Posted by: jsofian | August 16, 2008

Seminar & Forum Group Discussion di UNHI


Idealnya, ketika berbicara mengenai penerapan TIK di perguruan tinggi pihak top management, middle, dan operasional duduk bersama untuk merumuskan, dan menyusun solusi TIK yang fit dengan kebutuhan institusi. Metode push dan pull untuk penerapan TIK terkadang terasa sulit kalo tidak adanya keterlibatan semua pihak. Menyadari hal ini, Prof.Dr. Yudha Triguna,MS selaku rektor Univeristas Hindu Indonesia (Unhi) mengambil inisiatif untuk memulai memperkenalkan TIK di lingkungan kampus Unhi. Pasalnya, Unhi yang awalnya berbasis agamis memang menempatkan agama sebagai dasar pengembangan universitas sekaligus sebagai keunggulan dibandingkan dengan universitas lain. Namun seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakatUnhi membuka diri untuk menyelengarakan program studi lain diluar agama Hindu seperti di bidang teknik dan MIPA.

Acara sosialisasi berbentuk seminar dan forum group discussion yang dihadiri oleh para pembantu rektur, kepala bagian, senior dosen, dan staff akademik dari Unhi. Total peserta yang ikut sekitar 50 orang. Agendanya adalah paparan mengenai pentingnya TIK di perguruan tinggi, dan demo aplikasi sisfokampus. Ada dua hal yang menarik perhatian saya, pertama meskipun di Unhi sudah terpasang hot spot tetapi pemanfaatannya masih sangat minim, dari pengakuan para peserta kehadiran hot spot belum terlihat manfaatnya, padahal kalo penggunaan hot spot ini bisa dimaksimalkan niscaya gairah belajar mengajar akan lebih efektif minimal untuk mencari bahan kuliah atau referensi. Kedua, acara ini diliput sepenuhnya oleh Bali TV ditambah sesi wawancara juga. Sang rektor memiliki hubungan yang baik dengan media massa yang menjadi salah satu wadah untuk mempromosikan Unhi secara luas.

Sedikit mengenai profil sang Rektor, beliau selain menjabat sebagai rektor Unhi juga menjabar sebagai Direktur Jendral (Dirjen) Bimas Hindu Departemen Agama RI. Namun jauh terkesan sebagai birokrat, beliau lebih suka disebut sebagai akademisi. Professor “gaul” ini memiliki kedekatan dengan para staffnya yang menurut saya patut menjadi teladan. Trims Prof, untuk kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada tim sisfokampus.


Setelah acara seminar dan FGD ini akan ada tindak lanjut berupa workshop dalam memformulasikan renstra Unhi.


Responses

  1. UNHI hebat dan ada kemajuan, gitu dong biar SDM bali meningkat,mampu bersaing di pasar global, salut ama pak Rektor yang sederhana,punya visi-misi jelas.!!! salam dari saya ..www.gamainterstudi.blogspot.com
    http://www.bagusweda.wordpress.com


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: