Posted by: jsofian | November 10, 2008

Menuju Sumsel Sejahtera dan terdepan 2013


konsep-3r-changes_blog

Semarak pesta demokrasi pilkada Gubernur Sumsel berakhir sudah, dan KPU Sumsel telah menetapkan H.Alex Noerdin dan H.Eddy Yusuf terpilih sebagai Gubernur dan wakil gubernur untuk periode 5 tahun ke depan ( 2008 – 2013).  Bukan saatnya lagi, bagi Gubernur dan wagub terpilih untuk duduk manis dan terlena euforia kemenangan yang baru saja diraih. Masyarakat menunggu realisasi dari janji yang telah diucapkan pada saat kampanye dulu. Oleh karena itu, agenda kerja sang gubernur pertama kali setelah pelantikan tanggal 7 november, adalah mengumpulkan seluruh stakeholder (pemkab, pemkot, instansi pemerintah, kaum professional, akademisi, dan tokoh masyarakat) diseluruh Sumsel untuk  mensosialisasikan program kerja yang nanti akan dijalankan selama 5 tahun kedepan. Acara ini bertepatan pada hari Pahlawan tanggal 10 November 2008, dan bertempat di Hotel Aryaduta Palembang. Apa saja yang dipaparkan oleh H. Alex Noerdin sebagai gubernur terpilih ?

perumusan-program1

  • Paparan pertama, tentang kondisi Sumsel saat ini dengan segala keunggulan komparatif dan kompetitif. Dengan keunggulan ini, Sumsel harus mampu untuk menjadi provinsi yang unggul dan terdepan sehingga dapat meningkatkan dapat mensejahterahkan rakyatnya. Untuk itu perlu diketahui tantangan dan masalah yang dihadapi oleh Sumsel baik secara internal (pemprov) maupun secara eksternal. Dengan adanya perumusan tantangan ini, otomatis akan memudahkan mencari strategi penyelesaiannya sehingga program2 yang nanti akan dilaksanakan sesuai dengan prinsip akuntanbilitas, koheren, dan komprehensif.
  • Paparan kedua, berkenaan dengan sosialisasi konsep 3R-Changes yang menjadi core belief untuk mencapai visi Sumsel Sejahtera dan terdepan. 3R-Changes terdiri dari Reorientasi, reposisi, dan revitalisasi. Core belief ini diharapkan menjadi panduan bagi dinas, instansi, dan pemkab dalam merancang program dan memberikan pelayanaan kepada masyarakat.

  • Paparan terakhir, memperkenalkan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau Information and  communication technology (ICT) sebagai enabler untuk melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan simplifikasi ( KISS) antar dinas, biro, dan pemerintah daerah.

 

Tentu saja apapun yang dirancang kalo tidak disertai dengan komitmen semua stakeholder akan menjadi pekerjaan yang berat. Oleh karena itu, pertemuan ini sekaligus untuk mengajak semua komponen stakeholder pemprov Sumsel untuk ambil bagian sesuai dengan kapasitas masing2.

 

Selamat bekerja Pak Gub dan wagub terpilih.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: