Posted by: jsofian | July 18, 2011

Intelligent Information System Part 2..


Hari ini ( selasa, 18 Juli 2011) Prof. Chung Lin Huang seorang Peneliti dari National Tsing Hua University, memaparkan materi yang menarik yaitu tentang Biometris (Biological) Identifiation. Penelitian tentang biometric identification ternyata banyak dilakukan dengan varian yang beragam apalagi dipicu dengan maraknya aksi teroris di negara-negara maju. Dalam perkembangan tentang penelitian mengenai biometric,  metode yang digunakan terdiri dari 5 jenis yaitu:

  • Face Detection and recognication, indentifikasi dengan menggunakan wajah, sehingga bias dideteksi keadaan dari manusia apakah sedang gembira, sedih, shock, dengan sebagainya.
  • Iris Detection, identifikasi dengan mengunakan camera khusus yang membaca mata manusia, ketika sedang tertutup atau sedang terbuka. Apliksi ini cocok bagi dunia kedokteran dalam pengobatan.
  • Gait Recognation, identifikasi dengan mencapture gerakan dari manusia mulai dari cara berjalan, cara menggerakan tubuh, sampai bagaimana tingkahlaku yang identik dengan kebiasaan seseorang. Tool ini berguna untuk
  • Age Identification, identifikasi untuk mengetahui berapa usia dari seseorang dengan mengelompokan  berdasarkan umur.
  • Gender Recognation, identifikasi untuk membedakan apakah seseorang  pria atau wanita yang diwakili dengan warna biru (laki) dan merah (wanita).

Untuk menjalankan kelima metode tersebut design cycle yang harus dijalankan dimulai dari collecting data, choose features, choose model, train classifier, dan evaluate classifier. Bagaimana dengan di Indonesia, sebenarnya dalam topik ini di Fasilkom Universitas Indonesia sudah ada mahasiswa S2 yang melakukan penelitian sebagai tesisnya yaitu bagaimana mendeteksi lukisan berdasarkan pelukisnya. Cara kerjanya sama yaitu mulai dari pengumpulan data, kemudian menentukan karakteristik dari lukisan beserta dengan features dan dikemudian dipilih model yang tepat. Memang masih banyak kelemahan dalam penentuan feature dan model, namun dalam level tesis sudah ada yang memulai. Perbedaan yang signifikan dengan Taiwan, penelitian yang mereka lakukan dikongkretkan secara komersial dan diserap oleh industri.  Di masa yang akan datang mereka merencanakan semua polisi di Taiwan dilengkapi perangkat biometric dalam bertugas. Mantap nih..


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: