Posted by: jsofian | March 2, 2010

Manajemen Perubahan Akibat Penerapan TI


Teknologi informasi merupakan kesatuan dari perangkat keras, perangkat lunak, brainware (SDM), mekanisme, procedure, peraturan, teknik pengolahan, teknologi dan komponen lainnya yang berhubungan dengan proses pengolahan data sampai dengan penyebaran informasi. Secara sederhana, teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format ( image, suara, text, motion pictures, dsb ). Dalam pemanfaatan teknologi informasi setiap perusahaan pasti mengalami tahapan demi tahapan yang disesuaikan dengan kesiapan secara insfrastruktur dan sumber daya manusia.. dengan kata lain, setiap perusahaan cepat atau lambat akan mengalami salah satu dari tahapan di atas. Secara umum inovasi dalam penerapan teknologi informasi dilakukan secara bertahap sepeerti yang digambarkan dalam Strategic Choices: supremacy, Survival, or Sayonara. Sehubungan dengan perubahan tersebut menurut Conner Daryl dalam bukunya Managing at the speed of Change, hal yang perlu dicermati adalah bagaimana memanajemeni perubahan dari budaya konvensional beralih ke budaya komputerisasi. Manajemen  perubahaan  dapat ditinjau dari dua sisi yaitu positif atau negative. Gambarannya respons positif terhadap perubahan sebagai berikut:

  1. Uninformed Optimism (certainty), tahapan permulaan dimana orang mengetahui sedikit mengenai perubahan yang akan terjadi.  Optimis tidak diinformasikan kepada semua level manajemen.
  2. Informed Pessimism (Doubt), terjadi keraguan dari beberapa orang yang memiliki pengalaman tentang sulitnya pencapaian tujuan yang diakibatkan oleh penerapan teknologi informasi.
  3. Hopeful Realism (hope), keragu-raguan dapat diatasi setelah melihat best practice yang ada di luar perusahaan.  Ketersedianya waktu dan terbuktinya solusi yang diberikan memberikan harapan baru mengenai benefit yang akan diperoleh setelah penerapan teknologi informasi.
  4. Informed Optimism (confidence), partisipan melihat tujuan akhirn yang akan dicapai dan menimbulkan kepercayaan diri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  5. Completion (satisfaction), tahapan terakhir setelah memiliki kepercayaan adalah  kepuasan dari semua partisipan yang ada di dalam perusahaan.

Sedangkan gambaran  dari respon sisi negative yang harus dihadapi, yaitu

  1. Immobilization, respon ini terjadi ketika diketahui akan dilakukan perubahan di dalam perusahaan. Immobilisasi dapat terwujud dengan tidak mau kerja.
  2. Denial, terjadi penolakan setelah tahapan immobili. Para karyawan menolak terjadinya perubahaan.
  3. Anger, puncak dari respon yang diberikan adalah marah. Tahapan ini adalah tahapan awal untuk dijadikan bergaining.
  4. Bargaining, proses tawar penawar antara antara perusahaan dan pihak karyawan. Tahapan ini sebagai proses untuk mencari titik temu sebagai win-win solution.
  5. Depression, hasil dari proses negosiasi menyebabkan banyak yang depresi karena menghadapai situasi yang berubah dan tidak sesuai dengan harapan sebelumnya.
  6. Testing, tahapan dimana karyawan mulai bangkit dari depresi. Hasil penerapan teknologi informasi  perlu di lakukan testing, sehingga lancar.  Testing ini juga berguna untuk menyakinkan bahwa perubahan yang terjadi akan mendatangkan kebaikan.
  7. Acceptance, tahapan terakhir adalah tahapan penerimaan dari perubahan yang disebabkan adanya penerapan teknologi informasi. Dengan diterimanya perubahan, tujuan yang ditetapkan akan tercapai.

Dari respon yang timbul dengan adanya penerapan teknologi informasi, perusahaan harus dapat mengelola perubahan seefektif mungkin. Kepiawaian perusahaan untuk mengelola perubahan akan berdampak cepat atau lambatnya proses perubahaan yang terjadi.

Jadi jangan takut, dengan perubahan karena perubahan merupakan proses alamiah dan respon yang akan terjadi bersifat manusiawi selama organisasi dapat memanajemeninya.


Responses

  1. Menarik sekali pak, saat sekarangpun masih banyak yang pegawai yang tidak mau berubah..
    mempelajari dan memanfaatkan TI.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: