Program Corporate Social Responsibility (CSR) Peduli Guru


Sambutan pembukaan  Laboratorim E-Government Fasilkom Universitas INdonesia kembali mendapatkan kepercayaan sebagai pelaksana dari program Corporate Social Responsibilitiy (CSR) dan pengabdian masyarakat sebuah perusahaan swasta PT Barito Permai yang berlokaksi di Kota Pangkalpinang, Babel.  Pelaksanaan program ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 20-21 Februari 2013 di Hotel Grand Mutiara Pangkalpinang. Menarik untuk dicermati oleh PT Barito Permai, jika CSR kebanyakan berfokus kepada infrastruktur secara fisik justru perusahaan ini melihat sisi kompentesi sumber daya manusianya yang perlu difokuskan di Pangkalpinang. Oleh karena itu, untuk program CSR mereka bertajuk meningkatkan kompetensi pada Guru sekota Pangkalpinang (SD-SMP-SMA). Topik CSR terkait dengan perkembangan teknologi informasi dan komununikasi yang membawa dampak bagi guru-guru dalam menjalankan proses belajar mengajar. Workshop diikuti oleh sekitar 100 guru yang terdiri dari kepala sekolah dan guru yang mewakili sekolah negeri dan swasta. Ringkasan Materi yang diberikan terdiri dari 5 bagian yaitu: 

Screen Shot 2013-02-24 at 8.46.29 AM

  1. Perkembangan TIK dan social media yang  membawa perubahan dari semua aspek kehidupan termasuk pendidikan.
  2. Strategi para orang tuan dan guru menghadapi anak didik yang berada di era digital Native.
  3. Memaksimalkan penggunaan search engine untuk memudahkan pencarian informasi termasuk beasiswa gratis.
  4. Memaksimalkan penggunaan power point untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas.
  5. Pembuatan blog sebagai media sharing untuk guru dan anak didiknya.

Screen Shot 2013-02-24 at 8.47.32 AM

Dari testimoni para peserta merasakan program ini menjadi bakal untuk memperlengkapi guru di kelas.

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari pemerintah kota yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pendidikan dan para pejabat di lingkungan Pemkot yang mewakili walikota Pangkalpinang.

semoga kegiatan ini dapat menjadi model dan menjadi efek domino bagi perusahaan lain yang ikut peduli dengan kualitas pendidikan khususnya para Guru di Kota Pangkalpinang.

Leave a comment

Up ↑