Posted by: jsofian | December 4, 2008

Ada apa di Politeknik Sekayu


maket-polsky-2

Nama Politeknik Sekayu di dunia maya ternyata cukup tenar, ketika saya bertanya dengan oom google, tercatat sebanyak 9.030 topik yang berkenaan dengan Politeknik Sekayu ( dengan pencarian spesifik ”politeknik Sekayu”), hebatnya, angka ini mengalahkan Politeknik Sriwijaya (sebanyak 1.030) yang notabene sudah berdiri sejak tahun 1982. Apa apa di Polsky sehingga Kompas sendiri pernah membahas secara khusus institusi ini?

Pendirian Polsky tidak terlepas dari peran Bupati terdahulu Alex Noerdin yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Sumsel. Keinginan untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan siap pakai, menjadi pendorong bagi beliau untuk mendirikan sebuah institusi pendidikan vokasional yang bermutu dengan kualitas internasional. Dilihat dari sejarahnya memang pendirian Politeknik Sekayu dirancang secara khusus, (mungkin) satu2nya politeknik di Indonesia yang memiliki sistem seperti ini. Kekhususan yang dimiliki diantaranya adalah:

  1. Semua biaya menjadi tanggungan kampus alias gratis alias tanpa bayar, mulai sejak masuk samolahragapai selesai pendidikan. Sebagai konsekuensi tanpa bayar ini, para mahasiswa/i dituntut untuk berprestasi minimal secara akademik dengan Indeks Prestasi sebagai indikatornya. Oleh karena itu, seleksi calon penerimaan sangat ketat dan berlapis-lapis bahkan memperhitungkan tampilan fisik dari calon mahasiswa/i.
  2. Menerapkan boarding system. Mahasiswa/i diasramakan termasuk untuk makan pagi,siang, dan malam disediakan oleh kampus. Ragam makanan yang tersedia cukup baik, ada daging, sayur, dlunch-timean buah. Kami kebagian untuk menikmati katering Polsky ( nebeng ah..mumpung gratis🙂 ).
  3. Fasilitas penunjang belajar mengajar yang lengkap dan akan dilengkapi terus secara bertahap, seperti laboratorium, bengkel, perpustakan, tempat olahraga, dan lain-lain.

Bagaimana jika ada mahasiswa yang gagal memenuhi standar yang telah ditetapkan misalkan Indeks Prestasi yang dibawah standar atau melakukan suatu kesalahan fatal? Mudah saja, mahasiswa/i harus mengganti semua biaya yang telah dikeluarkan oleh kampus mulai dari biaya akademik sampai biaya pemondokan.  Jadi tugas mahasiswa HANYA belajar…belajar…belajar dengan serius dan sungguh2.

Keistimewaan” ini diperoleh karena dukungan penuh dari Pemkab Muba sebagai pemilik dari Polsky. Pemkab berkepentingan untuk mengembangkan Polsky karena institusi ini menjadi ikon kebanggaan Muba, sekaligus pioner dalam pengadaan sekolah gratis dari SD sampai dengan Perguruan tinggi di Sumsel.  Nah bagaimana dengan manajemen Polsky sendiri ? Jelas ini kondisi ini merupakan anugerah sekaligus tantangan yang harus diresponi secara bijak dan profesional. Sebagai anugerah, karena manajemen tidak dipusingkan dengan masalah dana, yang bagi sebagian besar institusi justru menjadi keterbatasan. Sebagai tantangan, manajemen Polsky dituntut untuk dapat “LEBIH” dibandingkan dengan institusi pendidikan lain (lebih baik, lebih unggul, lebih bermutu) . Hal ini disadari betul oleh Pak RIda Hudaya sebagai Direktur Polsky yang dengan melakukan pembenahan baik yang bersifat strategik maupun operasional. Seperti yang saat ini dilakukan dengan mengadakan workshop untuk perancangan renstra, ICT Master Plan, pencitraan, dan studi perancangan sistem informasi.

direktur-polsky1 sosialisasi-hari-1

the-team workshop

Ooppss…Satu pengalaman menarik ketika menyusuri kampus Polsky, di bagian belakang kampus masih terdapat hutan yang dihuni oleh kawanan monyet liar yang bergelantungan dari pohon ke pohon. Hah.. berarti sebelum kampus ini berdiri, daerah ini merupakan kawasan hutan dan rawa. Bahkan saya diberitahu bahwa ular phyton masih banyak didaerah tersebut. Jangan2 yang menjadi kegiatan ekstrakurikuler dari para mahasiswa di sini adalah berburu di hutan. Inilah sekilas gambaran mengenai Polsky.polsky suasana-kelas1mhwi-polsky2

 

 

Selamat berjuang adek2 mahasiswa. Cayoo.


Responses

  1. […] organisasi dan blue print untuk teknologi informasi untuk Politeknik Sekayu. Menurut visi pendiri Politeknik Sekayu ini sangat unik dan istimewa, sekolah ini akan menjadi politeknik bertaraf internasional, dan akan menjadi ikon Sekayu, dan yang […]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: