Posted by: jsofian | October 13, 2011

Mencari Karyawan Idola versi RS Dharmais


 Untuk kesekian kalinya saya berkunjung ke RS Dharmais yang terletak di daerah Slipi Jakarta Barat. Biasanya sekedar untuk mengunjungi kerabat yang sedang di rawat atau melayat ke rumah duka. Kunjungan kali ini untuk menemani kerabat yang akan medical check up. Berbeda dari  biasanya, saya perhatikan ada yang berubah dalam pelayanan di rumah sakit ini, mulai dari turun di lobi para punggawa keamanan alias satpam dengan sigap menyapa dan memberikan senyumnya. Kemudian dilanjutkan dengan bagian pendaftaran, meskipun banyak antrian namun melayani dengan antusias,  ramah, dan senyum yang sumeringah. Tampak jelas ‘ada’ sedikit perbedaan di setiap layanan baik di bagian registrasi, apotek, rawat jalan, rawat inap, laboratorium, dan poliklinik. Kami dilayani dengan baik oleh seorang petugas dengan cara menjelaskan setiap pertanyaan yang dilontarkan dan setelah itu ikut mengantarkan ke tempat tujuan. Berlagak seperti detektif, selidik pun selidik ternyata ada yang menjadi pemicu mengapa para karyawan berlaku ‘lain’ dari biasanya. Ternyata ada kotak yang menarik perhatian saya yang bertuliskan “Kotak Pemilihan Karyawan Terbaik RSKD 2011 – Customer Oriented”. Kotak tersebut sangat mudah ditemui disetiap layanan yang diberikan kepada pasien. Rupanya pasien dalam periode pemilihan ini bak seorang juri kehormatan yang berhak menilai setiap layanan yang diberikan oleh  semua karyawan rumah sakit  termasuk para dokter.

Terminologi Customer oriented  jika diartikan secara bebas adalah kepekaaan dari organisasi untuk mendengar, mengidentifikasi, mengenali, setiap keluhaan termasuk mengetahui bagaimana cara merespons dari setiap keluhan yang diterima.  Singkatnya organisasi memberikan layanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan (atau pasien dalam hal ini) dengan cara mengenalnya secara personal. Harapannya dengan adanya customer oriented ini akan menciptakan kepuasan pelanggan dan akhirnya loyalitas pun yang terbentuk.  Ada beberapa strategi yang biasanya digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diantaranya adalah Fokus kepada hubungan setelah transaksi selesai dilakukan, menawarkan layanan yang lebih baik dari kompetitor, customer care sebagai wadah untuk menampung dan menjawab keluhan pelanggan, dan menetapkan standar tertentu dalam menerapkan kualitas layanan.

Semoga saja layanan ini bukan sekedar musiman atau sesaat, namun dapat dijadikan life style dari setiap karyawan rumah sakit sehingga tercipta keharmonisan antara rumah sakit dan pasiennya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: