Posted by: jsofian | December 8, 2012

Parenting Seminar “Five Star Families”


Screen Shot 2013-03-24 at 10.47.36 PMKami mengadakan Parenting Seminar sebagai respon banyak orang tua yang ‘galau’ dalam membina rumah tangganya, apalagi untuk pasangan muda yang baru menikah. Dari jaman ke jaman, pengertian “keluarga bahagia” dapat diartikan bermacam-macam sesuai dengan budaya dan latarbelakan keluarga dan dari berbagai perspektif, namun semakin maju teknologi informasi orangtua semakin harus bijak dalam mendidik anak-anaknya.

Menjadi keluarga seperti ”bintang lima” merupakan impian dari setiap keluarga, namun tidak semua orang tua dapat berpikir keluarga yang seperti apa yang ingin dimiliki sehingga dapat menciptakan keluarga yang luar biasa di tengah keadaan dunia yang semakin jahat. Orang tua memiliki pengaruh sangat besar dan positif untuk menciptakan generasi yang bersinar seperti bintang.

Untuk dapat mengubah keluarga yang baik menjadi keluarga yang luar biasa, para orang tua perlu mengetahui ada 5 (lima) kualitas yang harus dimiliki oleh setiap keluarga.  5 kualitas tersebut adalah ( dikutib dari Buku Five Star Familie karangan Carol Kuykendall):

1. Kasih (Love).

Kasih memenuhi kebutuhan terbesar semua orang termasuk dalam keluarga ( orang tua dan anak). Berinvestasilah sebanyak mungkin waktu untuk mengungkapkan kasih dengan pasangan kita, kepada orang tua, dan kepada anak. Bertumbuhlah dekat dengan Tuhan, maka secara otomatis akan kita akan  bertumbuh dengan orang lain.

2. Kesenangan (Fun).

Kesenangan membuat selalu ingin bersama.  Hal-hal kecil yang menyenangkan (bermain, nonton, jalan-jalan, bernyanyi, bercanda, dsb) selalu mendatangkan kegembiraan dan sekaligus menjadi cara untuk mengungkapkan kasih.  Perbanyak moment yang menyenangkan dalam keluarga maka akan menjadi memori yang tidak akan terlupakan bagi semua anggota keluarga.  Memori yang menyenangkan dapat diturunkan secara turun temurun.

3. Kesetiaan.

Kesetiaan dalam keluarga merupakan pilihan dan komitmen, terutama terlihat dalam menghadapi gesekan dan permasalahan hubungan keluarga.  Terhadap anak, orang tua jangan menganakemaskan atau membandingkan salah satu dari anak. Jika ini dilakukan dalam waktu lama maka anak merasa tidak akan aman dan nyaman dengan saudaranya sendiri

4. Pertumbuhan.

Keluarga yang sehat adalah keluarga yang bertumbuh. Tantangan sebuah keluarga adalah menciptakan lingkungan di mana orang tua dan anak dapat berumbah secara seimbang secara jasmani dan rohani.  Tumbuhkan sikap terbuka dan bergaulah dengan orang lain yang dapat membantu pertumbuhan keluarga secara sehat.

5. Iman

Iman dalam keluarga menjadi kualitas yang harus dimiliki agar menjadi  keluarga sehat dan kuat karena dengan iman setiap anggota keluarga akan saling menopang dan mendukung dalam doa. Iman dapat menerangi jalan kehidupan keluarga dan dengan iman kita dapat menikmati hidup.

Acara seminar ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dan mendapat dukungan dari gudanglistrik.com


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: