Posted by: jsofian | May 20, 2008

Liputan Program Sister School di Malaysia


Hampir setahun sudah sejak dicanangkan Program sekolah kembar (sister school) antara SD Negeri 3 Pangkalpinang, Bangka ( Indonesia) dengan Sekolah Kebangsaan Taman Megah (SKTM), Petaling (Malaysia). Bagaimana kelanjutannya sekarang?. Perkembangannya cukup mengembirakan, tidak hanya sekedar ceremonial dan kunjungan saja ( seperti lazimmnya birokrasi), Kedua Kepala Sekolah ( Guru Besar) telah membuat beberapa program sebagai kelanjutan program sister school. Program yang dirancang diantaranya adalah pertukaran kebudayaan, siswa, guru, dan pengalaman khususnya dalam implementasi TIK di sekolah masing-masing. Di satu sisi memperat hubungan antar negara sebagai sesama satu rumpun Melayu, di sisi lain dampak yang positif dirasakan oleh siswa dan guru SDN 3 Pangkalpinang adalah penggunaan TIK yang lebih antusias dengan terjalinnya komunikasi antar guru dan siswa melalui chatting, webcam, teleconference, dan di samping itu siswa berlomba-lomba untuk belajar bahasa Inggris. Untuk lebih memperat hubungan silahtuhrami antara saudara kembar, pada tanggal 19 – 24 Mei diadakan kunjungan sebagai rangkaian pertukaran program Siswa dan guru SDN 3 dengan SKTM. Program ini didukung penuh oleh Bapak Drs Zulkarnain Karim.,MM selaku Datuk Bandarraya ( walikota) kota Pangkalpinang. Saya apreciate untuk kepedulian beliau terhadap pendidikan di kota pangkalpinang. Apa saja kegiatan yang dilakukan selama 5 hari di sana ?

Senin, tanggal 19 mei 2008, rombongan yang dikomadani oleh Bapak Edison Taher selaku Kepala Dinas Kota Pangkalpinang tiba di Kuala lumpur. Rombongan terdiri dari siswa/i SDN 3 yang berjumlah sekitar 50 an ditambah pendamping dan guru, jadi total jendral berjumlah 80 an orang. Acara resminya dimulai pada tanggal 20 mei 2008 (selasa) jam 8 pagi. Dengan menggunakan 2 bis pariwisata, rombongan datang tepat jam 8 pagi dengan sambutan kenegaraan, siswa/i SKTM berjajar disebelah kiri dan kanan sambil mengibarkan bendera Malaysia dan sang Merah Putih. Tarian sambutan khas Melayu dan atraksi wushu dari siswa SKTM menyambut di lapangan menuju ruangan pertemuan. Beberapa catatan menarik selama acara berlangsung diantaranya adalah:

  1. Program sekolah kembar mendapat perhatian pejabat pendidikan Malaysia untuk hadir sebagai tamu kehormatan, diantaranya terlihat Pejabat Timbangan Pengarah Sekolah, Majelis Guru Besar, pejabat pendidikan antar bangsa dan beberapa guru besar dari sekolah lain. Seyogyanya Mendiknas Indonesia pun dan KBRI akan menghadiri pertemuan ini, tetapi karena bertepat dengan 100 tahun kebangkitan Indonesia, maka mereka berhalangan hadir. Sedikit mengenai Program sister school, ternyata pemerintah Indoenesia dan malaysia sudah mengawali dengan adanya MOU G2G sebagai umbrealla aggrement, jadi sebenarnya inisialisasi sudah dimulai tetapi belum ada program nyata sehubungan dengan MOU tersebut.
  2. Agendanya, pihak SKTM menggelar acara kesenian dengan menampilkan tarian melayu, Choir, dan pengelaran model pakaian tradisional masing-masing daerah. Walaupun di Malaysia masih terdengar isu yang berkaitan dengan ras bangsa namun siswa/i menampilkan keserasian dengan mengenakan pakaian khas masing-masing daeraha seperti Melayu, Cina, India, Tamil, dsb. Tim dari siswa/i SDN 3 pun mengelar kesenian khas Bangka dalam tarian dan lagu. Lagu ‘Yo Miak” khas bangka yang sudah hampir 2o an tahun tidak pernah saya dengar kembali berkumandang. Lagu ini bercerita mengenai keras keras orang Bangka dalam kesehariannya, yang sarat dengan komitmen, kejujuran, dan pantang menyerah.
  3. Saat yang banyak mendapatkan decak kagum, ketika anak2 siswa/i SKTM memperagakan hasil karya robotik yang boleh dibilang sangat mengagumkan untuk selevel anak SD. Bayangkan robotik yang semestinya menjadi konsumsi para mahasiswa di perguruan tinggi terlihat menjadi mainan sehari2 dari siswa/i. Terbukti SKTM menyabet rangking 2 yang mewakili Malaysia di kompetisi Internasioan baru2 ini di Taiwan.
  4. Acara berakhir dengan jamuan makan siang dan selanjutnya para siswa/i SDN 3 bergabung dengan siswa/i SKTM untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas selama 5 hari.

Dari percakapan dengan para petinggi pendidikan Malaysia, mereka menyambut positif program sister school ini, khususnya untuk memberikan wawasan baru baru siswa/i kedua sekolah untuk belajar dan membuka cakrawala secara internasional. Masing2 anak berbaur satu dengan yang lain dengan saling bertukaran cinderamata atau cinderahati (malaysia) dan email untuk kemungkinan dilanjutkan sepulang dari Malaysia. Hampir semua anak SDN 3 ketika ditanya mengaku sangat senang dan ini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan, harapan yang sama juga dilontarkan oleh para wali murid dan para guru. Saya secara pribadi, merasa anak2 sekarang sungguh beruntung bisa menikmati program pertukaran siswa dengan luar negeri, zaman dulu paling mentok jalan2 ke pantai dan musium🙂 .

Terima kasih kepada Pn Khoo (Guru Besar SKTM) dengan sambutan yang penuh kehangatan sebagai kembaran SDN 3 juga kepada Ibu Kallai dari Pintar Media Malaysia sebagai arranger untuk agenda dan kepada Mr Farhan dari Microsoft Malaysia yang mensponsori semua kegiatan di SKTM.

Diagendakan pada bulan Desember 2008, rombongan siswa/i dan guru SKTM akan berkunjung ke SDN 3 Pangkalpinang. Kami mengalu-alukan kedatangan SKTM.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: