Posted by: jsofian | January 3, 2009

Apa kabar Sister School SDN 3 Pangkalpinang?


sisterschool1  sisterschool2

 

Didepan gerbang SDN 3 Pangkalpinang terpampang 2 buah billboard ukuran 2×3 m yang menggambarkan kegiataan sister school antara SDN 3 dengan SKM taman Megah Malaysia. 2 Billboard ini  bak sebuah pusaka yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Pangkalpinang khususnya bagi SDN 3 (guru, murid, orangtua). Pesan yang ingin disampaikan adalah supaya masyarakat mengetahui bahwa ada sekolah dasar di Babel yang sudah go internasional🙂. Rasa2nya tidak berlebihan karena faktanya SD ini telah menoreh prestasi yang patut diancunggi jempol. 

 

Sejak disosialiasikan program sister school (mei 2007), perkembangan kegiatan sister school menunjukan progress yang positif dari kedua  negara. Kunjungan balasan kedua sekolahpun sudah dilakukan, ( baca kunjungan SKM Taman Megah ke Pangkalpinang hari-1, hari-2 ) dan kunjungan guru SDN 3 ke SKM Taman Megah, Banyak perubahaan positif yang terjadi dengan adanya program ini. Saya sempat bertermu dengan kepala Sekolah SDN 3 ibu Endang pada saat wisuda AMIK Atma Luhur kemaren. Beliau menceritakan dampak positif dari terjalinnya hubungan dengan SKM taman Megah Malaysia. Diantaranya ada 2 yang signifikan yaitu :

  • Anak2 SDN 3 anthusias untuk mempelajari penggunaan internet, email, dan chating. Pemicunya adalah media komunikasi dengan saudara kembar mereka dilakukan melalui chatting, maka tidak ada jalan lain para siswa/i harus belajar dan mempraktekan sendiri.
  • Pembelajaran bahasa Inggris meningkat drastis, bahkan diadakan les bahasa Inggris tambahan di sekolah. Bukan hanya siswa/i saja yang terlibat melainkan orangtua dan guru pun tergerak untuk memacu diri belajar bahasa Inggris.
  • Dukungan dari pemerintah ( walikota) dalam hal pengadaan infrastruktur TIK ( komuter dan proyektor).

Model sister school sendiri sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia, dalam kunjungan terakhir di Malaysia, saya sempat dipelihatkan naskah MoU mengenai sister school antara Indonesia dan Malaysia yang ditandatangani Menteri Pendidikan waktu itu (Alm.Fuad Hasan). Namun, kebanyakan hanya sebatas MoU tanpa ada realisasi kegiatan lebih lanjut. Di SDN 3 ternyata berani melakukan terobosan dengan dilakukan pertukaran siswa dan guru dan terus akan ditingkatkan sampai kepada sharing mengenai kurikulum dan metode pengajaran yang efektif di sekolah masing2 khsusnya untuk mata pelajaran matematika.  Sahabat saya sekaligus Kepala Sekolah di SKM TamanMegah Pn. Kho Siaw Pho mengakui bahwa dengan adanya Sister school ini, anak2 didik mereka pun belajar banyak hal khususnya kebudayaan dan kesenian daerah Bangka. Bulan Maret 2009 nanti, rombongan SKM Taman Megah beserta perwakilan dari Guru besar dan Jawatan pendidikan Malaysia akan berkunjung ke Pangkalpinang.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: