengan harganya.

Karyawan dan Insentive

Database karyawan dan insentive berisi semua nama karyawan yang berkerja di salon yang dibagi ke dalam kelompok Stylist, asisten styslis, dan bagian creambath,. Dengan adanya nama karyawan beserta identitas dan tarif insentive memudahkan pemilik sistem (system owner) untuk mengetahui secara cepat, akurat, dan real time besarnya insentive secara komprehensive atau per karyawan. Besarnya insentive yang diberikan kepada karyawan tergantung dari kelompok karyawan dan lamanya bekerja, perhitungan adalah tetap.

Pelanggan

Database pelanggan berisikan identitas pelanggan yang terdiri dari nomor id pelanggan, nama, alamat, dan no telpon. Dengan adanya database pelanggan ini memudahkan karyawan Salon untuk menjalin hubungan dan melayani secara optimal yang berorentasi pada pemasaran salon.

Entity Relationshio diagram Salon Beauty adalah sebagai berikut:

Skema Logis dalam model relational berupa tabel-tabel, termasuk deskripsi kolom -kolom atribut, serta primay key dan key asingnya.

Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: