Posted by: jsofian | December 20, 2008

Wisuda Angkatan V- AMIK Atma Luhur


pc2170081

Saya diundang untuk menghadiri Wisuda Angkatan V dari Akademi Manajemen Informastika dan komputer Atma Luhur yang bertempat di kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Angkatan V ini meluluskan sekitar 245 ahli madya (DIII) yang siap kerja yang terdiri dari jurusan manajemen informatika dan komputerisasi akuntansi. AMIK Atma Luhur merupakan institusi pendidikan satu2nya di Babel yang memfokuskan pada bidang Teknologi Informasi. Acara wisuda terasa istimewa karena dihadiri oleh orang nomer 1 di provinsi Babel yaitu Gubernur Ir Eko Maulana beserta  jajarannya. Tamu undangan lainnya ketua Kopertis wilayah II,  Staff Ahli Menkominfo Dr Moedjiono dan Ketua Yayasan Atma Luhur. Dalam kesempatan ini Gubernur Babel memberikan orasi ilmiah bertajuk ’peranan TIK dalam menunjang pembangunan bangsa khususnya di provinsi Babel’. Beberapa point penekanan adalah sebagai berikut:

  • Pemanfaatan TIK dalam penerapan e-gov untuk pelayanan  publik yang lebih baik, peningkatan hubungan antar pemerintah dan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh.
  • Untuk mencapai hal tersebut diperlukan sebuah ICT Blue Print yang terdiri dari infrastruktur TIK, persiapan SDM (standar kompetensi),
  • Kebijakan pemerintah yang mendukung terutama dalam hal legalisasi software pemerintah, adanya e-procurement, national single window.
  • Diperlukan adanya pengembangan industri TIK di Babel dengan mengembangkan technopark. Pengembangan Technopark diperlukan untuk mengintegrasikan antara akademis dan industri TIK.

Dari hasil pemeringkatan e-Government Tingkat Provinsi, Babel menduduki  peringkat ke 17 dibawah DIY, Jatim, Jateng, Jabar, Banten, Aceh, Kalbar, Sumsel, Lampung, Sumbar, NTT, Jambi, Sultra, Sumut, Kepri, dan Bengkulu. Point yang diperoleh Babel 1.28 jauh dibawah rata-rata standar nasional 2.47. Ini merupakan tantangan bagi para wisudawan Atma Luhur untuk dapat berkontribusi mengembangkan TIK di Babel.

 

Selamat kepada para wisudawan


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: