Posted by: jsofian | May 24, 2008

The Internasional ICT Seminar di Palembang


Ayo mang..lanjut… setelah selesai ber workshop ria di Unpad, misi selanjutnya terbang ke Palembang untuk menghadiri The Internasional ICT Seminar , Exhibition for Visit Musi 2008. Kebetulan saya mendapatkan kesempatan sebagai salah satu pembicara mewakili IGOS Center Bandung. Seminar ini diadakan di hotel Horizon Palembang yang dibuka oleh Wakil Gubernur Prof. Dr H. Mahyudin, NS, SPOG mewakili Gubernur SUmsel yang berhalangan hadir. Peserta seminar terdiri dari para rektor perguruan tinggi, praktisi TIK, swasta, instansi pemerintah, dan mahasiswa. Apa harapan Pemprov Sumatera Selatan dengan adanya seminar yang baru pertama kali diadakan di Sumsel?

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sumsel H.Syahrial Oesman, dikatakan bahwa berdasarkan survey tahun 2005, daya saing (Competitiveness INdex) Indonesia menempati posisi 60 dari 61 negara (the IMD World Competitiveness year book 2006), bidang ICT secara keseluruhan (e-readiness index) berada pada posisi 60 dari 65 negara (Economist Interllingence Unit 2005), pengembangan sumber daya manusia (Human Development Index) berada pada posisi 110 dari 177 negara ( Human development Report-UNDP 2005) dan derajat masyarakat informasi (Information Society Index) posisi 54 dari 54 negara (Sumber : IDC,2005). Untuk itu harus terus berupaya menyiapkan SDM ICT yang handal dan professional guna menunjang pemanfaatan ICT sendiri untuk kemakmuran dan kesejahteraan umat manusia. Dengan alasan di atas, maka dirasakan bahwa ICT tetap membutuhkan “perlakuan khusus” untuk lebih dikembangkan sehingga pemanfaatannya dapat mencapai nilai optimal, artinya perlakuan khusus yang dimaksud disini adalah kegiatan penelitian dan pengembangan dalam penelitian dan pengaplikasian ICT yang dilakukan dalam lingkup peranan ICT sebagai perubahan menuju efektifitas dan efesiensi.

Secara keseluruhan Seminar ini dikatakan sukses terlihat di antusias dari peserta dan banyaknya respon pertanyaan yang diberikan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peranan Bakominfo Sumsel (Pak Jon dan Pak RM Fauzi) serta three ICT musketter wong Palembang Pak Deden, Pak Dedy, dan Pak Lutffi. Well done, bro.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: