Posted by: jsofian | April 14, 2009

Konvergensi Dalam Secangkir kopi


untitled1 Konvergensi teknologi secara sederhana dapat diartikan penggabungan teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan teknologi penyiaran dimana format yang berbeda-beda (audio, video, data, image) diletakkan dalam format yang sama dan didistribusikan dengan menggunakan  berbagai media teknologi. Oleh karenanya banyak yang mengaminkan bahwa sekarang adalah era konvergensi digital.

Ternyata “konvergensi” juga bisa terjadi ketika menikmati secangkir kopi hangat. Ditemani singkong goreng dan kopi tubruk Bangka, saya menikmati sarapan pagi dengan mengikuti LIVE seminar melalui video streaming dari Universitas Pelita Harapan. Pembicara adalah praktisi bisnis yang sudah sangat dikenal di dunia akademisi maupun masyarakat ada Prof. Roy Sembel dan Dr Handito J. Topiknya sehangat kopi yang saya sedang nikmati yaitu “Unconventional Strategy under Uncertainty and Innovation for suitainble competitive advantage“.

Mekanismenya sangat mudah, pertama saya mendapatkan undangan ini melalui Prof. Roy Sembel yang dipublish melalui facebook, kedua  submit sebagai e-participant, ketiga menunggu koneksi dengan operator dan LIVE. Sungguh sangat menyenangkan bila internet dapat dimanfaatkan untuk mengikuti e-seminar LIVE.  Internet memang dapat  menjadi solusi karena keterbatasan ruang tempat dan waktu (ubiquitous).

Isi dari seminar ini berbicara mengenai bagaimana mendefenisikan strategi ditengah ketidakpastian. Ditinjau dari strategic actions pendefinisian ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

  • No Regret: stretegi yang akan  menghasilkan beberapa skenario dan masing-masing skenaio memiliki action dan benefit masing2, sebagai contoh menyiapkan prasarana TI, menatar ulang ketrampilan TI organisasi.
  • Options: Strategi yang menitikberakan pada return yang  besar dengan meminimumkan kerugian, sebagai contoh strategi dengan melakukan join venture terbatas, adanya struktur untuk memonitoring, dan adanya pilot trial.
  • Big Bets: Strategi yang menggunakan skenario tertentu untuk menghasilkan hasil yang besar, seperti strategi akuisisi atau investasi model besar, meluncurkan initiasif besar untuk mengubah bentuk industri.

Sebagai e-participant diberikan juga forum tanya jawab secara online kepada para narasumber. Terima kasih lepada penyelengara yang memberikan kesempatan untuk mengikuti seminar secara gratis .


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: