Posted by: jsofian | May 19, 2008

Menuju Kuala Lumpur 2020


Kemajuan suatu kota tidak terlepas dari partisipasi para stakeholdernya, termasuk didalamnya adalah masyarakat. Nampaknya Dewan Bandar Raya Kuala Lumpur menyadari betul bahwa dukungan masyarakat memiliki porsi penting dalam pembangunan kota. Keseriusan Dewan Bandarraya Kuala Lumpur ini terlihat dari maraknya ajakan untuk menjadi bagian dalam pembahasan Kuala Lumpur Draft City Plan 2020. Sepanjang jalan protokol sampai di jalan kecil terlihat spanduk dan selebaran yang mengajak semua masyarakat untuk dapat menyumbang ide dan saran sehubungan dengan pembangunan KL menuju a world class city. Bagaimana visi dari kota KL di tahun 2020 ?

Visinya sangat jelas yaitu “Kuala Lumpur – A world Class City 2020”, world class city diartikan sebagai kota yang memegang peranan penting secara global dan sub global bagi semua penduduk, pekerja, pengunjung, dan investor. Untuk mencapai visi tersebut hal pertama yang dilakukan adalah membuat draft City Plan dengan melibatkan para pakar pembangunan kota, akademisi, pemerintah, swasta, dan masyarakat umum. Masyarakat dinilai memiliki peranan penting karena yang mengetahui keadaan sesungguhnya keadaan kota sehingga dapat dirumuskan permasalahan, ekspektasi, dan solusinya. Konten dari City plan berisikan proposal maps dan panduan secara tertulis lengkap dengan program dan anggarannya.

Menarik perhatian saya adalah pemerintah Malaysia menghargai ide dan inovasi dari rakyatnya dengan membuat program kompetitisi untuk penyusunan Draft Kuala Lumpur 2020. Dan bagi finalis akan diberikan penghargaan. Cara yang cerdas untuk merangsang rakyat memberikan kontribusi bagi kotanya.

Bagaimana dengan Jakarta? bisa dipastikan Renstra kota pasti dimiliki oleh pemprov DKI, (mungkin) bedanya pada saat pembuatannya tidak melibatkan rakyat. Ada baiknya pemerintah dapat mengadopsi seperti malaysia dalam menyusun perencanaan kota khususnya Jakarta.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: