Posted by: jsofian | November 20, 2008

Standar Gaji Indonesia 2008


Ketika memberikan kuliah tentang “Human Resource Consideration” dalam kaitannya pengelolaan sumber daya IT, Seorang mahasiswa Magister Komputer yang saya asuh mengajukan pertanyaan “bagaimana penetapan gaji yang ideal untuk orang yang berkecimpung di dunia TI, karena terkesan orang TI sering dibajak sana sani lantaran tawaran gaji yang lebih menarik”.  Rasanya bukan hanya orang TI saja yang mengalamai fenomena ini, lihat saja para tenaga ahli atau konsultan di bidang pengeboran minyak saban waktu menjadi incaran perusahan minyak multinasional bahkan internasional karena memang demand lebih besar dari supply. Bahkan ada perusahaan “pembajak” yang bersedia membayar dengan gaji dan Fasilitas yang wah..dimuka untuk memastikan karyawan tersebut tidak pindah ke lain hati.

Dalam teori human resources management, ada sebuah mekanisme untuk penentuan gaji yang dilakukan dengan mengadakan salary survey. Pemicu dilakukan salary survey ini secara internal untuk kepentingan job evaluation (internal equity) dan secara ekternal untuk market data (external equity). Biasanya perusahaan  yang membutuhkan salary survey sebagai market data adalah perusahaan yang akan start up, perusahaan akan melakukan rekruitmen/retention/promotion, mengadakan salary review, terjadi merger/akusisi, review policy, atau adanya tekanan dari line management misalkan serikat pekerja.

 

Definisi sederhana dari salary survey adalah sebuah proses  yang dirancang secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, analisa, sampai dengan pelaporan mengenai gaji (reward) yang diberikan oleh beberapa perusahaan (sejenis). Untuk mendapatkan informasi mengenai salary survey, perusahaan dapat melakukan beberapa cara seperti melalui informal networking (komunitas), menggunakan jasa konsultan, melalui pemerintah, head hunter, menjadi partisipan dalam survey (independent survey company, shared cost, sponsored survey) dan sebagainya. Bagi HRD, salary survey merupakan salah satu strategy untuk mengelola SDM di dalam perusahaan (minimal) untuk menekan tingginya turnover karyawan, mengeliminasi factor subyektivitas dalam penentuan kompensasi, membantu dalam perancangan level kompensasi, dan mengetahui kondisi/trend market dalam pemberian kompensasi. Pengertian market di sini adalah perusahaan yang akan menjadi tujuan dari karyawan atau yang berminat untuk menghire karyawan kita.

Umumnya tahpan dalam melakukan salary survey adalah melakukan survey planning, pengumpulan partisipan, distribusi materi survey, job matching, pengumpulan data, validasi data, data cleaning, data processing, report development, dan terakhir report delivery.

 

Bagaimana dengan Salary survey di Indonesia ? Tanpa bermaksud untuk menimbulkan kerusuhan, huru hara, dan sejenisnya di perusahaan Anda. Inilah hasil dari salary survey versi kellyservices indonesia-salary-handbook-2008-2009


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: