Posted by: jsofian | December 15, 2008

DisHub DKI Jakarta menuju transparansi


sms-dishub

Pagi ini, saya memberikan paparan di dinas perhubungan DKI Jakarta. Topik paparan sehubungan dengan hasil studi perancangan layanan prima berbasis Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di unit pengujian kendaraaan bermotor (PKB). Latar belakang diadakan studi perancangan ini sebagai wujud dari tekad Dishub DKI menuju transparansi dan memberikan layanan prima kepada masyarakat khususnya layanan KIR. Beberapa kondisi yang melatarbelakangi studi ini adalah antrian pada saat pengurusan KIR (keur) kendaraan  ditambah lagi dengan tidak dukung oleh aplikasi yang terintegrasi antara satu proses dengan proses yang lain. Dari hasil evaluasi terhadap bisnis proses yang saat ini ada di PKB, diusulkan program  secara bertahap sebagai berikut:

  • Program pengembangan SMS Gateway yang berfungsi sebagai layanan kepada pada kustomer. Fasilitas ini sekaligus dapat berfungsi sebagai pendaftaran, reminder, dan pengajuan komplain.
  • Program deployment, setelah Pilot Project berhasil ( tested dan proven) maka akan diterapkan  kepada semua PKB di wilayah Jakarta.
  • Program pengolahan data secara terpadu (integrated), yang menghubungkan PKB, KPTI, Kas Daerah, dan Bank DKI.

 

Tentu saja program ini akan dijalankan secara bertahap sesuai dengan kesiapan SDM dan kondisi di lapangan. Faktor yang terpenting adalah komitmen semua level manajemen untuk merealisasikan program ini, karena saat ini pembanguan TIK di Dishub masih bersifat partial atau island computerized. Di akhir sesi, kolega saya mas anom dari Zambrud Technology mendemokan protoype SMS Gateway yang nanti akan dikembangkan. ( trims mas anom.)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: